Sukses

Sholawat Ya Tawwab Tub Alaina, Lengkap dengan Keutamaannya

Lirik sholawat Ya Tawwab Tub Alaina Arab dan latinnya.

Liputan6.com, Jakarta Ya Tawwab Tub Alaina, seringkali kita mendengar lantunan kalimat yang penuh makna ini dalam sholawat yang dilantunkan oleh berbagai musisi religi dan grup rebana terkenal. Kalimat ini, yang bermakna "Wahai Yang Maha Penerima Taubat, Taubatilah Kami," memancarkan pesan penting dalam agama Islam. 

Lirik Ya Tawwab Tub Alaina bukan hanya sekedar kata-kata, melainkan sebuah panggilan kepada umat Muslim untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Sholawat ini mengajarkan kita untuk selalu berupaya memperbaiki diri, bertaubat atas dosa-dosa, dan memohon ampunan Allah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (3/11/2023). Lirik sholawat Ya Tawwab Tub Alaina Arab dan latinnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sholawat Ya Tawwab Tub Alaina

Sholawat Ya Tawwab Tub Alaina adalah salah satu sholawat yang sering dibawakan oleh musisi religi dan grup rebana terkenal seperti Az-Zahir, Babul Musthofa, Al Munsyidin, dan banyak lainnya. Lirik sholawat ini sangat indah dan penuh makna, mengundang penggemar musik religi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di bawah ini, kita akan melihat lirik sholawat 'Ya Tawwab Tub Alaina' beserta tulisan Arab dan Latinnya.

يَاتَوَّابْ تُبْ عَلَيْنَا * وَارْحَمْنَا وَانْظُرْ اِلَيْنَا

Ya tawwab tub alaina * Warhamna wandur ilaina

خُذْ يَمِيْنًا خُذْ يَمِيْنًا * عَنْ سَبِيلِ النَّاكِبِينَا

Khudyaminaa khudyaminan * An sabilin nakibinaa

وَاتَّقِ اللهَ تَعَالَى * عَنْ مَقَالِ اْلمُلْحِدِيْنَا

Wat taqillah ta’ala * An maqolil mulhidinaa

هُوَرَبُّ الْاَوَّلِيْنَا * هُوَربُّ الْاَخِرِيْنَا

Huwa robbil awwalin * Huwa robbul akhirina

هُوَربِّى هُوَحَسْبِى * هُوَخَيْرُ الرَّازِقِيْنَا

Huwa robbi huwa hasbi * Huwa khoirur roziqina

هُوَغَفَّارُالْخَطَايَا * هُوَخَيْرُ الرَّاحِمِيْنَا

Huwa ghoffarul khathoua * huwa khoirur rohimina

رَبِّ وَادْخِلْنَا جَمِيْعًا * فِ الْعِبَادِ الصَّالِحِيْنَا

Robbi Wadhilna jami’an * Fil ibadis solihina

وَارْضَ عَنَّاوَاعْفُ عَنَّا * وَاَجِرْنَا اَجْمَعِيْنَا

Wardho anna wa’fu anna * Wa ajirna ajma’ina

مِنْ عَذَابٍ فِى جَهَنَّم * اُرْصِدَتْ لِلْمُجْرِمِيْنَا

Min adabin fii jahannam * Ursidat lil mujrimina

وَعُصَاةٍ فَاسْقِنَا * وَعُتَاةٍ كَافِرِيْنَا

Wa usotin fasqina * Wa utatin kafirina

رَبِّ وَادْخِلْنَا جِنَانًا * اُزْلِفَتْ لِلْمُتَّقِيْنَا

Robbi wadkhilna Jinanan * Uzlifat lil muttaqina

اِذْيُنَادَوْنَ ادْخُلُوْهَا * بِسَلاَمٍ اَمِنِيْنَا

Idyuna daunad khuluha * Bisalamin aminina

وَصَلاَةُاللهِ تَغْشَى * اَحْمَدَالْهَادِى الْاَمِيْنَا

Wasolatullahi tagsha * Ahmadal hadil amina

وَعَلَى اَلٍ وَصَحْبٍ * وَجَمِيْعِ التَّابِعِيْنَا

Wa ala alin wasohbin * Wa jami’it tabi’ina

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sholawat 

Sholawat adalah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang sangat penting dalam agama Islam. Sholawat memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik dalam dunia maupun akhirat. Berikut beberapa keutamaan sholawat dalam Islam:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Dengan melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, seorang Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah. Sholawat adalah tanda cinta dan penghormatan kepada Rasulullah, yang merupakan perantara antara manusia dan Allah.
  2. Penebus Dosa: Sholawat juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memohon ampunan Allah. Dalam banyak hadis, disebutkan bahwa sholawat dapat menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan.
  3. Pahala dan Berkah: Melantunkan sholawat dibalas dengan pahala yang besar dari Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap kali seseorang bersholawat padaku, Allah akan mengembalikan jiwaku kepada tubuhku sehingga aku dapat membalas salamnya." Ini menunjukkan bahwa sholawat mendatangkan berkah dan kehadiran spiritual dari Allah.
  4. Mendatangkan Ketenangan dan Kesucian: Melantunkan sholawat juga dapat memberikan ketenangan batin dan kesucian hati. Sholawat membantu menghilangkan kegelisahan dan meredakan stres.
  5. Pengingat Akhirat: Sholawat adalah pengingat akan akhirat dan hari Kiamat. Dengan merenungkan keagungan dan kerendahan diri di hadapan Allah, seorang Muslim dapat memahami urgensi akhirat dan menjalani hidup yang lebih bermakna.

Dengan menghargai dan melantunkan sholawat, seorang Muslim dapat mendapatkan manfaat spiritual yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah serta Rasulullah SAW.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.