Sukses

24 Partai Peserta Pemilu 2024, Simak Nomor Urut dan Profilnya

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2024 merupakan ajang demokrasi yang sangat penting bagi negara kita. Di dalamnya, pemegang hak pilih seperti kita memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan arah serta pemimpin negara untuk periode mendatang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengenal lebih dalam siapa saja partai yang menjadi peserta pemilu sebagai bahan pertimbangan. 

Dalam Pemilu 2024, terdapat 24 partai politik yang akan ikut serta sebagai peserta. Masing-masing partai memiliki visi, misi, serta program kerja yang berbeda-beda. Sehingga, sebagai pemegang hak pilih, kita perlu memahami secara mendalam mengenai profil dari setiap partai peserta tersebut.

Dengan mengetahui profil partai peserta pemilu, kita bisa lebih bijak dalam memilih calon pemimpin dan wakil rakyat yang akan mewakili kita di parlemen. Selain itu, kita juga dapat menentukan partai mana yang paling sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan yang kita yakini. Dengan demikian, pengetahuan mengenai partai politik peserta pemilu sangatlah krusial dalam menentukan pilihan kita di Pemilu 2024.

Berikut adalah profil singkat dari para partai peserta pemilu 2024, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Peserta Pemilu

Peserta Pemilu menurut Pasal 1 (7) PKPU Nomor 3 Tahun 2022 adalah setiap badan hukum yang memenuhi persyaratan sebagai peserta pemilu dan telah ditetapkan sebagai peserta pemilu oleh KPU. Peserta pemilu terdiri dari partai politik untuk anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, perseorangan untuk anggota DPD, dan pasangan calon untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Partai politik adalah organisasi yang bersifat nasional yang dibentuk atas dasar kehendak bersama untuk mencapai tujuan politik, mengajukan calon anggota legislatif dalam pemilu, dan memiliki jumlah anggota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sementara itu, perseorangan adalah seseorang yang memenuhi persyaratan pencalonan sebagai anggota DPD tanpa berafiliasi dengan partai politik. Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden adalah pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik.

Dengan demikian, Peserta Pemilu meliputi partai politik, perseorangan, dan pasangan calon yang akan bertarung dalam Pemilu 2024 sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 3 Tahun 2022.

3 dari 4 halaman

Daftar Peserta Pemilu 2024

Pemilu 2024 menjadi sorotan utama bagi masyarakat Indonesia, dimana partisipasi partai politik sangat diharapkan untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas. Dengan adanya banyak pilihan partai peserta pemilu, masyarakat perlu memahami informasi dan profil dari setiap partai untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih wakil rakyat di parlemen. Berikut adalah daftar partai peserta Pemilu 2024 beserta informasi dan profil singkat mengenai visi, misi, dan program kerja masing-masing partai bagi kemajuan bangsa:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjadi peserta pemilu dengan nomor urut 6 pada Pemilu 2024. PKB merupakan partai politik yang menjadi bagian dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, NasDem, dan PPP yang dikenal sebagai Koalisi Indonesia Adil Makmur (KIAM). Ketum PKB saat ini adalah Muhaimin Iskandar, yang juga menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebagai partai yang memiliki basis dukungan di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan juga pendukung dari kalangan petani serta buruh, PKB memiliki fokus pada isu agraria, keadilan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan pluralisme. Dengan sejarahnya yang kuat sebagai partai politik Islam yang moderat, PKB akan terus menjadi salah satu kekuatan politik yang signifikan dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) adalah partai politik yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 2. Mereka akan ikut serta dalam koalisi Prabowo-Gibran, yang dipimpin oleh Ketua Umum mereka, Prabowo Subianto.

Gerindra didirikan pada 6 Februari 2008 dan saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto, seorang tokoh militer dan politisi yang pernah menjadi calon presiden pada Pemilu sebelumnya. Partai ini memiliki basis dukungan yang kuat di berbagai daerah di Indonesia dan telah menjadi salah satu kekuatan politik utama dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai salah satu partai utama dalam koalisi Prabowo-Gibran, Gerindra memiliki peran penting dalam upaya politik mereka. Dengan dukungan dari partai ini, koalisi tersebut akan berusaha untuk memenangkan kursi di parlemen serta mendukung calon presiden dan wakil presiden dari partai-partai yang tergabung di dalamnya.

