Sukses

3 Aplikasi Islami yang Cocok untuk Anak-anak Muslim

Liputan6.com, Jakarta - Sudah banyak aplikasi Islami yang menawarkan berbagai ilmu-ilmu fikih. Ada yang menyediakan layanan berzakat dengan baik dan benar, serta banyak aplikasi lainnya yang fokus ke cara beribadah.

Aplikasi-aplikasi tersebut memang terbilang komprehensif, tetapi kontennya terlalu serius dan tidak didesain untuk anak-anak. Padahal, anak-anak cenderung lebih menyukai konten yang menarik di ranah visual dan audio.

Nah, daripada meminjamkan smartphone ke anak untuk bermain gim saja, lebih baik hadirkan aplikasi yang memperluas ilmu mereka.

Maka dari itu, Tekno Liputan6.com berinisiatif menghadirkan rekomendasi tiga aplikasi ramah anak yang berisi konten-konten Islami. Berikut daftar lengkapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

1. Doa-Doa Harian Anak Muslim

Begitu membuka aplikasi ini, pengguna akan disambut ucapan Basmalah yang syahdu.

Aplikasi Doa Harian ini memiliki banyak sekali konten-konten yang diperlukan anak-anak. Tidak hanya doa sehari-hari, tetapi juga surat-surat pendek, ayat kursi, dan surat yasin.

Pada fitur Kumpulan Doa Sehari Hari, terdapat lebih dari 30 doa, mulai dari doa berpakaian, keluar dan masuk rumah, sampai doa saat mendapatkan mimpi baik dan buruk. Doa-doa tersebut tersedia dalam tulisan Arab, Indonesia, lengkap dengan artinya.

Menariknya lagi, audio juga hadir untuk fitur surat pendek dan ayat kursi lengkap dengan tulisan Indonesia dan artinya.

Masih belum tertarik? Audio yang tersedia di aplikasi ini juga bisa diakses tanpa internet.

 

3 dari 4 halaman

2. Lagu Anak Islami

Pada aplikasi ini ada total 30 lagu yang berisi pesan dan ajaran positif tentang agama Islam.

Lagu-lagu yang hadir di aplikasi Lagu Anak Islami tidak hanya nyaman didengarkan, tetapi juga berisi pesan edukatif. Jelas, aplikasi ini akan sangat praktis dipakai para guru-guru yang mengajar anak kecil.

Tidak hanya lagu-lagu yang enak di telinga, aplikasi ini juga memiliki visual yang menarik walaupun sederhana.

Beberapa lagu yang ada di aplikasi ini adalah Islam Agamaku, Sholawat Badar, Asmaul Husna, dan lagu Lebaran. Semua lagu-lagunya bisa dinikmati tanpa akses internet, alias offline.

4 dari 4 halaman

3. Zikir Selawat Anak Muslim

Meski disebutkan terakhir, mungkin inilah aplikasi yang paling menarik di daftar ini. Pada aplikasi ini terdapat dua pilihan, yatu Zikir dan Shollawat.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang lagunya memang untuk anak-anak, lagu-lagu Islami di aplikasi ini diiringi melodi musik yang bisa juga dinikmati oleh orang dewasa.

Jadi, aplikasi ini tidak hanya cocok bagi anak-anak, tetapi dapat dinikmati orang-orang dewasa yang ingin menenangkan pikiran setelah seharian berjuang melawan penatnya perkara duniawi.

Serunya lagi, lagu-lagu di aplikasi ini dapat dinikmati secara offline.

Itulah tiga aplikasi Islami yang bisa digunakan oleh anak-anak. Semoga dengan aplikasi-aplikasi tersebut, anak-anak bisa lebih termotivasi mengenal ajaran terpuji dalam Islam.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.