Sukses

Arkeolog Takjub Temukan Harta Karun Abad 12 Terbuat dari Meteor, Langka

Peralatan besi terbuat dari meteorit yang unik

Liputan6.com, Jakarta Ketika seorang arkeolog menggali lebih dalam ke dalam lembaran sejarah, terkadang mereka menemukan sesuatu yang lebih dari sekadar artefak kuno. Seperti yang terjadi pada tahun 1963, ketika Harta Karun Villena, sebuah koleksi kuno yang terdiri dari 59 benda berharga, ditemukan di sebuah lubang kerikil di kota pelabuhan Alicante, Spanyol.

Para peneliti pada masa itu sudah terpesona dengan keindahan dan kekayaan koleksi tersebut. Gelang-gelang emas, mangkuk-mangkuk perak, dan artefak lainnya menggambarkan kemegahan zaman perunggu. Namun, yang paling menarik adalah dua potongan besi yang ditemukan bersama dengan harta karun itu.

Menurut laporan para peneliti pada tahun 60an, potongan besi tersebut memiliki ciri khas yang unik. Mereka dilapisi dengan 'logam timah berwarna gelap yang berkilau di beberapa area, dan ditutupi dengan oksida seperti besi yang sebagian besar sudah retak'. 

Hingga, terungkap dua buah harta karun kuno itu dibuat dari meteorit berumur jutaan tahun. Dilansir Liputan6.com dari Unilad, Jumat (9/2/2024), ilmuwan mengubah pandangan mereka tentang kedua potongan besi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuat di Abad 12 Pakai Meteor Satu Juta Tahun

Dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Trabajos de Prehistoria, para ilmuwan mengungkapkan bahwa kedua potongan besi tersebut sebenarnya berasal dari meteorit yang mendarat di Bumi sekitar satu juta tahun yang lalu. Kemudian dibuat antara 1400 dan 1200 SM hingga ditemukan di Spanyol.

Ignacio Montero-Ruiz, salah satu penulis senior studi tersebut, menjelaskan bahwa kedua artefak tersebut adalah benda pertama yang ditemukan di Semenanjung Iberia yang dibuat dengan bahan dari luar planet Bumi. Penemuan ini tidak hanya mengubah pemahaman tentang Harta Karun Villena, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang kehidupan dan kebudayaan masa lampau. 

"Dalam hal ini, [barang-barang tersebut] adalah... mungkin harta karun tersembunyi yang mungkin dimiliki oleh seluruh komunitas dan bukan milik satu orang saja,” Montero-Ruiz menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Benda Besi Meteorit Pertama di Spanyol

Namun, misteri masih terus berlanjut. Meskipun telah dikonfirmasi bahwa kedua potongan besi itu adalah benda besi meteorit pertama dan tertua yang ditemukan di wilayah Spanyol. Tidak jelas siapa yang membuatnya atau dari mana asalnya. Montero-Ruiz menyatakan bahwa hal ini masih menjadi teka-teki.

"Siapa yang memproduksinya dan dari mana bahan ini diperoleh masih menjadi pertanyaan yang harus dijawab," kata Montero-Ruiz.

Seiring dengan penemuan ini, muncul pula pertanyaan-pertanyaan baru yang mengundang para peneliti untuk terus menggali lebih dalam ke dalam sejarah. Dengan setiap penemuan, kita semakin dekat untuk mengungkapkan misteri masa lalu yang masih tersimpan rapat di dalam tanah.

Sebagaimana disampaikan oleh Montero-Ruiz kepada El País, "Kedua potongan besi ini memiliki nilai yang sangat besar. Oleh karena itu, mereka dianggap layak menjadi bagian dari ansambel spektakuler dengan banyak benda emas halus ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.