Sukses

6 'Kutukan' K-Pop Paling Terkenal karena Dianggap Begitu Nyata

Kutukan 7 Tahun hingga Kutukan November.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia K-Pop, sejumlah kutukan diyakini sebagai fenomena yang dapat mempengaruhi perjalanan dan kesuksesan grup atau individu di industri hiburan Korea Selatan. Beberapa kutukan tersebut telah menjadi bagian dari sejarah K-Pop selama bertahun-tahun, menyelimuti grup-grup dengan aura misterius. 

Sementara itu, beberapa kutukan lainnya baru-baru ini muncul, menambahkan dimensi baru ke dalam ketegangan dan kekhawatiran para penggemar. Pengaruh kutukan ini terkadang dapat meramalkan masa depan kelompok atau individu, menciptakan ketidakpastian yang menggugah rasa cemas di kalangan penggemar setia.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 kutukan paling terkenal dalam dunia K-Pop pada Sabtu (3/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kutukan

Kutukan ini melibatkan masa kontrak 7 tahun yang dapat menjadi momen sulit bagi beberapa grup K-Pop. Beberapa grup mungkin bubar saat kontrak mereka berakhir pada tahun ketujuh, atau anggota bisa memutuskan untuk meninggalkan grup. Contohnya, 2NE1 mengalami kutukan ini ketika mereka bubar pada tahun 2016. Namun, grup yang berhasil mempertahankan semua anggota asli dan memperbarui kontrak mereka telah berhasil mengalahkan kutukan ini, termasuk BTS.

 

2. Kutukan "Kursi Nomor 1"

Kutukan ini berasal dari acara survival di mana para trainee bersaing untuk debut dalam grup baru. Netizen menyadari bahwa trainee yang duduk di kursi tengah pada episode pertama selalu gagal masuk dalam lineup debut akhir. Contohnya termasuk Huh Chanmi dari Produce 101 dan Jang Moon Bok dari Produce 101 Season 2.

3 dari 4 halaman

3. Kutukan

Setelah membuat debut yang sukses, grup rookie sering mengalami kesulitan mereplikasi keberhasilan perilisan pertama mereka. Meskipun "sophomore slump" ini tidak dijamin, banyak grup rookie yang langsung sukses dihadapkan dengan tantangan untuk menjaga kesuksesan mereka pada tahun kedua. Meskipun demikian, TWICE dan SEVENTEEN adalah dua grup yang berhasil mengatasi kutukan ini dengan merilis karya kedua yang lebih sukses dari debut mereka.

 

4. Kutukan "6 Anggota"

Ada sejumlah besar grup dengan 6 anggota yang mengalami kejadian tidak menguntungkan, seperti kehilangan anggota atau bubar dengan tak terduga. Kutukan ini juga dikenal sebagai "HYBE Girl Group Curse," karena dampaknya terutama terasa pada grup tersebut. GFRIEND dan LE SSERAFIM adalah contoh grup yang terkena kutukan ini, yang satu bubar dan yang lain kehilangan anggota akibat skandal.

4 dari 4 halaman

5. Kutukan

Kutukan ini tampaknya mempengaruhi boy group di bawah SM Entertainment yang debut dengan tujuh anggota, menyebabkan salah satunya meninggalkan grup. Contohnya termasuk WayV, RIIZE, dan NCT WISH yang semuanya menjadi korban kutukan ini.

 

6. Kutukan "November"

Kutukan ini tidak hanya berlaku untuk idol K-Pop, tetapi juga selebriti Korea secara umum. Kutukan "November" muncul pada tahun 2023 ketika lebih dari 7 pasangan selebriti Korea dilaporkan putus atau bercerai, termasuk mantan anggota LABOUM Yulhee dan Minhwan dari FTISLAND.

Keenam kutukan K-Pop ini sering dibicarakan dan menciptakan rasa ketidakpastian di antara penggemar, berharap grup favorit mereka tidak akan menjadi korban. Meskipun demikian, beberapa grup berhasil mengatasi kutukan ini, membuktikan bahwa kesuksesan bisa diukur dengan tekad dan kerja keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.