Dengan demikian, Gerindra memiliki posisi strategis dalam Pemilu 2024 dan akan memainkan peran penting dalam arah politik Indonesia di masa depan.

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. PDIP memiliki nomor urut 1 dalam Pemilu 2024 dan merupakan bagian dari koalisi Indonesia Kerja yang dipimpin oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Sebagai salah satu partai politik terbesar di Indonesia, PDIP memiliki visi untuk memperjuangkan keadilan sosial, keadilan ekonomi, dan pemenuhan hak asasi manusia. Dalam Pemilu 2024, PDIP bertekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan mewakili suara masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu partai pendiri republik ini, PDIP memiliki sejarah panjang dalam perjuangan politik dan terus berkomitmen untuk memajukan bangsa dan negara. Dengan pemerintahan yang kuat dan berlandaskan pada keberpihakan kepada rakyat, PDIP berharap dapat mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan berdaulat.

4. Partai Golkar

Partai Golkar adalah salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 4. Partai ini bergabung dalam koalisi Indonesia Maju dan dipimpin oleh Airlangga Hartarto sebagai ketua umum. Dalam Pemilu 2024, Partai Golkar memiliki visi untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai program dan kebijakan yang pro-rakyat. Sebagai salah satu partai politik yang memiliki sejarah panjang di Indonesia, Partai Golkar memiliki jaringan yang kuat dan berupaya untuk terus meningkatkan dukungan masyarakat. Dengan komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, Partai Golkar menjadi salah satu kekuatan politik yang patut diperhitungkan dalam Pemilu 2024.

5. Partai NasDem

Partai NasDem akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dengan nomor urut 5. Partai ini merupakan bagian dari koalisi pengusung pasangan Anies-Muhaimin. Ketua Umum Partai NasDem adalah Surya Paloh, seorang politisi yang telah lama berkecimpung dalam dunia politik Indonesia. Partai NasDem dikenal dengan komitmennya terhadap penguatan demokrasi, pemberantasan korupsi, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam Pemilu 2019, Partai NasDem berhasil meraih kursi di parlemen dengan jumlah yang signifikan, menunjukkan popularitas dan dukungan yang kuat dari masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari koalisi Anies-Muhaimin, Partai NasDem berharap dapat memberikan kontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik melalui implementasi program-program yang berpihak pada kepentingan rakyat. Dengan demikian, Partai NasDem menjadi salah satu partai yang patut diperhitungkan dalam peta politik Indonesia di Pemilu 2024.

6. Partai Buruh

Partai Buruh merupakan salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 6. Partai ini tergabung dalam koalisi Indonesia Kerja yang dipimpin oleh Ketua Umumnya, Yoris Raweyai. Partai Buruh memiliki visi untuk mewujudkan keadilan sosial, ekonomi, dan politik bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan basis dukungan dari kalangan buruh, petani, nelayan, dan kaum marjinal lainnya, Partai Buruh bertekad untuk memperjuangkan hak-hak buruh dan kelompok masyarakat yang kurang mampu. Sebagai bagian dari koalisi Indonesia Kerja, Partai Buruh turut serta dalam memperjuangkan pembangunan infrastruktur, kesejahteraan sosial, serta pemenuhan kebutuhan dasar bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan program-program yang progresif, Partai Buruh berusaha untuk menjadi alternatif yang nyata dan berpengaruh dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) adalah partai politik yang akan bertarung dalam Pemilu 2024. Partai ini memiliki posisi sebagai salah satu anggota koalisi dalam pemilu tersebut. Ketua Umum Partai Gelora adalah Ahmad Ridwan Tugio. Partai Gelora mendapatkan nomor urut 7 dalam pemilu 2024.

Sebagai partai yang masih baru dalam arena politik, Partai Gelora memiliki visi untuk mewujudkan perubahan yang positif dalam pemerintahan Indonesia. Dengan memperjuangkan keadilan, kesejahteraan, dan keberpihakan kepada rakyat, Partai Gelora berkomitmen untuk membawa perubahan yang berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat. Sebagai bagian dari koalisi dalam Pemilu 2024, Partai Gelora akan berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan dan program-programnya kepada masyarakat Indonesia. Dengan demikian, partai ini memiliki peran yang penting dalam dinamika politik Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah memastikan partisipasinya dalam Pemilu 2024. Dalam Pemilu tersebut, PKS akan bertarung dengan nomor urut yang belum dipastikan. PKS juga telah bergabung dalam koalisi dengan partai-partai lain untuk memperkuat perjuangan politiknya. Ketua Umum PKS, yang saat ini dijabat oleh Ahmad Syaikhu, akan memimpin partai ini dalam menjalani proses Pemilu 2024. Dengan berbagai program dan visi misi partai, PKS akan turut serta dalam memberikan warna dalam pesta demokrasi tersebut.

