Sukses

Pengertian Kata Kerja Beraturan dalam Bahasa Inggris, Lengkap Contohnya

Kata kerja beraturan adalah kata kerja yang mengikuti aturan tertentu dalam penggunaan bentuk-bentuknya.

Liputan6.com, Jakarta Kata kerja beraturan atau reguler verbs merupakan salah satu jenis kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja beraturan adalah kata kerja yang mengikuti aturan tertentu dalam penggunaan bentuk-bentuknya. Kegunaan dari kata kerja beraturan ini adalah untuk menyatakan suatu tindakan atau keadaan yang terjadi secara teratur atau rutin.

Ciri-ciri utama dari kata kerja beraturan adalah mengikuti pola tertentu dalam pembentukan bentuk-bentuknya, seperti penambahan -ed pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau, maupun penambahan -s/-es pada bentuk jamaknya. Contoh kata kerja beraturan adalah like (liked, likes), play (played, plays), dan walk (walked, walks).

Kata kerja beraturan memberikan kemudahan bagi pemula yang sedang belajar bahasa Inggris dalam memahami pola-pola pembentukan bentuk kata kerja, sehingga memudahkan dalam mengungkapkan tindakan atau keadaan yang terjadi. Selain itu, kata kerja beraturan ini juga sangat penting dalam memperluas kosa kata bahasa Inggris dan memperbaiki kemampuan berbicara serta menulis. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian kata kerja beraturan atau regular verbs dan contohnya dalam bahasa Inggris yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Kata Kerja Beraturan

Kata kerja beraturan atau yang dikenal dengan istilah regular verbs adalah kata kerja yang mengikuti aturan tertentu dalam penggunaan bentuk-bentuknya. Kegunaan dari kata kerja beraturan ini adalah untuk menyatakan suatu tindakan atau keadaan yang terjadi secara teratur atau rutin.

Regular verbs atau kata kerja beraturan merupakan kata kerja yang dapat membentuk kata bentuk lampau (past tense dan past participle) dari infinitif atau kata kerja pertama dengan tambahan -d atau -ed. Pada umumnya, bentuk past tense dan past participle dapat dibuat dengan menambahkan -ed pada bentuk dasar kata kerja beraturan.

Definisi lain, kata kerja beraturan adalah kata kerja yang mengikuti pola perubahan yang konsisten saat diubah ke bentuk lampau (past tense) maupun bentuk berubah (past participle). Contoh regular verbs antara lain "jump" (jumped, jumped) dan "walk" (walked, walked).

3 dari 5 halaman

Pembentukan Kata Kerja Beraturan

Kata kerja beraturan atau regular verbs adalah kata kerja yang membentuk bentuk lampau (past tense) dan bentuk lampau perubahan (past participle) dengan menambahkan akhiran -ed di akhir kata. Pembentukan regular verbs sangat mudah karena aturan pembentukannya sangat konsisten. Misalnya, kata kerja "work" akan membentuk bentuk lampau menjadi "worked" dan bentuk lampau sempurna menjadi "worked" juga.

Berikut ini pembentukan kata kerja beraturan atau regular verbs dalam bahasa Inggris, yakni:

  1. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar (Verbs 1) berakhiran vokal ditambahkan akhiran -d.
  2. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar (Verbs 1) berakhiran konsonan ditambahkan akhiran -ed.
  3. Kata kerja beraturan biasanya pembentukannya ditandai dengan kata lampau seperti (yesterday, last month, second ago, dan masa lampau lainnya)
  4. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar berakhiran huruf -y didahului dengan konsonan maka huruf -y diganti dengan -I selanjutnya ditambahkan huruf -ed untuk membentuk kata kerja beraturan pada Verbs 2 ataupun Verbs 3. Contoh: try - tried - tried.
  5. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir -c didahului huruf vokal maka huruf terakhir tersebut ditambahkan huruf -k baru ditambah -ed pada verbs 2 dan verbs 3. Contoh: panic - panicked - panicked.
  6. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar berakhiran huruf -y namun didahului huruf vokal, maka huruf -y tetap tidak berubah. Sedangkan pada akhir kata ditambahkan -ed untuk membentuk kata kerja beraturan pada verbs 2 dan verbs 3. Contoh: play - played - played.
  7. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan diawali huruf vokal, sementara saat diucapkan tekanannya jatuh di awal huruf maka ditambahkan -ed. Contoh: answer -answered - answered.
  8. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan (-L) didahului satu huruf vokal maka kata terakhir digandakan lalu tambah -ed. Contoh: cancel - cancelled - cancelled.
  9. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan (-L) didahului dua huruf vokal, maka huruf -L terakhir tidak digandakan. Contoh: sail - sailed - sailed.
  10. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar hanya satu suku kata dan berakhiran huruf konsonan didahului huruf vokal namun saat diucapkan ada tekanan huruf jatuh pada kata terakhir maka huruf tersebut digandakan lalu tambahkan -ed. Namun penggandaan huruf di kata terakhir verb 1 tersebut tidak berlaku apabila terdapat dua huruf vokal sebelum kata terakhir. Contoh 1: admit - admitted - admitted. Contoh 2: repeat - repeated - repeated.
4 dari 5 halaman

