Sukses

Surprise Artinya Kejutan, Simak 7 Sinonim dan Bagaimana Cara Memberikannya

Surprise artinya perasaan atau reaksi yang timbul ketika seseorang diberikan kejutan.

Liputan6.com, Jakarta Surprise adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada perasaan atau reaksi yang timbul ketika seseorang mengalami, atau menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan. Surprise artinya juga merujuk kepada tindakan atau kejadian mengejutkan. 

Surprise artinya? Secara umum, kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan atau reaksi seseorang, ketika mereka mengalami kejutan yang positif atau negatif. Misalnya, seseorang bisa merasa senang dan bahagia jika mereka mendapatkan hadiah ulang tahun.

Atau sebaliknya, mereka bisa merasa terkejut dan tidak senang jika mereka mengalami kejutan yang buruk. Surprise artinya? Perlu disimak, bahwa kata "surprise" memiliki fungsi ganda sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb) tergantung pada konteksnya. 

Berikut ini arti dan sinonim surprise yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Surprise

Surprise artinya dalam Bahasa Indonesia adalah kejutan, mengagetkan, mengherankan, dan mencengangkan. Secara umum, "surprise" merujuk pada reaksi emosional yang muncul sebagai respons terhadap peristiwa, atau informasi yang tidak diharapkan atau tidak terduga. Melansir dari laman vocabulary, surprise dapat berupa kata kerja yang berarti mengagetkan atau mengagetkan seseorang, kata benda untuk hal yang tidak terduga, atau perasaan yang ditimbulkan oleh kejutan tersebut.

Ketika novelis Charles Lever menulis pada tahun 1841 tentang "tiga resimen kavaleri, gerakan mereka yang tidak bersuara dan keheningan yang sempurna sekaligus menunjukkan bahwa mereka dimaksudkan untuk pesta kejutan," yang dia maksud adalah serangan mendadak, bukan pesta ulang tahun.

Surprise adalah kata yang bisa digunakan dalam berbagai bentuk, termasuk kejutan yang positif yang membuat hati kita berbunga-bunga, atau kejutan yang negatif yang bisa mengundang perasaan ketidaknyamanan. Surprise dapat muncul dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, ini bisa berupa hadiah ulang tahun yang tidak terduga, pengumuman kenaikan gaji di tempat kerja, atau pertemuan yang tak terduga dengan seseorang.

 

Kata "surprise" memiliki fungsi ganda sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb) tergantung pada konteksnya. Sebagai kata benda (noun), surprise merujuk pada perasaan atau reaksi yang muncul karena adanya situasi atau informasi yang tidak terduga. Sebagai kata kerja (verb), "surprise" mengacu pada tindakan memberikan perasaan tak terduga, kepada orang lain atau sesuatu yang menyebabkan reaksi tak terduga.

 

3 dari 4 halaman

Sinonim Surprise

Terdapat beberapa sinonim atau kata lain, yang memiliki arti atau makna yang kurang lebih sama dengan kata surprise diantaranya: 

1. Amaze

Kata "amaze" menggambarkan perasaan takjub atau kagum akibat pengalaman yang tidak diperkirakan. Ini adalah ungkapan dari rasa "kagum" atau "terpesona" oleh sesuatu yang mengejutkan atau luar biasa.

2. Startle

Startle merujuk pada reaksi tubuh yang tiba-tiba dan kuat, akibat rangsangan yang tak terduga. Dalam bahasa Indonesia, ini dapat diartikan sebagai "tersentak" atau "terkejut secara mendadak."

3. Astound

Seperti "amaze," kata ini menggambarkan perasaan takjub atau tercengang oleh sesuatu yang luar biasa atau tak terduga. Ini digunakan ketika sesuatu sangat mengagumkan atau mengejutkan.

4. Astonish

Astonish merujuk pada reaksi yang muncul, saat seseorang sangat terkejut oleh sesuatu yang aneh atau sulit dipercaya. Ini adalah ungkapan dari keheranan yang mendalam.

5. Stun

Kata stun menggambarkan dampak dari peristiwa atau informasi, yang membuat seseorang terkejut secara tiba-tiba dan tidak bisa merespons dengan cepat. Ini mencerminkan perasaan keterkejutan yang luar biasa.

6. Flabbergast

Kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan yang sangat terkejut, atau bingung karena sesuatu yang tak terduga atau aneh. Ini mengindikasikan kebingungan yang mendalam dan terkejut.

7. Bewilder

Bewilder merujuk pada keadaan di mana seseorang merasa bingung, dan terkejut oleh suatu situasi atau informasi. Ini mencakup perasaan kebingungan yang timbul akibat ketidakdugaan.

4 dari 4 halaman

Cara Menyampaikan Surprise

  1. Salah satu langkah kunci dalam menyampaikan kejutan adalah persiapan yang cermat. Mulailah dengan merencanakan kejutan dengan baik, termasuk pemilihan waktu yang tepat, lokasi yang sesuai, dan detail-detail lain yang mungkin diperlukan.
  2. Untuk kejutan yang lebih efektif, penting untuk memahami selera dan kepentingan penerima kejutan. Ini membantu Anda memilih hadiah atau aksi yang sesuai dengan preferensi mereka.
  3. Beberapa kejutan lebih efektif jika disampaikan tanpa pengetahuan penerima. Ini bisa berarti menyelipkan hadiah di tempat yang tidak terduga, atau menjadwalkan acara tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  4. Saat waktu yang tepat tiba, cobalah untuk menyampaikan surprise dengan cara yang kreatif. Misalnya, jika itu adalah hadiah, Anda bisa menyembunyikannya dalam kotak yang unik atau memberikan petunjuk yang mengarahkan penerima pada lokasi hadiah.
  5. Setelah menyampaikan surprise, berikan waktu kepada penerima untuk merespons. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk meresapi perasaan, dan menunjukkan reaksi yang tepat.
  6. Bagaimanapun juga, kejutan adalah perasaan yang kuat, baik itu kebahagiaan, terkejut, atau bahkan ketidaknyamanan. Pertama-tama, kendalikan emosi Anda, dan berikan diri Anda waktu untuk meresapi perasaan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.