Sukses

Night Artinya Malam, Ketahui 3 Arti Lainnya

Kata night artinya malam dalam bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kata night artinya malam dalam bahasa Indonesia. Paling umum digunakan untuk menggambarkan waktu ketika matahari telah terbenam, dan gelapnya malam menggantikan terangnya siang. Ini adalah periode saat seseorang biasanya tidur atau melakukan aktivitas malam seperti menonton film atau bersantai.

Namun, sebenarnya kata night artinya juga bisa merujuk pada awal malam atau senja atau sore hari. Ini keadaan gelap ketika hanya ada sedikit cahaya dari matahari. Kadang-kadang kata night digunakan dalam pembahasan yang lebih abstrak untuk menggambarkan ketidakpahaman atau ketidakpastian.

Secara sederhana, night adalah kata yang bisa mendefinisikan periode kegelapan dalam satu siklus 24 jam, mulai dari matahari terbenam hingga matahari terbit. Contoh kalimatnya, They went for a romantic walk along the beach at night, artinya mereka pergi berjalan romantis di sepanjang pantai pada malam hari.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti night dalam bahasa Indonesia yang diterjemah dari bahasa Inggris, Kamis (7/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memiliki 3 Arti

Menggali makna kata night dalam bahasa Indonesia ternyata lebih kompleks. Pustaka Digital Indonesia, sebuah sumber rujukan memahami bahasa Indonesia, mengungkapkan bahwa kata night artinya ada tiga, yakni malam, sore, dan kegelapan. Ini menunjukkan bahwa terjemahan yang tepat untuk night sangat bergantung pada konteks penggunaannya.

1. Artinya Malam

Pertama-tama, kata night artinya secara umum suasana malam. Malam adalah periode ketika matahari telah terbenam, dan kegelapan menggantikan terangnya siang. Selain itu, malam sering kali diasosiasikan dengan waktu istirahat dan tidur manusia, serta aktivitas malam seperti pesta, pertunjukan, atau kegiatan sosial yang seringkali terjadi setelah matahari terbenam.

2. Artinya Sore

Namun, dalam beberapa konteks tertentu, night artinya juga dapat merujuk pada periode sebelum matahari benar-benar terbenam, yang lebih tepatnya adalah sore. Ini adalah makna yang jarang digunakan dalam bahasa Indonesia, tetapi sering digunakan dalam bahasa Inggris, seperti dalam ungkapan nightfall, yang berarti awal malam atau senja.

3. Artinya Kegelapan

Selain itu, night juga dapat mengarah pada definisi kegelapan. Ini adalah pengertian yang lebih abstrak dan mencerminkan situasi ketika hanya ada sedikit cahaya dari matahari atau bahkan ketiadaan cahaya sama sekali. Contohnya, seseorang bisa mengatakan bahwa the night of ignorance merujuk pada ketidakpahaman atau ketidakpengetahuan.

Oxford Dictionary dan Cambridge Dictionary, dua sumber kamus bahasa Inggris terkenal, memberikan perspektif yang serupa ketika menjelaskan arti night dalam bahasa Inggris. Mereka menyatakan bahwa night artinya periode kegelapan dalam satu siklus 24 jam, mulai dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Selain itu, mereka juga menambahkan bahwa night artinya dapat merujuk pada jangka waktu antara sore dan waktu tidur, yang sering disebut sebagai suatu malam.

Kesimpulannya, saat menerjemahkan kata night ke dalam bahasa Indonesia, sangat penting untuk memperhatikan konteks pembicarannya agar maknanya menjadi tepat. Ini mengingatkan pada kekayaan bahasa dan nuansa yang seringkali melekat pada kata-kata, yang dapat berubah tergantung pada bagaimana kata tersebut digunakan dalam sebuah topik pembahasan.

3 dari 3 halaman

Contoh Kalimatnya

  1. I love going for a walk at night. (Saya suka pergi berjalan pada malam hari.)
  2. The night was calm and peaceful. (Malam itu tenang dan damai.)
  3. We had a wonderful dinner last night. (Kami makan malam yang luar biasa semalam.)
  4. Nightfall brings a sense of tranquility. (Senja membawa perasaan ketenangan.)
  5. The city comes alive at night. (Kota menjadi hidup pada malam hari.)
  6. I work the night shift at the hospital. (Saya bekerja pada shift malam di rumah sakit.)
  7. The stars shine brightly in the night sky. (Bintang-bintang bersinar terang di langit malam.)
  8. He enjoys reading late into the night. (Dia suka membaca hingga larut malam.)
  9. The night was filled with laughter and music. (Malam itu penuh dengan tawa dan musik.)
  10. Nighttime is when most nocturnal animals are active. (Waktu malam adalah saat sebagian besar hewan nokturnal aktif.)
  11. I prefer to drive during the night to avoid traffic. (Saya lebih suka mengemudi pada malam hari untuk menghindari kemacetan.)
  12. They went for a romantic walk along the beach at night. (Mereka pergi berjalan romantis di sepanjang pantai pada malam hari.)
  13. The night is still young; let's continue the party! (Malam ini masih muda; mari kita lanjutkan pesta!)
  14. The night air was cool and refreshing. (Udara malam itu sejuk dan menyegarkan.)
  15. The night brought with it a sense of mystery. (Malam membawa dengan itu perasaan misteri.)
  16. She stayed up all night studying for her exam. (Dia begadang semalaman belajar untuk ujiannya.)
  17. The concert lasted late into the night. (Konser tersebut berlangsung hingga larut malam.)
  18. They had a candlelit dinner under the stars at night. (Mereka makan malam dengan cahaya lilin di bawah bintang-bintang pada malam hari.)
  19. The night can be a time for introspection and self-reflection. (Malam dapat menjadi waktu untuk introspeksi dan refleksi diri.)
  20. The night was pitch-black, and they had to use flashlights. (Malam itu sangat gelap, dan mereka harus menggunakan senter.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.