Perbedaan Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan

Kata kerja beraturan atau regular verbs adalah kata kerja yang mengikuti aturan tertentu dalam pembentukan bentuk lampau (past tense), bentuk lampau berubah (past participle), dan bentuk lampau partisip berupa -ed. Contoh kata kerja beraturan adalah "talk" (talk-talked-talked), "work" (work-worked-worked), dan "play" (play-played-played).

Sementara itu, kata kerja tidak beraturan atau irregular verbs adalah kata kerja yang tidak mengikuti aturan tertentu dalam pembentukan bentuk lampau (past tense), bentuk lampau berubah (past participle), dan bentuk lampau partisip. Contoh kata kerja tidak beraturan adalah "go" (go-went-gone), "eat" (eat-ate-eaten), dan "write" (write-wrote-written).

Perbedaan utama antara kata kerja beraturan dan tidak beraturan terletak pada bentuk lampau (past tense) dan bentuk lampau berubahnya (past participle). Kata kerja beraturan memiliki bentuk lampau (past tense) dan bentuk lampau berubahnya (past participle) yang dapat dibentuk dengan menambahkan -ed pada akhir kata, sedangkan kata kerja tidak beraturan memiliki bentuk lampau (past tense) dan bentuk lampau berubahnya (past participle) yang tidak mengikuti aturan ini. Bentuk lampau atau past tense dari irregular verbs tidak dapat diprediksi hanya dengan menambahkan -ed atau -d seperti halnya regular verbs.

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Kerja Beraturan dalam Bahasa Inggris

Berikut ini terdapat beberapa contoh kata kerja beraturan beserta perubahan bentuknya, yakni:

1. Walk (Berjalan) - walked (Berjalan) - walked

Example: She walked to the park yesterday. (Dia berjalan ke taman kemarin.)

2. Talk (Berbicara) - talked (Berbicara)- talked

Example: He talked to his friend on the phone. (Dia berbicara dengan temannya di telepon.)

3. Play (Bermain) - played (Bermain) - played

Example: The kids played in the playground. (Anak-anak sedang bermain di taman bermain.)

4. Study (Belajar) - studied (Belajar) - studied

Example: She studied for her exams last night. (Dia belajar untuk ujiannya tadi malam.)

5. Clean (Membersihkan) - cleaned (Membersihkan) - cleaned

Example: We cleaned the house before the guests arrived. (Kita membersihkan rumah sebelum tamu datang.)

6. Cook (Masak) - cooked (Masak) - cooked

Example: He cooked dinner for his family. (Dia memasak makan malam untuk keluarganya.)

7. Jump (Lompat) - jumped (Lompat) - jumped

Example: The cat jumped onto the table. (Kucing itu melompat ke atas meja.)

8. Watch (Menonton) - watched (Menonton) - watched

Example: They watched a movie last weekend. (Mereka menonton film akhir pekan lalu.)

9. Live (Hidup) - lived (Hidup) - lived

Example: They lived in that house for ten years. (Mereka tinggal di rumah itu selama sepuluh tahun.)

10. Help (Membantu) - helped (Membantu) - helped

Example: She helped her brother with his homework. (Dia membantu kakaknya mengerjakan PR.)

11. Call (Memanggil) - called (Memanggil) - called

Example: He called his parents to check in. (Dia menelepon orang tuanya untuk check in.)

12. Love (Mencintai) - loved (Mencintai) - loved

Example: They loved each other deeply. (Mereka sangat mencintai satu sama lain.)

13. End (Berakhir) - ended (Berakhir) - ended

Example: The party ended at midnight. (Pesta berakhir pada tengah malam.)

14. Bake (Memanggang) - baked (Memanggang) - baked

Example: She baked a cake for her birthday. (Dia membuat kue untuk ulang tahunnya.)

15. Like (Suka) - liked (Menyukai) - liked

Example: He liked the new movie. (Dia menyukai film baru.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.