Sukses

18 Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus pada Orang Dewasa, Efektif dan Tanpa Obat

Cegukan sebenarnya merupakan kejang berulang atau gerakan tiba-tiba diafragma yang tidak dapat dikendalikan.

Liputan6.com, Jakarta Cegukan yang terus menerus bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.  Bagi orang dewasa yang mengalaminya, ada berbagai cara efektif yang bisa dilakukan untuk meredakan cegukan tanpa perlu menggunakan obat-obatan.

Cegukan sebenarnya merupakan kejang berulang atau gerakan tiba-tiba diafragma yang tidak dapat dikendalikan. Ketika cegukan, pita suara Anda akan menutup secara tiba-tiba dan menghasilkan suara “hik”.

Penting untuk diingat, meskipun cegukan pada umumnya bukan kondisi yang serius, namun jika cegukan terus menerus dan tidak berhenti dalam waktu 48 jam, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan tidak ada kondisi medis yang serius yang menyebabkan cegukan tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa secara efektif dan tanpa obat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tekan Hidung dan Menelan

Cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa adalah dengan menutup hidung dan menelang. Hal ini dapat membantu otot diafragma untuk relaksasi.

2. Membungkuk ke Depan

Cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa lainnya adalah menekan bagian diafragma atau dada dengan membungkuk ke depan selama beberapa saat agar bisa menekan dada. Lakukan secara perlahan hingga cegukan hilang dengan sendirinya.

3. Membalik Posisi Tubuh

Membalik posisi tubuh dengan berbaring lalu meletakkan kaki pada dinding juga dapat anda lakukan sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan. Sehingga, posisi tubuh akan terbalik yakni kepala di bawah dan kaki di atas, yang dapat mengatasi masalah cegukan anda.

4. Mengendurkan Otot-otot Pernapasan

Cara mengendurkan otot pernapasan adalah dengan:

  1. Tarik napas dalam-dalam: Ambil napas secara perlahan dan dalam melalui hidung, kemudian tahan selama beberapa detik.
  2. Hembuskan napas perlahan: Buang napas secara perlahan melalui mulut, seolah-olah Anda sedang meniup lilin, sampai Anda merasa paru-paru Anda kosong sepenuhnya.
  3. Ulangi beberapa kali: Lakukan proses ini beberapa kali hingga Anda merasa lebih rileks.

Mengendurkan otot pernapasan ini dapat membantu memulihkan ritme napas normal dan mengurangi rangsangan yang menyebabkan cegukan. Penting untuk melakukan ini di tempat yang tenang sehingga Anda dapat fokus pada pernapasan dan tidak terganggu oleh lingkungan sekitar. Menjadikan langkah sederhana ini sebagai bagian dari penanganan cegukan dapat memberikan kenyamanan dan relief bagi banyak orang dewasa yang mengalami cegukan berkepanjangan.

5. Menghirup Kantung Plastik

Berikut adalah cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa, yakni:

  1. Siapkan kantung plastik bersih.
  2. Buka kantung plastiknya dan letakkan dekat dengan mulut dan hidung Anda.
  3. Hirup perlahan dan lepaskan nafas ke dalam kantung plastik tersebut.
  4. Ulangi beberapa kali hingga cegukan mereda.

Langkah ini bekerja dengan meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah, yang dapat membantu menghentikan cegukan. Penting untuk menggunakan kantung yang bersih untuk menghindari masuknya kuman atau bakteri. Jangan lupa untuk berhati-hati agar tidak merasa kekurangan oksigen. Jika cegukan tidak juga berhenti, disarankan untuk mencari bantuan medis untuk penanganan lebih lanjut.

6. Menelan Air dalam Posisi Tertekan

  1. Pertama, siapkan segelas air. Pastikan airnya bersuhu kamar atau sedikit hangat, karena air dingin terkadang dapat menyebabkan cegukan juga.
  2. Kemudian, duduk atau berdiri dalam posisi yang membuat Anda merasa nyaman.
  3. Ambil napas dalam dan tahan. Ini akan membantu melunakkan diafragma Anda.
  4. Sementara masih menahan napas, menundukkan kepala ke arah dada atau cubit hidung Anda sambil menunduk untuk memberikan tekanan tambahan.
  5. Sambil dalam posisi tertekan ini, minum air secara perlahan-lahan dan berkesinambungan dari gelas sampai habis, usahakan untuk tidak bernapas selama menelan air.

Melakukan ini dapat membantu mereset gerakan diafragma yang tidak teratur, yang merupakan penyebab dari cegukan. Jika cegukan Anda terus berlanjut setelah mencoba langkah ini, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab dan penanganan lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

7. Menarik Napas Dalam-Dalam dan Menahannya

  1. Tarik napas sebanyak mungkin secara perlahan dan dalam.
  2. Ketika Anda merasa paru-paru telah terisi penuh, tahan napas Anda.
  3. Tahan napas selama 10-20 detik, atau selama yang Anda bisa tanpa merasa tidak nyaman.
  4. Lepaskan napas perlahan dan rilekskan tubuh Anda.
  5. Ulangi beberapa kali jika cegukan belum berhenti.