9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) merupakan salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 9. PKN merupakan partai yang tengah berkembang dengan visi untuk membangun kembali kejayaan nusantara. Partai ini juga tergabung dalam koalisi yang memiliki semangat untuk memajukan Indonesia ke depan, dengan komitmen untuk memajukan ekonomi rakyat dan mewujudkan keadilan sosial.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) saat ini dijabat oleh Gede Pasek Suardika. Dengan latar belakang sebagai tokoh pemuda yang memiliki pengalaman dalam berbagai organisasi kemasyarakatan, Gede Pasek Suardika diharapkan mampu memimpin PKN untuk meraih dukungan masyarakat pada Pemilu 2024. Dengan semangat kepemimpinan yang kuat, PKN berkomitmen untuk menjadi bagian penting dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.

10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) adalah salah satu partai peserta Pemilu 2024 yang mendapatkan nomor urut 10. Partai ini merupakan bagian dari koalisi Pengusung Ganjar-Mahfud dan dipimpin oleh Ketum Oesman Sapta Odang. Hanura merupakan partai politik yang didirikan pada tahun 2006 dan memiliki visi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan negara. Partai ini juga memiliki platform politik yang berfokus pada perekonomian, pembangunan daerah, pendidikan, dan kesejahteraan sosial. Meskipun sebelumnya pernah menjadi bagian dari koalisi pemerintahan, Hanura kini menjadi salah satu anggota koalisi pendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kontestasi Pemilu 2024. Sebagai partai yang telah lama berkecimpung dalam dunia politik Indonesia, Hanura terus berupaya untuk memberikan kontribusi dalam memajukan negara dan kesejahteraan masyarakat.

11. Partai Garda Perubahan Indonesia

Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) merupakan partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024. Partai ini memiliki peran dan posisi penting dalam upaya penguatan demokrasi di Indonesia. Garuda berkomitmen untuk mengusung program-program perubahan yang mengedepankan kepentingan rakyat.

Garuda juga tergabung dalam sebuah koalisi yang akan menjadi pengusungnya dalam Pemilu 2024. Koalisi ini memiliki tujuan untuk memenangkan Pemilu dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

Partai Garuda akan memiliki nomor urut dalam surat suara pada Pemilu 2024. Informasi ini penting untuk memudahkan pemilih dalam mencari partai yang akan mereka pilih.

Ketua Umum Partai Garuda juga merupakan informasi penting yang harus diketahui pemilih. Nama ketua umum partai dapat menjadi gambaran bagi pemilih tentang visi dan misi partai tersebut.

Dengan peran dan posisi yang kuat, Garuda akan menjadi salah satu pemain utama dalam Pemilu 2024 dan memiliki pengaruh besar dalam arah politik Indonesia ke depan.

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

Partai Amanat Nasional (PAN) akan turut serta dalam Pemilu 2024 sebagai salah satu partai peserta. PAN merupakan bagian dari koalisi Gerindra-MKP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur. Nomor urut PAN dalam pemilu akan ditentukan lebih lanjut oleh KPU. Ketua Umum PAN saat ini adalah Zulkifli Hasan. PAN dikenal sebagai partai konservatif dan memiliki basis dukungan dari kalangan Islam moderat. Dengan bergabung dalam koalisi Gerindra-MKP, PAN bertujuan untuk mencapai kemenangan dalam Pemilu 2024 dan mengusung agenda-agenda politik yang sesuai dengan visi dan misi partai. Keikutsertaan PAN dalam Pemilu 2024 diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat dalam menentukan arah kepemimpinan negara ke depan.

 

13. Partai Bulan Bintang

Partai Bulan Bintang adalah salah satu partai politik peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 13. Partai ini merupakan bagian dari koalisi yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pemilu kali ini.

Partai Bulan Bintang dipimpin oleh Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra, seorang tokoh yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia politik Indonesia.

