Sukses

Cerita Menag Lukman Usai Masuki Kakbah Pertama Kali

Berkesempatan memasuki Kakbah, menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, tidak semata kehormatan bagi dirinya, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa, 25 September 2018 mendapat kehormatan untuk memasuki ruang bagian dalam Kakbah.

Kehormatan itu diberikan oleh Pemerintah Saudi kepada Lukman bersamaan dengan momen pencucian Kakbah.

"Alhamdulillah pagi hari ini, saya selaku Menag yang juga Amirul Hajj pada penyelenggaraan haji tahun ini, merasa bersyukur berkesempatan untuk memenuhi undangan Menteri Haji Arab Saudi untuk ikut masuk ke dalam Kakbah," ujar Lukman, seperti dikutip dari www.haji.kemenag.go.id, Rabu (26/9/2018).

Momen pencucian Kakbah dilakukan pagi hari jelang memasuki waktu salat dhuha dipimpin Gubernur Makkah Prince Kholid Al Faishal.

Hadir pula sejumlah tokoh, termasuk Lukman diberi kesempatan untuk melihat bagian dalam bangunan yang menjadi kiblat umat Muslim dunia.

"Kami beberapa saat diperkenankan masuk Kakbah. Kami menunaikan salat dua rakaat sebanyak empat kali karena di setiap bidang, di setiap sudut kami melakukan salat dua rakaat," ucapnya.

"Kami juga memanjatkan doa terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta agar ke depan bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia senantiasa mampu meningkatkan kualitas hidupnya, meningkatkan kesejahteraannya," sambung Lukman.

Berkesempatan memasuki Kakbah, menurut Lukman, tidak semata kehormatan bagi dirinya, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Saudi Arabia yang sudah memberikan kesempatan sekaligus kehormatan ini," kata Lukman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Dalam Kakbah

Lukman menjelaskan, bagian dalam Kakbah sangat bersih dengan lapisan marmer pada dinding dan lantai. Selain itu, kata dia, aroma ruangannya juga sangat wangi.

Pengalaman pertama memasuki Baitullah ini memberi kesan mendalam yang menurut Lukman tidak mudah diungkapkan.

"Kiblat semua Muslim di dunia itu adalah Kakbah. Ketika kita memasuki, tentu kita memiliki kesan tersendiri yang luar biasa," tegas Lukman.

Lukman dijadwalkan akan berada di Arab Saudi hingga 26 September 2018 mendatang. Setelah dari Makkah, Lukman akan menuju Kota Nabawi, Madinah. Ia akan melepas kepulangan kloter terakhir jemaah haji Indonesia dari Madinah menuju Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.