Sukses

Belajar Tajwid: Alif Lam Syamsiah Lengkap dengan Huruf dan Contoh

Selain Alif Lam Qomariah, pada hukum Alif Lam Ta’rif dalam ilmu tajwid terdapat juga Alif Lam Syamsiah yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Mengetahui Alif Lam Syamsiah dapat meminimalisir kesalahan saat membaca Al-Qur’an.

Liputan6.com, Bogor - Selain Alif Lam Qomariah, pada hukum Alif Lam Ta’rif dalam ilmu tajwid terdapat juga Alif Lam Syamsiah yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Mengetahui Alif Lam Syamsiah dapat meminimalisir kesalahan saat membaca Al-Qur’an.

Mengutip kitab Hidayatul Mustafid karangan Syekh Muhammad Al-Mahmud, dikatakan Alif Lam Syamsiah apabila huruf alif lam bertemu dengan empat belas huruf syamsiah.

Ke-14 huruf hijaiyah yang tergolong syamsiah antara lain ta (ت), tsa (ث), dal (د), dzal (ذ), ra (ر), zai (ز), sin (س), syin (ش), shad (ص), dhad (ض), tha (ط), dho (ظ), lam (ل), dan nun (ن).

Ciri Alif Lam Syamsiah yang membedakan dengan Alif Lam Qomariah adalah terdapat tasydid. Cara membaca kalimat Alif Lam Syamsiah adalah dengan meleburkan ke huruf yang tergolong syamsiah. Jadi, seolah-olah membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiah.

Supaya memudahkan memahami hukum Alif Lam Syamsiah akan diberikan beberapa contoh ayat Al-Qur’an. Harapannya, dengan contoh ini dapat memudahkan Anda memahami ilmu tajwid.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Alif Lam Syamsiah

Sebenarnya ayat-ayat yang kalimatnya berciri Alif Lam Syamsiah banyak di dalam Al-Qur’an. Namun, dalam artikel ini hanya diberikan contoh hukum Alif Lam Syamsiah yang terdapat dalam surah Al-Fatihah.

1. Ayat 1

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Huruf alif lam dalam ayat tersebut bertemu dengan huruf ra (ر) bertasydid. Maka dibacanya Arrahmaanirrahiim bukan al rahmaanil rahiimi

2. Ayat 4

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

Huruf alif lam dalam ayat tersebut bertemu dengan huruf dal (د) bertasydid. Maka, dibacanya Māliki yaumid-dīn bukan Māliki yaumil-dīn.  

3. Ayat 7

وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ…

Huruf alif lam dalam kalimat terakhir surah Al-Fatihah bertemu dengan huruf  dhad (ض), di mana  dhad (ض) merupakan huruf syamsiah. Maka, dibacanya Wa laḍ-ḍāllīn bukan Wa lal-ḍāllīn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.