Partai Bulan Bintang dikenal dengan visi dan misinya yang mendorong pembangunan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mereka juga memiliki komitmen untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, lingkungan hidup, serta keadilan sosial.

Sebagai bagian dari koalisi pengusung pasangan Prabowo-Gibran, Partai Bulan Bintang akan berperan penting dalam merumuskan kebijakan dan program-program politik yang akan dijalankan jika pasangan tersebut terpilih menjadi pemimpin Indonesia.

Dengan kehadiran Partai Bulan Bintang dalam Pemilu 2024, diharapkan partisipasi politik rakyat semakin meningkat dan memberikan variasi pilihan bagi masyarakat dalam menentukan arah masa depan negara.

14. Partai Demokrat

Partai Demokrat dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Partai ini akan bertarung pada Pemilu 2024 dengan nomor urut 14. Partai Demokrat bergabung dalam koalisi yang diusung oleh Partai Gerindra, yang juga merupakan pendukung dari pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden dan wakil presiden. Prabowo-Gibran sendiri akan bertarung dengan nomor urut 2 pada Pemilu 2024.

15. Partai Solidaritas Indonesia

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah partai politik yang memiliki nomor urut 15 dalam Pemilu 2024. PSI merupakan bagian dari koalisi pengusung Prabowo-Gibran dan dipimpin oleh Ketum Kaesang Pangarep. Partai ini dikenal sebagai partai yang mewakili kaum milenial dan berkomitmen untuk membawa perubahan di Indonesia. PSI memiliki visi untuk memperjuangkan keadilan, kesejahteraan, dan kemajuan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan kepemimpinan Kaesang Pangarep, PSI berusaha untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh generasi muda Indonesia. Melalui partisipasinya dalam Pemilu 2024, PSI berharap dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat dan membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Dengan posisinya sebagai bagian dari koalisi Prabowo-Gibran, PSI memiliki peran yang penting dalam peta politik Indonesia dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan negara.

16. Partai Perindo

Partai Perindo, dengan nomor urut 16 dalam Pemilu 2024, adalah salah satu partai yang menjadi bagian dari koalisi pengusung Ganjar-Mahfud. Partai ini dipimpin oleh Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo. Perindo memiliki visi untuk menyediakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Selain itu, Partai Perindo juga menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemiskinan. Dengan berbagai program dan kebijakan yang diusungnya, Partai Perindo berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang adil, sejahtera, dan berdaulat. Dengan bergabung dalam koalisi Ganjar-Mahfud, diharapkan Partai Perindo dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam proses pemilihan umum dan pembentukan pemerintahan yang berkualitas.

17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut pada surat suara yang akan ditentukan oleh KPU. Berdasarkan koalisi yang menjadi pengusung, PPP bergabung dalam koalisi yang masih dalam proses pembentukan. Nama Ketua Umum (Ketum) PPP saat ini adalah M. Romahurmuziy.

Sebagai salah satu partai yang telah lama berkiprah dalam dunia politik Indonesia, PPP memiliki sejarah dan profil yang menarik untuk dijelaskan dalam konteks Pemilu 2024. Dengan platform dan program-programnya, PPP akan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan politiknya dan merealisasikan visi-misinya dalam Pemilu 2024.

24. Partai Ummat

Partai Ummat adalah partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024 dengan nomor urut 24. Partai ini merupakan bagian dari koalisi partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil dan Makmur (KIAM). Ketua Umum Partai Ummat saat ini adalah Amirsyah Tambunan.

Sebagai partai politik, Partai Ummat memiliki visi untuk mewujudkan pemerintahan yang adil dan makmur, serta berkomitmen untuk melindungi kepentingan rakyat kecil. Dengan berbagai program dan platformnya, Partai Ummat bertujuan untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia.

