Sukses

Kantor Pos Terpencil di Antartika Buka Lowongan Kerja, Syaratnya Bikin Gigit Jari

Badan Amal Inggris sedang mencari staf untuk menjalankan 'Kantor Pos Penguin' Antartika.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sudah bosan dengan pekerjaan saat ini dan ingin karier baru, mungkin Anda bisa mencoba lowongan kerja yang satu ini. Sesuatu yang menarik dan tentu akan sulit dipercaya, namun itu nyata. Inilah kesempatan Anda untuk memasuki dunia manajemen kantor pos penguin yang aneh tapi dinamis.

Dilansir Liputan6.com dari Oddee, Selasa (19/3/2024), Antarctic Heritage Trust (UKAHT) Inggris sedang mencari tiga individu berjiwa petualang untuk bertugas di Port Lockroy, sebuah pangkalan kecil Inggris di Pulau Goudier di Antartika, yang merupakan lokasi kantor pos paling selatan di dunia.

Meskipun lokasinya terpencil dan hampir tidak ada tempat tinggal manusia, pulau ini menerima hampir 80.000 surat setiap tahunnya. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh 1.500 penguin gentoo yang tinggal di pulau tersebut yang menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Perlu diperhatikan, pekerjaan ini bukan untuk orang yang lemah hati. Anda harus mampu menanggung isolasi ekstrem, kurangnya air mengalir dan fasilitas mencuci, serta bau kotoran penguin yang terus-menerus. Untuk diketahui, pekerjaannya nanti juga termasuk menghitung penguin lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Letak Kantor

Lokasi kantor pada lowongan kerja tersebut ada di Port Lockroy, pangkalan kecil di lepas pantai Semenanjung Antartika, terdiri dari tiga bangunan besar. Kadang juga disebut Pangkalan 'A', didirikan pada tahun 1944 sebagai stasiun penelitian Inggris di Pulau Goudier, sebuah bongkahan batu beku yang kurang lebih seukuran lapangan sepak bola.

Basis 'A' (mengapa A memiliki tanda kutip?) beroperasi hingga tahun 1962 ketika ditinggalkan. Namun, nilai sejarahnya baru diakui beberapa dekade kemudian.

Pada tahun 1996, UKAHT mengambil alih Port Lockroy dan mengubahnya menjadi museum hidup. Tempat ini juga populer — Port Lockroy mungkin merupakan tujuan wisata tersibuk di Antartika, menarik 18.000 pengunjung kapal pesiar setiap tahunnya.

Dan sama seperti museum pada umumnya, seseorang harus berada di sana untuk memandu pengunjung dan mengelola toko souvenir. Di situlah Anda berpotensi masuk.

3 dari 5 halaman

Tugas yang Harus Dilakukan

UKAHT sedang mencari tiga orang untuk mengambil posisi paruh waktu di Port Lockroy selama musim panas Antartika antara November 2024 dan Maret 2025. Posisi yang tersedia termasuk pemimpin pangkalan, asisten umum, dan manajer toko souvenir.

Meskipun jabatannya berbeda, deskripsi pekerjaannya 90% sama. Lagipula, tidak banyak yang bisa Anda lakukan di 'bongkahan batu kecil' itu bukan?

Orang-orang yang dipilih untuk pekerjaan tersebut diharapkan dapat memastikan kelancaran kunjungan wisatawan ke pulau tersebut. Tim diharapkan menjaga para wisatawan, memberi tahu mereka tentang lokasinya, dan mengoperasikan toko souvenir di pulau tersebut.

4 dari 5 halaman

Menjalankan Kantor Pos Antartika

Tugas terpenting lainnya adalah menjalankan kantor pos di pulau tersebut. Hal ini termasuk menjual prangko, menyortir surat, dan mengirim surat dengan aman di dalam dan di luar kapal yang berkunjung.

Calon pekerja harus menjaga fasilitas, gedung, dan pajangan museum. UKAHT juga mengharapkan mereka untuk secara aktif mempromosikan pekerjaan yayasan dan mengumpulkan dana agar Port Lockroy tetap berjalan.

Tentu saja, karena tim yang dipekerjakan akan menjadi satu-satunya orang di pulau itu, mereka harus menjaga kondisi pulau tetap layak huni. Itu berarti membersihkan salju, mengelola dapur, memasak, dan tugas sehari-hari lainnya.

Yang terakhir, tim harus membantu Survei Arktik Inggris dalam memantau populasi penguin gentoo yang berjumlah 1.500 ekor di Pulau Goudier. Dengan kata lain, Anda harus menghitung dan menghitung ulang penguin berulang kali.

5 dari 5 halaman

Syarat dan Tantangan

Meski menarik, jangan buru-buru melamar, karena lokasi Port Lockroy memiliki banyak tantangan. Yang pertama dan terpenting adalah Anda tidak bisa keluar dari pulau. Setelah Anda menginjakkan kaki di pulau itu, Anda akan berada di sana selama lima bulan bersama anggota tim lainnya.

Anda akan tidur, makan, bekerja, dan tinggal di fasilitas bersama yang sama sepanjang waktu. Tidak ada air mengalir di Pulau Goudier, yang berarti tidak ada pancuran, bak mandi, atau toilet. Saat alam memanggil, Anda akan menggunakan toilet perkemahan — istilah bagus untuk ember besar dengan tempat duduk. Anda harus mengosongkannya setiap hari sebagai bagian dari pekerjaan Anda.

Kamar mandi tersedia setiap kali kapal lewat. Mereka biasanya berkunjung seminggu sekali, namun saat cuaca buruk, Anda mungkin tidak bisa mandi selama dua atau tiga minggu. Meski begitu, Anda diharapkan tetap higienis, jadi sebaiknya biasakan mandi spons dingin.

Juga tidak ada waktu pribadi. Separuh dari pulau ini merupakan resor khusus penguin yang tidak boleh Anda masuki (kecuali jika dihitung) dan sebagian besar olahraga serta aktivitas luar ruangan lainnya dilarang karena risiko cedera.

Terakhir, ada isolasi. Anda memiliki koneksi internet Starlink yang buruk dan telepon satelit untuk keadaan darurat, namun sebagian besar, Anda hanya akan bersosialisasi dengan tim kerja Anda. Karena Anda berada di Antartika, jadi cuacanya akan sangat dingin. Dan pulau ini sering kali berbau penguin guano. Sayangnya, lamaran ini telah ditutup pada 18 Maret kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.