Sukses

6.722 Jemaah Haji Asal Batam Sudah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 6.722 orang haji yang berasal dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat itu dipulangkan dalam 15 kloter.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 6.722 haji dari sekitar 11.000 orang yang diberangkatkan Debarkasi Hang Nadim Batam ke Tanah Suci sudah dipulangkan ke Indonesia pada musim haji 2018 ini.

"Sampai hari ini, jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Air berjumlah 6.722 orang," ujar Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/9/2018).

Menurutnya, sebanyak 6.722 orang haji yang berasal dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat itu dipulangkan dalam 15 kelompok terbang atau kloter.

"Yang terakhir, jemaah haji kloter 15 tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis, 13 September 2018 sekitar pukul 22.13 WIB," ucapnya.

Syahbudi mengatakan, jemaah asal Sintang, Pontianak, dan Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat itu diinapkan semalam di Asrama Haji Batam untuk diterbangkan kembali ke daerah asalnya pada Jumat, 14 September 2018.

Dia menuturkan, seorang haji kloter 15 terpaksa tinggal di Tanah Suci karena masih mendapatkan perawatan kesehatan, yaitu Suhardjo Budiantoro Sudarmo asal Kota Pontianak.

"Yang bersangkutan akan dipulangkan ke Tanah Air bersama kloter selanjutnya bila kondisi kesehatannya membaik dan dinyatakan sudah layak terbang," kata dia.

Seorang haji kloter 15 lainnya, lanjut Syahbudi, bernama Syarifah Aisyah Yusuf asal Kota Pontianak wafat di Arab Saudi pada 8 September 2018 akibat Respriatory Disease.

Berdasarkan catatannya hingga saat ini, 23 haji embarkasi Hang Nadim Batam meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci dan seorang haji meninggal di debarkasi setempat setelah sampai di Batam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.