Partai Ummat juga memiliki berbagai agenda dan program prioritas yang diusung dalam partisipasinya dalam Pemilu 2024. Dengan dukungan yang kuat dari koalisinya, partai ini berharap dapat meraih dukungan masyarakat dan menjadi wakil yang mampu mengemban amanah rakyat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Partai Lokal Aceh

Selain partai-partai yang akan memperebutkan kursi parlemen nasional, ada pula sejumlah partai lokal di Aceh yang berkompetisi untuk memperebutkan kursi di DPRD, antara lain sebagai berikut:

18. Partai Nanggroe Aceh

Partai Nanggroe Aceh merupakan partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024 dengan nomor urut 18. Partai ini merupakan bagian dari koalisi dan dipimpin oleh ketua umumnya, yaitu Muzakir Manaf. Dikenal sebagai partai yang mewakili suara rakyat Aceh, Partai Nanggroe Aceh fokus pada isu-isu yang berkaitan dengan kedaulatan Aceh dan kepentingan rakyat Aceh. Dengan kehadiran mereka dalam Pemilu 2024, diharapkan partai ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan dan representasi kepentingan masyarakat Aceh di tingkat nasional.

19. Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at Dan Taqwa

Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at Dan Taqwa adalah salah satu partai peserta Pemilu 2024 yang akan bertarung dengan nomor urut 19. Partai ini juga merupakan bagian dari koalisi yang terdiri dari beberapa partai lainnya. Ketua partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at Dan Taqwa saat ini adalah [nama ketua partai]. Dengan visi dan misi yang mereka usung, partai ini akan turut berperan dalam menentukan arah dan kebijakan negara untuk masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, partai ini memiliki peran yang sangat penting dalam konteks Pemilu 2024 dan akan memberikan kontribusi penting dalam pembentukan kekuatan politik di Indonesia.

20. Partai Darul Aceh

Partai Darul Aceh adalah partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024. Mereka akan bertarung dengan nomor urut 20. Partai ini merupakan bagian dari koalisi Koalisi Keadilan dan Persatuan Aceh. Ketua Umum Partai Darul Aceh adalah Muzakir Manaf. Sebagai partai yang berbasis di Aceh, Partai Darul Aceh berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh serta memajukan wilayah tersebut melalui program-program yang mereka usung. Dengan mendukung kandidat dari partai ini, diharapkan visi dan misi Partai Darul Aceh dapat terealisasi demi kemajuan daerah Aceh di masa depan.

21. Partai Aceh

Partai Aceh merupakan salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 21. Partai ini tidak tergabung dalam koalisi manapun dan dipimpin oleh Ketua Umum Muzakir Manaf. Partai Aceh merupakan partai yang berbasis di Provinsi Aceh serta menjadi representasi dari kepentingan masyarakat Aceh. Dikenal sebagai partai yang memperjuangkan otonomi khusus bagi Aceh, Partai Aceh telah aktif dalam dunia politik sejak sebelum masa konflik di Aceh. Dengan karakter politik yang kuat dan berfokus pada isu lokal, Partai Aceh menjadi salah satu kekuatan politik di daerah tersebut. Keberadaan Partai Aceh juga menjadi penting dalam menjaga stabilitas politik di Aceh serta menjadi wadah bagi aspirasi masyarakat Aceh di tingkat nasional. Dengan demikian, Partai Aceh menunjukkan peran yang signifikan dalam politik nasional, terutama terkait dengan isu-isu yang relevan dengan Aceh.

22. Partai Adil Sejahtera Aceh

Partai Adil Sejahtera Aceh adalah partai politik yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024 dengan nomor urut 22. Partai ini tidak akan bergabung dalam koalisi manapun. Partai Adil Sejahtera Aceh dipimpin oleh Tu Bulqani, yang merupakan tokoh yang diakui di Aceh. Sebagai partai politik yang aktif di daerah Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh diharapkan dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh secara khusus. Dengan demikian, partai ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan politik dan pemerintahan di Aceh. Partai ini memiliki visi untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Aceh. Dengan demikian, keikutsertaan Partai Adil Sejahtera Aceh dalam Pemilu 2024 diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Aceh.

 

23. Partai Sira (Soliditas Independen Rakyat Aceh)

Partai Sira (Soliditas Independen Rakyat Aceh) merupakan salah satu partai peserta Pemilu 2024. Partai ini memiliki nomor urut 23. Ketua Umum Partai Sira saat ini adalah Muslim Syamsuddin.

Partai Sira memiliki keterlibatan dalam koalisi partai. Sebelumnya, Partai Sira bergabung dalam koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Pemilu 2019. Namun, informasi terkait keterlibatan Partai Sira dalam koalisi Pemilu 2024 masih akan diumumkan secara resmi oleh partai tersebut.

Dengan visi dan misi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat Aceh, Partai Sira diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.