Penting untuk menyadari bahwa jika cegukan tidak juga reda setelah beberapa kali mencoba langkah ini, disarankan untuk mencari pertolongan medis karena bisa jadi ini adalah gejala dari kondisi yang lebih serius. Selalu pastikan bahwa Anda dalam posisi yang aman ketika melakukan langkah ini, terutama jika Anda merasa pusing saat menahan napas.

8. Pijat di Daerah Tengkuk

Berikut cara melakukannya:

  1. Duduk atau berdiri dengan posisi yang nyaman. Pastikan Anda dalam posisi yang membuat leher Anda rileks.
  2. Gunakan jari-jari tangan. Tempatkan ujung-ujung jari Anda di bagian belakang leher, di area tengkuk.
  3. Lakukan pijatan. Tekan secara perlahan dan lakukan gerakan memutar atau gerakan naik turun.
  4. Atur tekanan. Pastikan tekanan yang Anda berikan tidak terlalu kuat sehingga menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman.
  5. Fokus pada relaksasi. Tutup mata Anda dan tarik napas dalam-dalam selama melakukan pijatan.

Pijatan ini bermanfaat untuk merilekskan otot leher dan mengurangi spasme diafragma yang mungkin menyebabkan cegukan. Namun, jika cegukan tidak juga berhenti setelah mencoba berbagai cara atau berlangsung lebih dari 48 jam, segeralah konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Lakukan Manuver Valsalva

Manuver Valsalva merupakan suatu teknik dengan mengeluarkan nafas secara paksa, namun hidung dan mulut dalam keadaan tertutup. Teknik ini akan mendesak udara mengalir ke saluran tuba Esutachius. Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan antara hidung dan telinga.

Manuver ini dilakukan dengan menutup mulut, mencubit hidung dan mengeluarkan udara sampai pipi menggembung seperti balon. Sebenarnya, manuver Valsava adalah pemeriksaan medis untuk tes fungsi jantung, kontrol saraf otonom jantung, membersihkan telinga dan sinus. Tetapi, kadang bekerja dengan baik untuk mengatasi cegukan.

10. Memijat Telapak Tangan

Memijat telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk juga bisa menjadi cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa. Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Anda juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Jika tekanan di telapak tangan tersebut menimbulkan sedikit rasa sakit, ini berarti adanya gangguan yang memengaruhi sistem saraf. Lakukan beberapa kali agar cegukan dapat hilang sepenuhnya.

11. Menutup Kedua Telinga

Cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa bisa juga dilakukan dengan menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Selain itu, Anda juga bisa menekan area lunak di belakang cuping telinga, tepat di bawah pangkal tengkorak. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal “rileks” melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

12. Menarik Lidah

Jika cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa sebelumnya tidak kunjung berhasil, cobalah menarik lidah. Menarik lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali.

4 dari 4 halaman

13. Duduk Memeluk Lutut

Duduk memeluk lutut juga menjadi cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa dicoba. Caranya sebagai berikut ini:

  1. Duduklah dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas.
  2. Kemudian, peluk lutut seraya mencondongkan badan ke depan, seperti mau meringkuk.
  3. Tahan posisi tersebut selama kira-kira 2 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma sehingga udara yang terjebak di dalamnya bisa keluar.

14. Memijat Area Ulu Hati

Cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa lainnya adalah dengan memijat area ulu hati. Cobalah memijat area ulu hati karena otot-otot diafragma letaknya tepat di bawah ulu hati atau di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut menggunakan ujung jari-jari selama 20-30 detik.

15. Minum Air Hangat

Mengonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh cepat terpenuhi. Anda cukup meminum air hangat, lalu tahan napas dengan posisi tubuh sedikit membungkuk selama yang Anda bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh ke posisi tegap, tapi masih dengan menahan napas. Lalu telan air dan Anda bisa mulai bernapas seperti biasa.

16. Menjulurkan Lidah

Selain cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa di atas, menjulurkan lidah juga dipercaya bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus. Kedua jenis saraf ini sangat berpengaruh pada otot-otot mulut dan tenggorokan. Selain itu, saraf tersebut bisa mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

17. Headstand

Cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa ini cukup sulit dilakukan. Namun, cara ini dipercaya dapat mengatasi cegukan dengan cepat. Gerakan headstand membuat aliran darah menuju otak bisa lebih cepat, kemudian oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh karena gaya gravitasi yang mengalirkan darah.

18. Jeruk Nipis

Anda bisa menggunakan bantuan jeruk nipis sebagai cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa. Jeruk nipis selain punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, bisa juga meredakan cegukan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meminum langsung air perasan jeruk nipis. Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang tinggi berfungsi menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.