Sukses

Cara Unik Jemaah Haji Selamatkan Barang dari Sitaan Petugas

Sebagian jemaah hanya bisa pasrah saat harusmeninggalkan barang-barangnya.

Liputan6.com, Mekah - Maskapai Garuda Indonesia telah menerapkan aturan terkait barang jemaah yang boleh dibawa jemaah ke dalam kabin pesawat. Di antaranya bobot tas tak boleh melebihi batas maksimal yaitu tujuh kilogram.

Tak ingin barangnya ditinggalkan di Bandara Jeddah, Arab Saudi, jemaah haji Indonesia pun menemukan cara unik. Yaitu dengan melilitkan oleh-oleh berupa pakaian di tubuhnya.

Hasilnya, postur jemaah pun langsung berubah. Jika jemaah itu pria, akan terlihat lebih gemuk sedangkan bagi wanita, akan seperti orang hamil besar.

"Udah berapa bulan Bu, ntar lahiran di pesawat," goda jemaah kepada Fitri, jemaah asal Tangerang, Banten, di Jeddah, Minggu (18/9/2016).

Sementara bagi anggota jemaah lainnya hanya pasrah saat melepaskan barang kesayangannya. Mereka memilah barang yang ditinggalkan tidak terlalu penting seperti buah-buahan, makanan, maupun alat-alat masak dan minum.

Tak hanya itu, barang-barang lainnya yang bagus juga terpaksa ditinggalkan jemaah. Di antaranya teko berwarna keemasan, sajadah, tas, dan air zamzam. Semuanya dalam kondisi baru dengan kualitas masih bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini