Sukses

Jaga Keamanan Jemaah Haji, Kemenag Tambah Petugas Khusus

Dirjen PHU Kemenag Anggito Abimanyu mengakui ada saja tindak kriminal terhadap jemaah haji asal Indonesia di Mekah saat musim haji.

Liputan6.com, Cirebon - Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu mengakui ada saja tindak kriminal terhadap jemaah haji asal Indonesia di Mekah saat musim haji. Pihaknya pun akan menambah pasukan keamanan khusus dalam penyelenggaraan haji 2014 ini.

"Iya itu yang pencurian barang bawaan jemaah kita dan penipuan terhadap jemaah kita juga tiap tahun ada saja, makanya kita akan tambah keamanan khusus untuk para jemaah di tiap regu," kata Anggito di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (4/3/2014).

Selain itu, Kemenag juga akan maksimal membekali para jemaah sebelum berangkat ke tanah suci. Pihaknya akan memastikan pemahaman pembekalan tersebut pada setiap jemaah.

"Kita akan pastikan jemaah paham dengan pembekalan pengetahuan dari kita, seperti tidak mudah menerima bantuan orang tidak dikenal. Di SOP-nya ada, namanya juga manusia kita berusaha, tapi memang kasus tersebut selalu ada," ujarnya.

Petugas khusus yang akan ditambah, jelas Anggito, nantinya akan terus berkeliling di tiap posnya masing-masing. Hal itu agar dapat segera mengantisipasi dan meminimalisir tindak kriminal terhadap jemaah Indonesia.

"Pasti akan berkeliling, memantau para jemaah. Kan 1 regu itu 1 bus, nah kita akan ada petugas keamanan khususnya," tandas Anggito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini