Sukses

6 Bagian Kendaraan yang Wajib Pengemudi Periksa Sebelum Mudik, Jangan Remehkan Pilihan Oli!

Supaya mobil aman digunakan untuk mudik, periksa dulu enam bagian kendaraan ini yuk.

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain lebih fleksibel  dan dapat menghemat pengeluaran, kehadiran jalan tol trans Jawa maupun Sumatera juga membuat para pemudik lebih yakin memilih pulang kampung dengan kendaraan pribadi.

Karena kendaraan pribadi menjadi andalan selama perjalanan mudik ke kampung halaman dan arus balik, maka kondisi kendaraan perlu dipersiapkan dengan matang. Dapat dibayangkan betapa susahnya bila ditengah perjalanan tiba-tiba mesin mobil bermasalah atau paling sederhana bannya bocor. Pastilah perjalanan yang mestinya menyenangkan menjadi menyebalkan.

Agar keselamatan terjamin dan perjalanan terasa nyaman, setidaknya enam bagian penting dari sebuah mobil ini mesti Anda perhatikan betul.

Aki mobil

Komponen terpenting yang ada di dalam mobil adalah aki. Fungsi utamanya sebagai penyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya membuat bagian ini wajib dilakukan pengecekan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan mobil matic atau mesin injeksi, dimana membutuhkan aliran listrik yang stabil saat start pertama. Jika aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu.

AC, lampu, dan sinyal

Setelah memastikan aki berfungsi baik, selanjutnya periksa komponen kelistrikan seperti ac, lampu, dan sinyal. Sebagai penduduk negara beriklim tropis, sudah tentu AC kendaraan yang berfungsi optimal sangat dibutuhkan selama perjalanan. Cek kondisinya apakah perlu diganti freon atau tidak. Begitu juga dengan lampu-lampu, lampu utama, sein, dan lampu rem. Coba ingat-ingat kapan Anda terakhir kali ganti dan cek sambungan kabelnya. Tak boleh ketinggalan juga sinyal klason, apakah berfungsi dengan baik. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan manakala melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.

Kopling

Kopling pada sebuah mobil merupakan komponen vital yang membutuhkan perawatan yang lebih agar lebih awet, sehingga performa mobil tetap optimal. Sebagai elemen vital, perawatan kopling mobil tidak sesulit yang dibayangkan, terlebih lagi bagi mobil baru. Periksa dan pastikan jika setelan pada pedal kopling sudah pas dan tepat. Periksa juga setelan tekanan pada pedal kopling karena biasanya kopling yang sudah mengalami kerusakan menjadi lebih berat saat ditekan.

Rem dan kaki-kaki

Sebagai bagian vital dalam hal keselamatan selama berkendara, maka fungsi rem sudah pasti terdepan untuk diperhatikan. Cek kampas rem apakah perlu diganti atau cukup dibersihkan saja dari kotoran yang menempel. Setelah itu periksa kaki-kaki yang berfungsi menopang mobil selama perjalanan. Periksan komponen kaki-kaki, mulai dari pelek, rantai, gir, hingga bearing roda.

Ban dan angin

Untuk kenyamanan dan kelancaran selama perjalanan, kondisi ban mobil dan angin sudah perlu diperhatikan betul. Ban yang sudah tak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkeram terhadap jalan, saat kondisi hujan dan jalanan licin akan lebih membahayakan. Untuk angin mobil sebaiknya ganti dengan yang baru agar lebih seimbang di setiap sisi. Pastikan ban berganti juga berkualitas baik, sering kali orang masih meremehkan ban serep ini.

Mesin, air radiator, dan oli

Langkah penting selanjutnya adalah mengecek keseluruhan mesin mobil. Dalam hal ini lakukan tune up mesin standar, mintalah mekanik untuk memeriksa karburator, penyetelap klep, busi, hingga saluran bahan bakar. Selain itu, periksa juga kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal.

Dalam hal pergantian oli juga perlu diutamakan ketika melakukan perjalanan jauh dan panjang. Pastikan memilih oli yang berkualitas. Untuk membantu melindungi mesin kendaraan Anda, gunakanlah selalu pelumas mobil Castrol MAGNATEC Stop Start yang di desain khusus untuk mobil yang mengalami keadaan menyetir di kota-kota besar, dimana keadaan menyetir Berhenti-Berjalan (Stop-Start) sering terjadi. Castrol MAGNATEC Stop Start mampu memberikan 20 persen perlindungan lebih baik terhadap keausan.

Perlindungan lebih baik ini dikarenakan, Castrol MAGNATEC Stop Start memiliki molekul pintar dengan teknologi self-healing layer, yang dimana bisa selalu melindungi mesin mobil bahkan pada saat tahapan kritis keadaan menyetir berhenti-berjalan.

Pelumas Castrol MAGNATEC Stop Start terdiri dari dua jenis, yakni Castrol MAGNATEC Stop Start 10W-30 maupun 5W-30 untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan mesin diesel. Sedangkan Castrol MAGNATEC Stop Start 0W-20 untuk mesin mobil yang lebih modern.

Pastikan mesin kendaraan Anda menggunakan pelumas Castrol MAGNATEC Stop Start, dan nikmati mudik dengan aman, nyaman dan tenang bersama keluarga tercinta.

Selamat mudik dan hati-hati selama perjalanan.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.