Sukses

Perusahan Ini Ciptakan Mobil F1 dari Onderdil Traktor, Kecepatannya Bikin Takjub

“Traktor balap” tersebut masih menimbulkan banyak kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta Selain digunakan sebagai alat transportasi, mobil punya sejarah sendiri di dunia balapan. Semakin berkembangnya teknologi, mobil balap termasuk Formula 1 (F1) dibuat secanggih dan secepat mungkin. Perusahaan mobil balap ternama ikut andil mengembangkan mobil F1. Menariknya, ada sebuah perusahaan traktor ikut mencoba membuat mobil balap.

Melansir dari Oddity Central, sebuah mobil balap F1 dibuat oleh perusahaan traktor asal Belarus, Eropa Timur. Menariknya, perusahaan  spesialis mesin pertanian itu meluncurkan mobil Formula 1 yang dibangun dengan bagian-bagian traktor. Traktor balap F1 itu diduga dapat mencapai kecepatan hingga 320 km/jam.

Perpaduan mesin pekerja dan mesin balap ini terbilang nyeleneh. Pasalnya, traktor umumnya memiliki tenaga kuat untuk menopang beban yang berat. Mulai dari mengangkut, menarik, atau mendorong. Sedangkan mobil F1 sudah banyak yang tahu kecepatanya diperlukan untuk mencapai garis finish pertama. 

Meski terlihat unik, mobil F1 dari onderdil traktor ini sukses menyita perhatian pameran mobil di kota Yekaterinburg Russia baru-baru ini. Namun “traktor balap” tersebut masih menimbulkan banyak pertanyaan. Berikut Liputan6.com merangkum teknologi traktor balap asal Belaru, Jumat (21/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpaduan Traktor dan Mobil F1

Kota Yekaterinburg Rusia baru-baru ini menjadi tuan rumah pameran Innoprom di mana lebih dari 150 perusahaan dari Rusia dan Belarus memamerkan mesin pertanian, konstruksi, dan transportasi terbaru mereka. 

Namun, yang paling menonjol bukanlah traktor, mesin penggabung, atau ekskavator, melainkan mobil Formula 1 yang tampak unik yang dikembangkan oleh perusahaan Belarusia Minsk Tractor Plant. Pada pandangan pertama, itu tampak seperti mobil balap yang sedikit tidak biasa.

Namun semakin lebih detail melihatnya, semakin terlihat kesamaan dengan traktor, yang masuk akal. Mengingat, mobil F1 itu diduga terinspirasi oleh silsilah pembuatan traktor perusahaan dan dibangun menggunakan bagian traktor.

Mobil balap yang aneh ini menampilkan roda traktor, lampu depan traktor, dan bahkan knalpot yang berorientasi ke atas. Desain yang tidak biasa inilah yang menarik perhatian orang. Terlebih klaim kecepatannya yang mencapai 320 km/jam dengan bentuknya yang bongsor. 

3 dari 3 halaman

Mobil Balap F1 Masih Diragukan

Selama pameran industri, Perdana Menteri Rusia Mishustin dan mitranya dari Belarusia Golovchenko sangat terkesan. Mereka meminta untuk menumpanginya, tetapi mereka kecewa mengetahui bahwa model yang dipamerkan, seperti banyak kendaraan lain di pameran, hanyalah maket atau model tiruan yang mengkilap.

Tidak jelas apakah mobil Formula 1 yang terinspirasi traktor hanyalah skema pemasaran yang cerdas untuk menarik orang ke stan Pabrik Traktor Minsk di Innoprom. Atau versi yang berfungsi memang benar-benar ada. 

Surat kabar Rusia Komsomolskaya Pravda mengklaim yang pertama benar. Sedangkan beberapa outlet berita lainnya melaporkan bahwa gelaran pameran dan direktur Beliinterexpo dibawahi langsung oleh Natalya Kurash. Pihaknya mengatakan bahwa ada versi kerja dan benar-benar dapat mencapai kecepatan hingga 320 km/jam.

Meski sulit dipercaya bahwa mobil Formula 1 yang dibuat dengan suku cadang traktor dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km per jam, tetapi sekali lagi, traktor tidak selambat dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.