Sukses

Wonosobo Capai Titik Terdingin, Tanaman Kubis Sampai Beku Diselimuti Es Ini Viral

Viral dinginnya Wonosobo sampai membekukan tanaman kubis.

Liputan6.com, Jakarta Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Berlokasi di wilayah dataran tinggi, Wonosobo dikenal sebagai kota sejuk karena cuacanya yang sejuk atau bahkan cenderung dingin.

Belum lama ini viral video dan sebut Wonosobo capai titik terdingin sampai membuat tanaman beku diselimuti es. Wonosobo adalah wilayah dengan keadaan tanah yang sangat subur sehingga banyak sekali tanaman yang dapat tumbuh contohnya adalah sayuran.

Capai titik terdingin, netizen bertanya-tanya berapa suhu di Wonosobo pada saat itu. Pasalnya es yang menyelimuti tanaman tersebut sangat tebal seperti kaca yang berarti suhu di wilayah tersebut sudah capai suhu maksimum.

Ada yang menyebut video tersebut adalah hoaks, namun ada yang percaya bahwa kejadian tersebut benar adanya. Pasalnya tak sedikit orang yang sudah pernah ke Dieng, Wonosobo dan mengakui cuaca di Wonosobo sangat dingin.

Penampakan tanaman yang diselimuti es karena suhu dingin di Wonosobo ini dilansir Liputan6.com dari laman Twitter dan Instagram pada Rabu (28/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanaman Kubis di Wonosobo Diselimuti Es

Melansir dari berbagai sumber, masyarakat menyebut fenomena tersebut sebagai embus upas. Tanaman kubis sampai ditutupi es saking dinginnya, dapat diperkirakan suhu di Wonosobo saat itu capai minus derajat.

"Ketika wonosobo mencapai titik terdingin. Di sana para tanaman terselimuti es, setelah terselimuti es tdk jarang tanaman pada mati /layu krn kedinginan.. masyarakat setempat menyebutnya dgn embun upas," tulis pemilik Instagram @fitauswatunchasanah dalam keterangan unggahannya.

Terlihat dalam video tanaman kubis tersebut diselimuti es dengan sempurna bahkan esnya sampai berbentuk seperti tanaman kubis. Tidak hanya satu tanaman, dapat dipastikan es tersebut menyemuti hampir semua tanaman.

Dalam video lainnya yang diunggah di Twitter @kegblgnunfaedh, rumput juga sampai beku diselimuti es. Bahkan seseorang yang unggah video sempat memegang rumput yang diselimuti es untuk membuktikan bahwa rumput tersebut benar diselimuti es.

Akui bahwa Wonosobo sangat dingin dan percaya jika suhu di daerah tersebut bisa membuat tanaman sampai membeku, salah satu netizen ungkap pernah berada di Wonosobo saat suhunya capai 7 derajat celcius.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video viral tersebut diunggah di beberapa akun mulai dari Twitter sampai Instagram. Ada netizen yang percaya, namun ada juga beberapa yang tidak percaya kalau suhu di Indonesia bisa sampai membekukan tanaman.

"saya rasa tidak,karena titik suhu terendah didaerah tropis belum bisa membekukan sayur sampai seperti itu , biasanya hanya terjadi di daerah yang punya suhu rendah sampai -15°c dan biasanya hanya dinegara Dengan iklim 4 musim," tulis netizen yang tak percaya di Instagram @fitauswatunchasanah.

"Pertama kali naik gunung ke prau lg dingin begitu langsung kapok naik gunung, dinginnya ga masuk haikal," timpal netizen di Twitter @pendakilawas.

"Gabisa bayangin ini gimana dinginnya 😭 yg cuma embun jadi es aja aku udah gak kuat dingin nya wkwkk😭," imbuh netizen lainnya.

"Ih suhunya berapa itu?😲 Ternyata pernah sedingin ini😲😲." tulis netizen yang kaget di Twitter @kegblgnunfaedh.

"Percaya sih, Tahun lalu kesini emang atissss🥶," tambah netizen yang percaya kalau fenomena tersebut benar adanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.