Sukses

6 Potret Fitur Mobil Unik yang Pernah Dibuat, Toilet hingga Mesin Kopi

Pernah ingin pergi ke toilet di mobil sambil menikmati espresso panas? Pasti jadi impian banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Dunia teknologi selalu mengalami kemajuan, tak terkecuali otomotif. Misalnya saat ini, kendaraan tanpa pengemudi (self-driving) sedang menjadi tren terbaru, meski dalam masa pengembangan. Lantaran, mereka masih harus mengatasi beberapa kendala dalam teknologinya.

Produsen mobil selalu berusaha menghadirkan cara-cara baru, inovatif, dan unik untuk menjadikan mobil mereka menonjol dalam persaingan. Ide-ide baru pun muncul dengan memberikan tingkat kenyamanan yang menarik.

Ide-ide tersebut telah menghasilkan beberapa mobil aneh selama bertahun-tahun. Namun terkadang, keseluruhan mobil tidaklah aneh, hanya satu fitur saja. Fitur mobil yang dibuat itu bisa dikatakan unik sekaligus aneh. Ada beberapa contoh fitur mobil teraneh yang pernah dibuat.

Beberapa dirancang untuk keselamatan, yang lain untuk kenyamanan, sementara yang lain… Ya, kami tidak yakin mengapa fitur itu ada. Seperti toilet di mobil, atau menyetir sambil menikmati espresso panas.

Dilansir Liputan6.com dari Oddee, berikut ini potret fitur mobil unik dan aneh yang pernah dibuat, Kamis (21/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gramofon dalam mobil

Sebelum musik streaming, ada MP3, CD, kaset, dan — akhirnya — vinil. Orang-orang selalu ingin mendengarkan musik sambil mengemudi, tetapi untuk waktu yang lama, Anda harus bergantung pada radio.

Pada tahun 1956, Chrysler memutuskan untuk mengubah semua itu. Perusahaan ini memperkenalkan Highway Hi-Fi, gramofon perawatan pertama di dunia.

Itu juga merupakan gramofon dalam mobil terakhir di dunia. Tidak hanya bertukar sisi rekaman saat mengemudikan sebuah mimpi buruk, tetapi jarum gramofon juga terus melompati bahkan dengan benturan sekecil apa pun.

3 dari 7 halaman

2. Mesin espresso fiat

Orang Italia sangat menyukai espresso mereka. Mungkin itulah sebabnya, pada tahun 2012, Fiat menawarkan "Coffee Experience Kit" opsional pada 500L yang baru diluncurkan.

Benar sekali — dengan tambahan $300, Anda dapat memasang pembuat espresso di dasbor sisi pengemudi, lengkap dengan sendok dan tempat gula. Namun, demi alasan keamanan, perangkat ini hanya akan berfungsi saat mesin dimatikan.

Meski begitu, Anda tetap berkendara dengan sistem pemanas air bertekanan tinggi yang terpasang di mobil. Tak perlu dikatakan lagi, Coffee Experience Kit dihentikan pada model tahun 2013.

4 dari 7 halaman

3. Klakson mobil pelek tiup

Roda kemudi rim blow sebenarnya adalah ide yang bagus. Dengan roda peniup pelek, alih-alih menekan bagian tengah roda untuk meniup klakson, pelatuk klakson dipasang di sepanjang pelek roda kemudi.

Artinya, Anda dapat menekan kapan saja untuk membunyikan klakson. Tidak perlu melepaskan tangan dari kemudi tentu lebih aman. Sayangnya, teknologi rim blow yang diperkenalkan pada tahun 1969 tidak berfungsi dengan baik.

Pemicu klakson karet cenderung mengembang atau menyusut, sehingga klakson tidak dapat dibunyikan — atau klakson dapat dibunyikan secara permanen. Mobil terakhir dengan klakson rim blow diproduksi pada tahun 1974, hanya lima tahun setelah diperkenalkan.

5 dari 7 halaman

4. Bumper berisi air

Bumper balon air terdengar seperti sesuatu dari kartun Sabtu pagi. Namun, armada taksi di beberapa kota di AS menguji bumper air yang kemudian pecah pada tahun 1960an.

Yang aneh adalah mereka berhasil. Mereka mengurangi kerusakan akibat tabrakan sehingga tagihan perbaikan perusahaan taksi turun setengahnya.

Sayangnya, penghematan perbaikan terkuras habis oleh biaya penggantian bemper yang pecah yang sangat mahal. Mereka juga rentan terhadap pembekuan di musim dingin, sehingga fitur yang menjanjikan namun tidak ekonomis ini hilang.

6 dari 7 halaman

5. Sensor detak jantung volvo

Swedia pastilah negara yang sangat berbahaya. Bagaimana lagi Anda menjelaskan sensor detak jantung yang diperkenalkan pada S80 andalan Volvo tahun 2005?

Sebagai bagian dari paket Volvo Personal Communicator, sistem memantau kursi belakang mobil untuk mengetahui suara detak jantung manusia. Jika terdeteksi, ia akan mengirimkan informasi ke key fob untuk memperingatkan Anda tentang penyusup yang mengintai di mobil Anda.

Dengar, kami tidak mengatakan siapa pun yang merancang fitur ini agak paranoid. Itu hanya karena kami yakin mereka mendengarkan kami saat ini dan kami tidak memerlukan kunjungan lagi dari Pasukan Operasi Terselubung Volvo.

7 dari 7 halaman

6. Toilet cadillac

Anda benar-benar perlu ke kamar mandi, tetapi pompa bensin berikutnya berjarak bermil-mil jauhnya. Pada tahun 1947, Cadillac mencoba memberikan bantuan kepada Anda dengan toilet di dalam mobil. Mereka pada dasarnya memasang kakus di kursi belakang.

Namun, untuk beberapa alasan, hal itu tidak pernah berhasil. Mungkin itu ada hubungannya dengan fakta bahwa benda tersebut tidak menghalangi bau yang terkait dan benda tersebut dapat terciprat ke permukaan jalan yang tidak rata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.