Sukses

Isi Waktu Liburan, Pelajar di Jakarta Bantu Lipat Surat Suara

Karena melibatkan dokumen milik negara yang sangat penting, penyortiran dan pelipatan kertas suara dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari pemilihan presiden (pilpres) 2014 yang kiat dekat, persiapan logistik pemilu pun terus dipacu. Antara lain, penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah daerah sejak beberapa hari lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (27/6/2014), di Jakarta Barat, pelipatan kertas suara tersebut melibatkan petugas dan sejumlah warga yang sudah terdaftar. Selain itu, sejumlah pelajar yang dalam masa liburan sekolah juga ikut membantu melipat dan menyortir kertas suara.

Kegiatan ini mendatangkan keuntungan tersendiri bagi warga dan pelajar. Selain untuk mengisi waktu luang saat liburan, aktivitas tersebut juga mendatangkan imbalan dalam bentuk rupiah meski tidak terlalu besar.

Untuk 1 kertas suara yang sudah dilipat dihargai Rp 50. Namun jika berhasil melipat kertas suara 1 kardus yang berisi 2 ribu kertas suara, mereka akan mendapatkan upah Rp 100 ribu. Angka yang cukup lumayan untuk menambah uang saku atau untuk membeli baju lebaran.

Karena melibatkan dokumen milik negara yang sangat penting, penyortiran dan pelipatan kertas suara dijaga ketat aparat dari Polsek Kebon Jeruk dan Polres Jakarta Barat. Rencananya proses penyortiran dan pelipatan ini akan berlangsung hingga Sabtu 28 Juni esok.

Sejak Selasa 24 Juni lalu, sedikitnya terdapat 1.500 lembar kertas suara ditemukan rusak oleh KPUD Jakarta Barat. KPUD pun segera meminta kertas suara pengganti.

Sementara itu, di Jakarta Barat sendiri tercatat lebih dari 1,5 juta orang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan memberikan hak demokrasinya pada pilpres 9 Juli mendatang. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini