Sukses

19 Ide Jualan Makanan Bagi Pemula, Bisa Potensi Untung Miliaran

Salah satu ide jualan makanan yang menjanjikan keuntungan besar adalah menjual makanan sehat siap saji.

Liputan6.com, Jakarta Memulai bisnis makanan bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan jika Anda memilih ide yang tepat. Beragamnya selera konsumen dan kebutuhan akan makanan yang praktis dan lezat membuka banyak peluang untuk berinovasi dalam dunia kuliner. Dengan strategi yang baik, bisnis makanan Anda bisa meraih keuntungan besar dan sukses di pasar yang kompetitif.

Salah satu ide jualan makanan yang menjanjikan keuntungan besar adalah menjual makanan sehat siap saji. Tren hidup sehat semakin populer, sehingga permintaan akan makanan organik, bebas gluten, dan rendah kalori terus meningkat. Menawarkan paket makanan harian atau mingguan yang praktis dan bergizi bisa menarik banyak pelanggan yang sibuk namun peduli dengan kesehatan mereka.

Selain itu, makanan tradisional dengan sentuhan modern juga memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan. Banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba cita rasa klasik yang dipadukan dengan inovasi baru, seperti kue tradisional dengan variasi rasa baru atau jajanan pasar dalam kemasan menarik. Mengedepankan kualitas dan keunikan produk dapat membuat bisnis Anda menonjol dan diminati banyak orang.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ide jualan makanan bagi pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Jualan Makanan Ringan

1. Bruule Bomb

Ide jualan makanan yang pertama adalah bruule bomb. Cemilan kekinian yang sedang hits saat ini bisa Anda jadikan versi frozen juga. Cemilan yang memiliki cita rasa gurih ini memiliki bentuk yang menyerupai bitterballen.

Ide jualan makanan cemilan Brulee Bomb mulai melejit ketika Nagita Slavina memulai bisnis Brulee Bomb-nya yang membuat banyak orang penasaran. Terbuat dari bahan seperti bawang bombay, bawang putih, smoked beef atau sosis, margarin, terigu susu cair dan keju mozarella memberikan sensasi campuran rasa yang nikmat.

2. Dessert Box

Ide jualanan makanan yang berikutnya adalah dessert box. Makanan cemilan yang disajikan di dalam kotak kaca atau plastik ini merupakan makanan kekinian yang sedang banyak diminati.

Makanan cemilan ini bisa Anda kreasikan semenarik mungkin dan memberikan keuntungan yang menjanjikan dengan cara promosi yang tepat. Anda bisa memanfaatkan media sosial hingga e-commerce untuk bantu menjual produk dessert box.

3. Makaroni, Basreng, dan Aneka Keripik

Makanan ringan seperti makaroni pedas, basreng pedas atau aneka keripik lainnya bisa menjadi ide jualan makanan selanjutnya. Sebab, ide jualan makanan satu ini tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Target pasarnya pun luas, karena makanan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan.

4. Jajanan Pasar

Walaupun zaman sudah berkembang, namun jajanan pasar tradisional ternyata masih banyak diserbu dan diminati. Bahkan masih sering sekali kita temukan snack box yang berisikan jajanan pasar. Hal ini bisa dijadikan ide jualan makanan. Anda bisa membuka tempat aneka jajanan pasar dengan membuatnya sendiri atau mencarinya di pasar terdekat lalu menjualnya kembali dengan menambahkan keuntungan tersendiri.

5. Bomboloni

Ide jualan makanan selanjutnya adalah bomboloni. Bedanya, bomboloni tidak memiliki bagian yang bolong di tengahnya. Melainkan diisi dengan berbagai pilihan rasa vla atau krim yang banyak digemari oleh banyak orang. Hidangan donat yang berasal dari Italia ini bisa menjadi ide jualan makanan yang mendatangkan cuan. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan donat.

6. Dimsum

Dimsum merupakan cemilan asal Tiongkok yang sangat populer di Indonesia dan banyak disajikan di pilihan menu restoran. Hidangan yang satu ini bisa dijadikan ide jualan makanan yang dapat menguntungkan. Anda bisa membuat dimsum untuk langsung dijual ataupun menjadi frozen food. Ada beberapa jenis dimsum yang dijual dan populer di Indonesia, mulai dari siomay, bakpao, pangsit sup, angsio ceker, hakau, mantau, dan lumpia.

7. Soft Cookies

Ide jualan makanan yang berikutnya adalah soft cookies nampak seperti kue kering pada umumnya. Namun, pada bagian dalam kue memiliki tekstur yang lembut dan terdapat adonan saus coklat atau vanilla.

8. Salad Buah

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk membuat salad buah delivery yang segar. Kuncinya adalah Anda harus menyajikannya dengan buah yang segar untuk membangun kepercayaan pelanggan ditambah dengan saus mayonaise dan keju parut. Untuk penjualannya Anda bisa memasarkannya lewat media sosial dan menunjukkan keunikan produk yang akan Anda jual.

9. Salted Egg Chicken Skin

Camilan kulit ayam goreng dengan bumbu telur asin ini sangat populer di kalangan pecinta makanan ringan. Kombinasi kulit ayam yang renyah dengan rasa gurih dan asin dari telur asin menciptakan sensasi rasa yang sulit dilupakan. Salted egg chicken skin sering dijual dalam kemasan praktis sehingga mudah dinikmati kapan saja.

