Sukses

Ungkapkan Rasa Syukur, Jemaah Haji Indonesia Gelar Zikir dan Khataman Alquran

Dengan khusyuk, jemaah haji Indonesia melafadzkan ayat-ayat suci Alquran, salawat, tahtim dan tahlil, dan ditutup dengan doa. Mereka pun terlihat meneteskan air mata.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan oleh jemaah haji Indonesia untuk mengungkapkan rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima. Salah satunya adalah dengan menggelar zikir bersama dan khataman Alquran.

Hal ini dilakukan jemaah haji asal Mandailing Natal yang tergabung dalam kloter 3 Medan. Pada Senin, 3 September 2018, mereka menggelar zikir bersama, khataman Alquran, dan doa bersama di Lantai M Hotel di Mahbas Jin, Makkah, Arab Saudi.

Menurut Ketua Kloter H Ikhwan Siddiqi, pelaksanaan zikir dan khataman Alquran ini sebagai refleksi rasa syukur karena pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar.

"Zikir dan doa ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi segenap bangsa Indonesia, khususnya bagi jemaah haji Mandailing Natal dalam mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata sesuai dengan bidang dan keahlian masing masing," ujar Ikhwan.

Dia mengatakan, melalui zikir, doa, dan khataman Alquran ini, para jemaah haji asal Mandailing Natal berharap seluruh ibadah mereka diterima oleh Allah.

Mereka juga berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, kemudahan rezeki, dan diberikan kesempatan untuk kembali berziarah dan berkunjung ke Tanah Suci.

Zikir, khataman Alquran, dan doa bersama ini dipandu oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH) Indonesia Ahmad Zainul Khobir, Amir Husin, dan diikuti oleh seluruh jemaah.

Dengan khusyuk, mereka melafazkan ayat-ayat suci Alquran, selawat, tahtim dan tahlil, dan ditutup dengan doa. Jemaah haji pun terlihat meneteskan air mata.

Mereka merasa sedih karena harus meninggalkan Tanah Suci menuju kampung halaman. Jemaah haji juga mengucapkan terima kasih kepada mukimin asal Mandailing Natal Sumatera Utara yang tergabung dalam organisasi Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU).

 

Reporter : Eko Huda S

Sumber   : Dream

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini