Sukses

Viral, Ibu Hamil Ini Klaim Janinnya Hilang Usai Bertemu Nenek-Nenek saat Maghrib

Ibu hamil ini disebut alami Blighted Ovum (BO) atau kehamilan kosong.

Liputan6.com, Jakarta Bisa memiliki anak bagi pasangan yang telah menikah tentu menjadi sebuah keinginan bagi banyak orang. Tak sedikit pula yang menjajal berbagai program hamil demi mendapatkan keturunan.

Tak hanya itu saja, saat sang ibu tengah mengandung calon buah hati, bagi sebagian masyarakat banyak mitos yang perlu diperhatikan. Salah satunya ialah bagi ibu hamil untuk tidak berpergian saat waktu Maghrib tiba.

Pasalnya, terdapat mitos jika waktu Maghrib merupakan waktu yang rawan bagi ibu hamil serta anak-anak. Bahkan, dalam Islam, saat waktu Maghrib tiba dianjurkan untuk menutup pintu dan jendela rumah sembari megucapkan Basmallah.

Baru-baru ini, media sosial pun dihebohkan dengan unggahan akun TikTok @zaitunmoramil. Dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @zaitunmoramil, Jumat (13/10/2023), sang pemilik akun mengaku jika janin yang tengah dikandungnya tiba-tiba menghilang.

Dalam unggahan tersebut, ia pun menceritakan mengenai penyebab janin yang tengah dikandungnya hilang. Unggahan tersebut langsung menjadi viral di berbagai platform media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bertemu nenek-nenek

Melalui unggahan akun TikTok @zaitunmoramil, pada Minggu (8/10/2023), dirinya mengungkapkan tengah hamil. Pihak keluarga pun telah mengingatkannya untuk tidak pergi menjelang Maghrib tiba. Akan tetapi karena ada keperluan, sang pemilik akun pun tetap pergi.

Dirinya juga melanjutkan jika dalam perjalanan bertemu seorang nenek-nenek. Bahkan, Nenek yang ditemuinya meminta untuk diantarkan.

"Di perjalanan aku ketemu nenek2 udah keriput lagi jalan kaki. Dia terus nyetopin motor aku, katanya mau numpang dan minta dianter ke depan. Aku ga ada pikiran aneh apapun, akhirnya aku iyain dan niatnya emang nolong aja," tulis akun @zaitunmoramil.

Lebih lanjuut, ia juga mengungkapkan jika sang nenek sempat bertanya mengenai kandungannya.. Mulai dari usia kandungan hingga jenis kelamin janin.

3 dari 5 halaman

Diantarkan ke jalan sepi dan buntu

Dalam perjalannya, sang pemilik akun pun turut bertanya mengenai alamat yang dituju sang nenek. Namun, rupanya alamat tersebut merupakan jalan buntu yang sepi.

"Aku akhirnya nanya2 juga neneknya tinggal dimana. Tapi dia ga jawab dan cuma minta diturunin di jalan yg sepi banget. Setahuku itu jalan buntu dan ga ada rumah satupun di situ. Neneknya keukeuh minta turun aja, jadi aku turunin," lanjutnya.

Namun, satu minggu usai kejadian, pemilik akun @zaitunmoramil pun menyebutkan jika ia mengalami kejadian yang aneh. Dirinya mengungkapkan sering merasa pusing hingga mengalami flek. Karena khawatir mengenai kandungan, ia pun memilih untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

4 dari 5 halaman

Alami hamil kosong

Usai menjalani pemeriksaan, dirinya pun mengaku terkejut. Pasalnya, sang dokter mengungkapkan jika kehamilannya kosong tidak memiliki embrio atau dalam istilah medis, Blighted Ovum.

"Kaget, sedih, merinding dan perasaan berantakan bgt waktu dokter bilang kehamilanku kosong, istilah medisnya kalau ga salah blight3d ovum," ujarnya.

Namun, yang membuatnya semakin sedih ialah suami serta keluarga yang menyalahkannya. Ia disebut tak bisa menjaga kandungan.

"Suami dan keluarga juga kaget, semuanya nyalahin aku yg katanya ga bisa jaga kandungan dan malah sering pergi2an pas lg hamil," lanjutnya.

Blighted ovum atau kehamilan kosong sendiri terjadi karena embrio tidak pernah atau berhenti berkembang. Namun, penyebab dari kondisi tersebut tidak begitu spesifik. Bahkan, keguguran secara alami juga dapat terjadi.

5 dari 5 halaman

Respons netizen

Video tersebut langsung ramai oleh komentar netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang menceritakan pengalaman serupa yang pernah mengalami kehamilan kosong. Namun, ada pula yang percaya dengan mitos.

"Mitosnya klo ada yg tanya kandungan kita jngn dikasih tau secara detail berapa bulannya kak, katanya itu hantu plastik yg suka ambil bayi," ujar akun @Rezkyaini.

"Biasanya itu karena kromosonya tidak sempurna, jadi bisa gugur," tulia Amieezahra.

"Aku selama hamil keluar malam maghrib karna aku lempeng dan yakin aja sama Allah gda apa2 alhamdulillah," ujar akun @felicya

"ini jg dialami kk iparq pdhal tnggal udh 9 bln, dy k pantai jlan2 ma suaminya sampai mw maghrib bru pulang.. akhirnya bayi di dlm pun g ada... padahal tiap bulan USG n babynya cewek..gmna sedih n stress dia tinggal nunggu beberapa hari lahir," tulis @wana.

"Mungkin boleh aja percaya hal gitu kak. Tapi menurut aku mungkin janinnya memang tidak berkembang karena kromosonnya tidak sempurna atau apa itu istilahnya, " ujar @viasilvia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.