10. Churros

Churros adalah camilan asal Spanyol yang berbentuk panjang dan digoreng hingga renyah, kemudian dilapisi gula dan kayu manis. Churros bisa disajikan dengan berbagai macam saus celup, seperti cokelat, karamel, atau selai buah. Camilan ini sangat populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah.

11. Tahu Krispi

Tahu krispi adalah tahu yang digoreng dengan lapisan tepung yang renyah. Camilan ini bisa diberi berbagai macam bumbu tabur, seperti rasa balado, keju, atau BBQ, yang membuatnya semakin lezat dan menarik. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang gurih menjadikan tahu krispi pilihan favorit banyak orang.

12. Boba Milk Tea

Boba milk tea atau bubble tea adalah minuman yang terdiri dari teh susu yang dicampur dengan bola-bola tapioka kenyal. Minuman ini menawarkan variasi rasa dan topping yang beragam, seperti boba rasa buah, pudding, atau jeli. Popularitas boba milk tea terus meningkat karena rasanya yang enak dan tampilan yang Instagrammable.

3 dari 3 halaman

Ide Jualan Makanan Berat

1. Makanan Rumahan Frozen

Ide jualanan makanan berat yang pertama makanan rumahan frozen. Bisnis makanan rumahan frozen ini bisa membantu para ibu rumah tangga yang juga bekerja, atau para kelompok orang yang memiliki ritme pekerjaan padat bahkan bagi orang-orang yang tidak bisa masak namun tetap ingin merasakan makanan rumahan.

Keresahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan ide bisnis makanan rumahan dalam keadaan beku. Sehingga para pembeli hanya perlu memanaskannya di microwave atau alat masak lainnya. Makanan rumahan yang disajikan bisa berbagai macam seperti cumi asin pete, lidah cabe ijo, teri medan, nasi goreng, oseng mercon, ikan cakalang dan menu rumahan lainnya yang banyak diminati masyarakat.

2. Rice Box

Ide jualanan makanan yang berikutnya adalah rice box. Kelompok pekerja kantoran hingga anak muda biasanya memilih makanan ini karena lebih praktis dan harga ekonomis. Sehingga rice box bisa menjadi pilihan ide bisnis makanan yang bisa berkembang pesat.

Anda bisa bebas menentukan lauk yang akan disajikan. Seperti rice box ayam krispi sambal matah, dori hingga daging dengan variasi sambal. Anda bisa menambahkan menu tambahan seperti telur dan sebagainya.

3. Bisnis Katering

Bisnis katering di Indonesia semakin menjamur, membuktikan bahwa bisnis makanan memang tidak pernah surut. Ide jualan makanan seperti katering ini cocok dijadikan bisnis ideal di lokasi perkantoran, pemukiman pegawai atau area kos-kosan.

Pada umumnya, kelompok tersebut adalah masyarakat yang sibuk dan cenderung tidak memiliki waktu untuk memasak. Tidak sedikit juga katering merambat ke dunia kesehatan. Banyak sekali masyarakat yang mulai melek akan asupan makanan. Sehingga muncullah katering diet atau katering sehat.

4. Makanan BBQ

Saat ini, makanan All You Can Eat atau AYCE BBQ sedang naik daun di dunia kuliner. Sistemnya, pelanggan bisa makan daging sepuasnya dengan batasan waktu sekitar 90 menit. Usaha ini sedang menjamur di mana-mana. Jika Anda ingin berbeda, Anda bisa membuka usaha bisnis BBQ tanpa konsep AYCE. Anda bisa memberi paket kepada pelanggan untuk menentukan menu daging yang akan dimakan. Jadi, pelanggan tidak perlu mengkhawatirkan batasan waktu dan cenderung lebih hemat.

5. Aneka Sambal Rumahan

Ide jualan makanan yang berikutnya adalah aneka sambal rumahan. Tentunya ini menjadi peluang bisnis yang oke dan berpotensi mengundang keuntungan besar. Anda bisa menjual aneka sambal nusantara yang dikemas di dalam bentuk botol literan hingga botol yang kecil. Hal ini akan menguntungkan karena kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas seperti sambal.

6. Makanan Khas Daerah

Ide jualanan makanan berat yang selanjutnya adalah makanan khas daerah. Jika Anda bisa berfokus pada usaha makanan khas salah satu daerah di Indonesia, tentunya itu akan memberikan keuntungan besar. Karena, banyak makanan khas daerah yang menjadi menu favorit di nusantara, seperti Gudeg, makanan Sunda, rumah makan Padang atau sate padang, kuliner Aceh seperti Mie Aceh dan masih banyak lagi lainnya.

7. Makanan Khas Mancanegara

Selain makanan lokal, Anda bisa mencoba untuk membuka ide jualan makanan mancanegara, seperti jajanan Korea (K-Food Street), sushi atau ramen Jepang, pizza khas Italia, pasta seperti Mac and Cheese khas Inggris, Tom Yum khas Thailand, nasi kebuli dari Arab dan lain-lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.