Sukses

Trik Minum Air Putih Saat Puasa, Bisa Menghindari Dehidrasi

Ada trik minum air putih saat puasa yang bisa menghindari dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Trik minum air putih saat puasa menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, dengan kewajiban untuk menahan haus selama siang hari berpuasa, kamu perlu mengatur pasokan cairan yang ada di dalam tubuh.

Kalau tidak bisa mengatur asupan air selama berpuasa, maka kamu akan sering merasa haus saat berpuasa. Apalagi masih ada masalah-masalah lain seperti bibir kering dan pecah-pecah, serta merasa lemas.

Minum air putih di bulan puasa dapat dipenuhi dengan beberapa trik. Dengan melakukan trik ini, kamu bisa mencukupi asupan cairan yang kamu perlukan selama seharian berpuasa. Kamu bisa mencoba trik trik minum air putih saat puasa ini pada waktu tertentu dengan volume air tertentu pula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang trik minum air putih saat puasa dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Minum Dua Gelas Air Putih saat Berbuka Puasa

Untuk memenuhi kebutuhan air harian kamu di bulan puasa, waktu berbuka dan waktu sahur akan menjadi waktu yang krusial. Karena pada waktu-waktu inilah kamu bisa mengonsumsi atau minum air putih.

Untuk itu, kamu wajib meminum dua gelas air putih saat berbuka puasa. Dengan dua gelas air putih ini pada waktu berbuka, sudah mencukupi untuk tubuhmu yang seharian tidak mendapat asupan cairan.

Kamu bisa membagi waktu minum air putih selama berbuka puasa menjadi satu gelas sebelum salat maghrib, dan satu gelas lagi setelah azan maghrib. Dengan begitu sudah cukup untuk mencegah dehidrasi terjadi pada tubuhmu.

3 dari 4 halaman

2. Minum Empat Gelas Air Putih pada Malam Hari

Selain dua waktu yang memang dikhususkan untuk makan dan minum yaitu waktu berbuka dan sahur, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih saat malam setelah salat tarawih. Pada malam hari ini, kamu bisa minum air putih dengan jumlah lebih banyak dari berbuka dan sahur, yaitu sebanyak empat gelas.

Kamu harus bisa mengatur waktu minum air putih pada malam hari ini. Usahakan untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Dengan begitu tubuhmu bisa lebih mudah dalam memproses makanan dan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

4 dari 4 halaman

3. Minum Dua Gelas Air Putih saat Sahur

Minum air putih saat sahur memiliki jumlah yang sama dengan saat berbuka, yaitu dua gelas. Pengaturannya pun hampir sama, kamu sebaiknya meminum satu gelas air putih saat akan makan makanan sahur, dan satu gelas lagi saat waktu imsak hampir datang.

Dengan pembagian ini, kamu bisa menjalankan aktivitas berpuasa di siang hari dengan lebih kuat dan bersemangat. Selain itu, hal ini juga bisa memperlancar pencernaan dan membuang racun yang ada dalam tubuhmu.

Selain itu, di waktu sahur ini kamu harus sebisa mungkin menghindari teh atau kopi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein pada teh dan kopi dapat mengakibatkan kandungan air di dalam tubuhmu cepat hilang, dan akan menimbulkan rasa haus datang lebih cepat.  

Dalam konteks minuman, kamu juga harus menghindari minuman manis. Kamu juga disarankan untuk menghindari makanan manis, karena yang manis-manis ini dapat menyebabkan kamu lebih cepat lapar.

Kamu juga tidak disarankan untuk minum terlalu banyak air, karena hal ini bisa menyebabkan atau mencairkan asam lambung dan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan pada akhirnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini