Sukses

Asal Usul Capres Jokowi Dilahirkan

Liputan6.com, Solo - Dukuh Klelesan, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, terletak sekitar 8 kilometer di utara Kota Solo, inilah asal usul keluarga calon presiden Joko Widodo, berasal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (4/6/2014), Jokowi lahir dari seorang ayah bernama Noto Wiji alias Noto Miharjo bin Wiryo Miharjo bin Mangun Dinomo. Ayah Jokowi merupakan orang Jawa asli dan beragama Islam.

Bakat dan kecintaan Jokowi pada industri mebel dan furnitur juga berawal dari desa tersebut, desa di mana penduduknya memang memiliki keahlian di bidang perkayuan. Sebagian besar keluarga Jokowi juga berkecimpung di bidang perkayuan.

Saat Jokowi maju menjadi capres, isu miring seputar anak desa itu terus bermunculan. Mbah Merto Tenoyo (87) yang merupakan sesepuh Desa Klelesan, punya ingatan segar terkait latar belakang orangtua Jokowi.

Isu etnis hingga masalah agama memang kerap menerpa capres nomer 2 ini. Untuk menepis semua itu, kubu Jokowi, bahkan sempat mengeluarkan bukti surat nikah Jokowi dan istrinya Iriana, yang berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Islam setempat. Simak videonya di bawah ini. (Sss)

Loading