Sukses

Pemungutan Suara Pileg 2014, IGD dan Puskesmas di DKI Tetap Buka

Namun, pelayanan kesehatan di Poliklinik atau balai pengobatan umum yang tidak melayani perawatan atau pasien menginap akan tutup.

Liputan6.com, Jakarta - Instalasi Gawat Darurat  (IGD) di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun Puskesmas, tetap membuka layanan pada hari pemungutan suara Pileg 2014, yang akan dilaksanakan Rabu 9 April besok.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, meski termasuk hari libur nasional, para petugas IGD dan Puskesmas tetap bertugas. Mereka bertugas mulai pukul 13.00 WIB atau setelah pelaksanaan pemungutan suara.

"Emergency (gawat darurat), layanan 24 jam, RSUD, dan Puskesmas harus tetap beroperasi. Karyawannya dibagi-bagi, supaya dapat menggunakan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ungkap Dien, Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Namun, kata Dien, pelayanan kesehatan di Poliklinik atau balai pengobatan umum --yang tidak melayani perawatan atau pasien menginap-- di RSUD dan Puskesmas akan tutup pada hari pemungutan suara Pileg.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan, pelayanan kependudukan dan perizinan di kantor kecamatan, kelurahan, suku dinas, hingga dinas diliburkan.

Demikian juga dengan pelayanan perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kantor pemerintahan dan Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) DKI Jakarta. "Para petugas kan juga punya hak pilih. Nanti hari Kamis 10 April 2014, kantor pelayanan beroperasi normal kembali," kata Purba.

Pemerintah menetapkan hari libur nasional pada hari pemungutan suara Pileg besok. Hal ini ‎sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 26 Tahun 2013 Pasal 3 ayat 1 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Warga Belum Terdaftar Tetap Bisa Mencoblos dengan KTP

PDIP Waspadai Intimidasi dan Politik Uang Saat Pileg

Kawal 72 Ribu TPS di Jabar, 72 Ribu Personel Polisi Diterjunkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.