Sukses

Dirjen Haji Cek Kondisi Pemondokan di Mekah

Sebelum menggelar sidak, Dirjen Haji melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Kantor Urusan Haji Indonesia Daker Mekah.

Liputan6.com, Mekah - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama Abdul Djamil akan melihat kondisi jemaah haji dan kondisi penginapan atau ke pemondokan di Mekah pada Senin (22/9/2014) siang waktu setempat (Senin petang WIB).

Sebelum menggelar sidak, Dirjen Haji melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekah, termasuk juga kepala sektor yang ada.

Dalam rombongan Abdul Djamil yang sedang berkunjung ke Mekah juga terdapat Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis dan Kepala Pusat Informasi dan Humas Zubaidi.

Di Mekah terdapat 116 penginapan di mana banyak penginapan setara hotel bintang 3 dan sisanya adalah apartemen. Bahkan ada 1 hotel yang setara dengan bintang 4.

Menurut laporan sementara, belum ada permasalahan pemondokan di Mekah. Sebelumnya memang ada satu pondokan yang bermasalah karena ternyata saat dicek kembali disewakan kepada negara lain. Namun saat ini sudah dicarikan penggantinya yang lokasinya tidak jauh dari lokasi semula.

Pada Kamis 18 September 2014, beberapa calon haji mengatakan belum ada keluhan mengenai pemondokan, bahkan mereka menyatakan puas.

Hingga Senin malam waktu setempat, seluruh jemaah haji yang telah tiba di Mekah mencapai 103.564 orang dari 244 kelompok terbang atau kloter. Total kuota jemaah haji reguler Indonesia adalah 155.200 orang.

Sebelum ke Mekah, Dirjen Haji dan rombongan sudah mengunjungi Jeddah dan Madinah. Di Madinah, Abdul Djamil antara lain menyelesaikan masalah pemondokan yang berada di luar markaziyah sehingga sebanyak 17.000 jemaah tinggal lebih 650 meter dari Masjid Nabawi, tempat jemaah melakukan sunah arbain. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini