Sukses

Bagaimana Cara Menghargai Jasa Pahlawan? Kenali Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan salah satunya dengan memupuk semangat cinta Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan perlu dipahami oleh setiap warga negara Indonesia. Pasalnya, lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat merupakan hasil dari perjuangan dari para pahlawan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Pahlawan disebut juga seorang pejuang yang gagah berani.

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan salah satunya dengan memupuk semangat cinta Tanah Air. Hal ini tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang senantiasa berjuang untuk merebut kemerdekaan, sehingga kamu bisa hidup dengan aman dan nyaman seperti sekarang ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman SD Negeri II Bugeman, Selasa (21/11/2023) tentang bagaimana cara menghargai jasa pahlawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Saling Menghormati dan Menghargai Satu Sama Lain

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan yang pertama yaitu dengan menghormati dan menghargai orang lain. Setiap warga negara harus selalu menghormati dan menghargai satu sama lain, terutama dalam aspek perbedaan kesukuan, etnis, kedaerahan, dan lain sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari negara Indonesia yang memiliki beragam budaya dengan luasnya wilayah negara.

Perbedaan yang ada seharusnya menjadi kekuatan tersendiri bagi Indonesia untuk menjadi lebih kuat dan bersatu. Para pahlawan perjuangan dapat meraih kemenangan juga disebabkan karena mereka berjuang bersama dan menyampingkan perbedaan. Itulah mengapa menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan juga penting untuk dilakukan.

3 dari 7 halaman

2. Memupuk Semangat Cinta Tanah Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagaimana cara menghargai jasa pahlawan juga bisa dilakukan dengan terus menumbuhkan semangat cinta Tanah Air. Kecintaan para pahlawan pada bangsa Indonesia mengantarkan semangat mereka untuk berjuang demi bangsa Indonesia.

Hal ini juga perlu untuk terus dilanjutkan oleh para generasi baru, terutama pada peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan dapat kamu lakukan salah satunya adalah dengan senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, bangga akan bangsa sendiri, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama.

4 dari 7 halaman

3. Tidak Melupakan Jasa Pahlawan

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan selanjutnya adalah dengan selalu mengingat apa yang telah mereka lakukan atau perjuangkan. Sebagai bagian dari suatu negara yang telah diperjuangkan sebelumnya oleh para pahlawan, kamu tentu harus selalu mengingat perjuangan para pahlawan dan tidak melupakan jasa mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu menceritakan kisah-kisah perjuangan sejarah kemerdekaan Indonesia pada setiap generasi barunya.

Catatan sejarah, peristiwa penting, semangat perjuangan, dan lain sebagainya harus selalu tersampaikan pada para generasi muda karena pastinya di dalam cerita tersebut terdapat makna-makna yang perlu ditanam dan di contoh.

Contoh jasa para pahlawan yang dapat kamu kenang terus dan pahami maknanya yaitu makna Sumpah Pemuda, makna kemerdekaan Indonesia, dan lain sebagainya.

5 dari 7 halaman

4. Belajar dengan Tekun

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan untuk para siswa atau anak sekolah bisa ditambahkan lagi. Jika para pahlawan menjunjung tinggi semangat perjuangan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia, maka untuk menghargai jasa mereka setiap warga negara juga wajib untuk belajar dengan tekun.

Belajar dengan tekun merupakan wujud kepedulian dan menghargai jasa pahlawan, karena generasi peneruslah yang kemudian harus melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Dengan begitu, jasa para pahlawan tidak akan sia-sia, terutama hal ini berkaitan dengan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Jadi, bagaimana cara menghargai jasa pahlawan juga bisa sesederhana belajar dengan giat dalam mencapai masa depan dan menjadi bangsa yang lebih baik.

6 dari 7 halaman

5. Memperingati Peristiwa-Peristiwa Penting

Memperingat peristiwa-peristiwa bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan juga bisa menjadi perwujudan bagaimana cara menghargai jasa pahlawan. Cara menghargai jasa pahlawan ini dapat dilakukan dengan cara memperingati peristiwa-peristiwa penting, seperti peristiwa kemerdekaan Indonesia dengan selalu melakukan upacara bendera dan mengulang detik-detik kemerdekaan Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus.

Selain itu, kamu juga bisa memperingati hari-hari penting lainnya seperti pada hari Sumpah Pemuda, adanya peringatan hari lahirnya Pancasila, dan lain sebagainya. Tak kalah penting tentunya adalah memperingat Hari Pahlawan 10 November, yang menjadi Hari Pahlawan Nasional di Indonesia.

7 dari 7 halaman

6. Menjalankan Pancasila dan Peraturan Lainnya

Bagaimana cara menghargai jasa pahlawan berikutnya yaitu dengan menjalankan Pancasila dan peraturan lainnya. Kamu perlu selalu menjalankan Pancasila atau memahami makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan untuk merumuskannya untuk melahirkan negara yang merdeka ini.

Kamu juga harus selalu menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku, peraturan agama, maupun juga budaya yang ada dalam masyarakat secara baik dan benar. Mau bagaimanapun hal-hal tersebut juga merupakan sesuatu yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.