Sukses

Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerja Sama dalam Keberagaman? Simak Penjelasannya

Ada berbagai cara untuk kita agar dapat bekerja sama dalam keberagaman yang ada di lingkungan sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman? Indonesia memiliki banyak perbedaan suku, budaya dan agama. Meski begitu, masyarakatnya tetap rukun dan saling menghargai satu sama lain.

Keberagaman tersebut sering terlihat ketika bekerja sama membersihkan lingkungan dan keamanan tanpa memandang suku, ras, dan agama. Namun, ada sebagian orang yang mungkin masih bingung bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman.

Padahal masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan kebiasaannya dalam bekerja sama. Contoh kerja sama tersebut meliputi gotong royong, kerja bakti, ronda, dan masih banyak yang lainnya. Namun bagi anda yang tidak terbiasa, anda bisa mengetahui bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman agar dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan di sekitar.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerja Sama dalam Keberagaman

Berikut ini ada beberapa cara bekerja sama dalam keberagaman adalah:

1. Tumbuhkan Sikap Toleransi

Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman yang pertama adalah dengan menumbuhkan sikap toleransi. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia itu merupakan negara yang banyak memiliki perbedaan, mulai dari suku, budaya, dan agama. Untuk itu, anda perlu menumbuhkan sikap toleransi dalam diri.

Cara menumbuhkan sikap toleransi tersebut dimulai dengan menghargai segala perbedaan yang ada di masyarakat, menghindari percakapan yang berkaitan dengan stereotip tertentu, hingga menanamkan pada diri sendiri mengenai pentingnya kesetaraan dan persamaan hak.

2. Sikap Tenggang Rasa

Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman yang berikutnya adalah menumbuhkan sikap tenggang rasa. tenggang rasa adalah sikap hidup dalam ucapan, perbuatan yang menghargai dan menghormati orang lain. Sikap tenggang rasa harus menjadi suatu kebiasaan bagi kesadaran pribadi diri seseorang agar dalam berinteraksi sosial dengan orang lain tidak timbul perselisihan.

Salah satu cara untuk mencerminkan sikap tenggang rasa adalah dengan bergaul dengan orang yang berasal dari berbagai macam latar belakang agama dan budaya yang berbeda. Dengan begitu, secara tidak langsung akan meningkatkan dan menumbuhkan sikap tenggang rasa dalam diri anda.

3. Saling Menghormati dalam Keberagaman

Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman yang berikutnya adalah saling menghormati dalam keberagaman. Dengan menghormati perbedaan, maka hubungan kita dengan manusia lain juga akan semakin membaik. Sikap toleran yang kita punya juga akan mempererat hubungan dengan sesama sehingga perbedaan tidak lagi menjadi sumber perselisihan. Semua perbedaan bisa didiskusikan dengan baik nantinya.

Apabila sikap saling menghormati ini sudah tumbuh dalam diri seseorang, maka ia akan menganggap keberadaan orang lain sebagai bagian dari lingkungan, sama seperti dirinya, tidak saling bermusuhan atau merugikan antara sesama manusia lain.

3 dari 4 halaman

Mengenal Kerjasama dalam Keberagaman

Kerja sama merupakan kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Kerjasama memiliki banyak manfaat, yaitu meringankan pekerjaan, membuat pekerjaan menjadi cepat selesai, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta memupuk rasa tolong menolong.

Kerjasama dapat dilakukan di mana saja, contohnya dilingkungan masyarakat. Salah satu bentuk kerjasama dalam keragaman di lingkungan masyarakat adalah kerjasama membersihkan selokan. Ketika membersihkan selokan, kita melakukan kerjasama dengan kompak dan penuh semangat.

4 dari 4 halaman

Bentuk Kerjasama di Lingkungan Masyarakat

Berikut ini ada beberapa bentuk kerjasama dalam keberagaman di lingkungan rumah, yakni:

1. Kerja Bakti

Pengertian kerja bakti adalah kegiatan mengerjakan suatu hal secara bersama-sama oleh beberapa orang, dengan tujuan yang sama. Umumnya, masyarakat Indonesia melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan atau mengerjakan suatu hal yang berkaitan dengan tradisi. Tujuan mengadakan kerja bakti di lingkungan masyarakat adalah untuk menciptakan kerukunan, kebersamaan, dan gotong royong antar warga.

2. Gotong Royong 

Gotong royong adalah  kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan menolong secara sukarela. Melalui kegiatan gotong royong masyarakat bisa bersatu dalam sebuah kesatuan. Sedangkan secara umum, gotong royong adalah wujud kerja sama atau tolong menolong tanpa pamrih. Umumnya gotong royong dilakukan untuk bisa mencapai tujuan bersama dengan maksimal. Sementara itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, gotong royong adalah bekerja bersama-sama, seperti tolong-menolong, batu-membantu.

Dalam buku yang berjudul Gotong Royong (2020) oleh Widayati, apa yang dimaksud dengan gotong royong memiliki tujuan mencapai kepentingan bersama dan bisa meningkatkan rasa solidaritas. Contoh kegiatan gotong royong adalah dilakukan masyarakat ketika membersihkan lingkungan desa, membangun rumah, hingga membantu acara hajatan antar tetangga.

3. Ronda

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian ronda adalah berjalan berkeliling untuk menjaga keamanan. Secara sederhana, ronda adalah berpatroli menjaga keamanan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Ronda telah umum dilakukan oleh setiap warga di suatu daerah di Indonesia. Adapun tujuan dari berlangsungnya kegiatan ronda tidak lain untuk menjaga keamanan di daerah-daerah. Selain itu, ronda malam juga dilakukan untuk meghimpun dana sosial dari warga. Ronda juga dapat menjadi sarana para warga untuk berkumpul.

4. Persiapan Hari Kemerdekaan

Biasanya menjelang Kemerdekaan Indonesia, masyarakat di beberapa daerah akan menyambutnya dengan gotong royong membersihkan lingkungan hingga menyiapkan lomba untuk pelaksanaan 17 Agustus yang diadakan di kampung-kampung. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia ketika Hari Kemerdekaan telah tiba. Kegiatan mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung menjadi sarana untuk mempererat tali kesatuan antar warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.