Sukses

Survei Cyrus: Jokowi 56,5 %, Prabowo 43,5%

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK masih berada di atas Prabowo-Hatta. Hasil survei Cyrus Network menunjukan, Jokowi-JK unggul 13% dari Prabowo-Hatta.

"Angka minimal Jokowi-JK 56,5% sementara angka optimum Prabowo hanya 43,5% artinya jarak masih di atas 10%," ujar Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Hasbi, di D'consulate, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Dalam survei itu juga terungkap, para pemilih yang belum diketahui pilihannya atau unidentified voters semakin mengecil yakni di angka 5,3%. "Kita tak memakai istilah undecided tapi pakai unidentified, artinya yang tidak teridentifikasi dan angkanya makin mengecil. Bahkan 2,9% dari 5,3% itu condong memilih Jokowi-JK. Jadi sulit untuk memperkecil jarak bagi Prabowo," jelas Hasan.

Menanggapi hasil survei tersebut, Juru Bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan menyatakan senang dengan kabar baik tersebut. Ia juga menekankan bahwa Tim Jokowi-JK tetap fokus meski unggul dengan jarak yang besar.

"Pertandingannya pada 9 Juli, jangan merasa sudah selesai. Di semua titik Jokowi-JK akan unggul," pungkas Anies.

Survei Cyrus Network dilakukan dengan metode wawancara terbuka, melibat 1.500 responden pada 33 Provinsi. Dengan margin of error kurang lebih 3% dan tingkat kepercayaan 95%.