Sukses

In Artinya di Dalam, Ketahui Makna dan Contoh Kalimatnya pada Bahasa Inggris

Kata in artinya di dalam atau pada.

Liputan6.com, Jakarta In artinya adalah salah satu kosa kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kalimat percakapan. in merupakan salah satu jenis kata depan atau preposisi. Preposisi adalah salah satu jenis kata dalam bahasa yang digunakan untuk menghubungkan frasa, kata, atau klausa dalam suatu kalimat.

Dalam bahasa Inggris, preporsisi sangatlah penting dalam sebuah kalimat ataupun paragraf. Preporsisi untuk menggambarkan hubungan antara objek atau kata benda atau pronoun dengan elemen-elemen lain dalam kalimat.

Dalam Kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, kata in artinya adalah di dalam. Kata in ini hanya sebagai kata penghubung dalam kalimat agar menjadi kalimat yang padu. Selain itu, kata in artinya di dalam ini sebenarnya memiliki makna yang banyak.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti kata in dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

In Artinya

Dalam kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, kata in artinya di dalam atau pada. Namun, secara spesifik kata in dalam bahasa Inggris memiliki makna yang banyak tergantung pada konteks yang meliputi suatu kalimat.

Kata in ini termasuk dalam preposisi. Preposisi adalah salah satu jenis kata dalam bahasa yang digunakan untuk menghubungkan frasa, kata, atau klausa dalam suatu kalimat. Preporsisi untuk menggambarkan hubungan antara objek atau kata benda atau pronoun dengan elemen-elemen lain dalam kalimat.

Sebagai preposisi, kata in artinya "di" "pada" atau "dalam" dapat digunakan sebagai penanda tempat atau waktu. Sesuai dengan namanya, preposisi penanda tempat muncul sebagai kata depan dari penyebutan suatu tempat atau lokasi. 

Secara umum, sebagai preposisi penanda tempat kata in bisa digunakan untuk beberapa kondisi atau konteks. Berikut adalah beberapa kondisi tersebut:

  1. In dipakai untuk menunjukkan tempat yang bersifat umum. Misalnya: in the city hall (di alun-alun), in the garden (di kebun).
  2. Arti in dipakai untuk menunjukkan tempat yang ada di dalam suatu gedung atau bisa juga tempat-tempat di dalam suatu kompleks. Misalnya: in the restaurant (di restoran), in the book store (di toko buku), in the class (di kelas).
  3. In digunakan untuk menunjukkan nama desa, kota, atau negara secara spesifik. Misalnya in Magelang (di Magelang), in Indonesia (di Indonesia), in India (di India).

Sedangkan arti in sebagai penanda waktu maknanya kata in bisa dipakai sebagai kata depan dari penyebutan waktu berupa waktu secara umum, bulan, cuaca, dan tahun. Sebagai contoh perhatikan uraian berikut ini.

  1. Contoh "in" sebagai preposisi penanda umum: in the morning (di pagi hari)
  2. Contoh "in" sebagai preposisi penanda bulan: in June (pada Juni), in October (pada Oktober), in January (pada Januari).
  3. Contoh "in" sebagai preposisi penanda cuaca: in winter (di musim dingin), in summer (di musim panas).
  4. Contoh "in" sebagai preposisi penanda tahun: in 2020, in 2002, in 1993.
3 dari 4 halaman

Perbedaan In dan On

Bagi pemula penting untuk mengetahui perbedaan antara in dan on. Kedua kata tersebut sering kali salah penyebutan atau bahkan tertukar makna. Meski begitu keduanya termasuk sebagai preposisi dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, in artinya di dalam sedangkan on artinya di atas. Selain dari arti, perbedaan in dan on juga dapat dilihat dari penggunaannya. Jika in digunakan sebagai preporsisi penanda tempat dan waktu, sementara on digunakan sebagai alamat. on menunjukkan lokasi yang sedikit lebih spesifik dari in.

Dengan kata lain, On digunakan untuk lokasi atau alamat yang tidak terlalu general namun juga tidak terlalu rinci. Sedangkan, arti In adalah di dalam. Tetapi dalam konteks preposisi place, In digunakan untuk menunjukkan tempat yang general, luas, dan tidak spesifik. 

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Penggunaan Kata In

Setelah memahami arti in dan penggunaannya, berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat yang menggunakan preposisi kata in adalah:

  1. I have a meeting in Bandung. (Saya ada rapat di Bandung.)
  2. Don't come in here with those muddy feet! (Jangan masuk ke sini dengan kaki berlumpur itu!)
  3. Drawn on the wall in crayon (digambar di dinding dengan krayon)
  4. Is Mark still in bed? (Apakah Mark masih di tempat tidur?)
  5. I got stuck in a traffic jam for half an hour. (Saya terjebak kemacetan selama setengah jam.)
  6. They live in a charming old house. (Mereka tinggal di sebuah rumah tua yang menawan.)
  7. I've got a pain in my back. (Aku merasakan sakit di punggungku.)
  8. What's that in your hand? (Apa itu di tanganmu?)
  9. They used to live in Paris, but now they're somewhere in Austria. (Mereka dulu tinggal di Paris, tapi sekarang mereka berada di suatu tempat di Austria.)
  10. The kids were playing in the street. (Anak-anak sedang bermain di jalan.)
  11. I read about it in the paper. (Saya membacanya di koran.)
  12. a country in Africa. (Sebuah negara di Afrika)
  13. It's in that drawer. (Ada di laci itu.)
  14. She was lying in bed. (Dia sedang berbaring di tempat tidur.)
  15. sitting in an armchair. (Duduk di kursi berlengan.)
  16. Leave the key in the lock. (Tinggalkan kuncinya di lubangnya.)
  17. Soak it in cold water. (Rendam dalam air dingin.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.