Sukses

Viral Microsoft Excel Jadi Turnamen eSport Dunia, Begini Cara Mainnya

Turnamen dunia unik.

Liputan6.com, Jakarta HyperX eSports Arena di Las Vegas, Amerika Serikat, menjadi saksi kejadian unik dalam dunia eSports : Microsoft Excel World Championship 2023. Sebanyak 16 ahli teknologi dari seluruh dunia berkumpul untuk mengikuti turnamen pada tanggal 10 Desember 2023, yang merupakan bagian dari Financial Modeling World Cup.

Turnamen ini memperkenalkan dimensi baru dalam eSports dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Peserta, termasuk Andrew Ngai, seorang aktuaris, aturan mainnya sudah ditentukan, berlomba menggunakan fungsi-fungsi Excel untuk memproses data. 

Tak main-main, nilai hadiah yang diperebutkan nyaris mencapai Rp 1 miliar, menjadikan turnamen ini menarik perhatian para ahli dan penggemar. Mengutip dari The Guardian, Andrew Ngai berhasil meraih gelar juara Microsoft Excel World Championship 2023 pada 15 Desember 2023 di HyperX eSports Arena Las Vegas. 

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, kejuaraan eSports microsoft excel ini makin banyak diminati para gamers bahkan orang kantoran. Begitu pula keputusan Andrew Ngai untuk bergabung dengan kejuaraan ini segera setelah mengetahui adanya turnamen eSports yang menggunakan Microsoft Excel sebagai platform game.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Main Kejuaraan eSports Ms Excel

Setiap putaran dalam kompetisi ini menantang delapan pemain dengan memberikan sejumlah besar data dan instruksi. Para kontestan harus membuat rumus dan subset untuk memproses data, sambil berlomba dengan waktu untuk mendapatkan poin bonus. Dalam interval tujuh setengah menit, peserta dengan skor terendah dieliminasi.

Menurut Andrew Ngai, peserta harus membuat keputusan strategis, seperti memilih pertanyaan bonus atau menyelesaikan level untuk maju lebih jauh. 

Keunikan konsep ini membuat turnamen Microsoft Excel World Championship menarik tidak hanya bagi peserta tetapi juga warganet yang tertarik meningkatkan keterampilan menggunakan Microsoft Excel, yang sangat dicari dalam dunia kerja.

3 dari 4 halaman

Hadiah Fantastis Turnamen Ms Excel Diperebutkan

Escharts,  layanan analisis unik yang menyediakan metrik komprehensif untuk siaran esports melaporkan bahwa total hadiah turnamen mencapai $50 ribu atau sekitar Rp 771 juta. Andrew Ngai, sebagai juara MEWC 2023, berhasil menyelesaikan serangkaian teka-teki menggunakan spreadsheet dan meraih 970 poin. Keunggulannya hampir 200 poin dari peringkat kedua, Michael Jarman.

Bukan hanya di tingkat kejuaraan, tetapi turnamen ini juga berhasil mencatat statistik impresif dalam dunia online. Tayangan streaming turnamen Microsoft Excel World Championship 2023 mencapai 1.1K Hours Watched, dengan 483 Peak Viewers, dan 359 Average Viewers. 

Video On Demand (VOD) resmi di YouTube mencatat 23.2K penonton, membuktikan bahwa acara ini sukses menarik perhatian di ranah online. Penyelenggara turnamen, Financial Modeling World Cup (FMWC), turut berkontribusi dalam kesuksesan ini dengan menyiarkan acara di The Ocho ESPN. 

4 dari 4 halaman

Tetap Ramai Peminat Meski Penonton Awam

Meskipun angka-angka ini mungkin tidak terlihat mencolok pada pandangan pertama, namun hal yang menarik adalah bahwa turnamen unik seperti ini, yang banyak orang tidak pernah berpikir akan mungkin terjadi.

Bahkan meski banyak penonton belum sepenuhnya paham metode yang digunakan pemain di Microsoft Excel, mereka membuat kompetisi mudah dicerna dan mudah diikuti siapa saja. 

Kini menarik peserta dari seluruh dunia dan disiarkan langsung di berbagai platform seperti Twitch, YouTube, dan ESPN. Selain itu, seluruh pertandingan MEWC dapat dinikmati melalui saluran YouTube Financial Modeling World Cup.

Netizen sendiri ikut meramaikan lewat media sosial. Tak sedikit warganet yang menyebut ajang turnamen microsoft excel ini bakal sering-sering dilirik HRD perusahaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.