Sukses

Viral Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya Lakukan Study Banding ke Jepang, Curi Perhatian

Bukan study tour, siswa SD Muhammadiyah 4 ini melakukan studi banding ke Osaka, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Masa sekolah memang meninggalkan kenangan tersendiri. Mulai dari pelajarannya, momen saat berkumpul dengan teman-teman hingga pelaksanaan study tour.

Kegiatan study tour sepertinya juga menjadi salah satu agenda yang rutin dilakukan oleh suatu sekolah. Berbagai pilihan untuk study tour juga kerap ditawarkan. Yogyakarta, Jakarta hingga Bali menjadi kota yang kerap dipilih untuk melakukan study tour.

Namun bukan hanya di Indonesia saja, akan tetapi study tour juga dilakukan ke luar negeri. Seperti video yang baru-baru ini viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @hendra_adityaa pada Sabtu (10/6/2023) yang memperlihatkan sekelompok siswa tengah melakukan study tour di Jepang.

Dalam video tersebut disebutkan pula jika rombongan siswa tersebut berasal dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Video ini pun langsung viral di media sosial dan mencuri perhatian banyak netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diklaim bukan study tour

Video berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan rombongan siswa tengah melakukan study tour di Osaka, Jepang. Bahkan, rombongan pada jaket yang dipakai terlihat keterangan jika para siswa tersebut berasal dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Dalam keterangan video, sang pengunggah juga menyebutkan telah berbincang dengan kepala sekolah dari para siswa tersebut. Ia mengungkapkan jika para siswa bukan tengah melakukan study tour melainkan study banding.

"Aslinya mereka lagi study banding ke osaka jepang. Dari Sd muhammadiyah 4 surabaya. Tadi sempet ngobrol sama pak kepala sekolah nya" tulisnya.

Bahkan, sai dikonfirmasi, Edy Susanto selaku kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya menyebutkan jika study exchange ke Jepang merupakan salah satu program sekolah. Biaya untuk melakukan study banding ini pun ditanggung oleh para orang tua atau wali siswa. Setiap siswa pun diperkirakan harus merogoh kocek sebanyak Rp 38 juta untuk berangkat ke Jepang.

"Keberangkatan 12 siswa sebagai duta Mudipat sekaligus duta Indonesia untuk menyerap ilmu dan pengetahuan teknologi di Jepang," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

@hendra_adityaa

Aslinya mereka lagi study banding ke osaka jepang. Dari Sd muhammadiyah 4 surabaya. Tadi sempet ngobrol sama pak kepala sekolah nya😅 #fyp #jepang #osaka

♬ Japanizu Goburin Oneesan by Nayla - Naylaちゃん

Video yang telah ditonton sebanyak 7 juta ini pun viral di berbagai media sosial. Meski telah menyebutkan jika video tersebut merupakan para siswa yang tengah melakukan study banding, tak sedikit netizen yang masih merasa heran.

"gw mikirnya brp bnyk tuh ngurus pasport nya," ujar akun @ryuzaki1002.

"aku muhammadiyah cuma ke pangandaran," tulis akun @megaptryl.

"Sekolah deket kampusku ini . Jajannya pada pake kartu semua kalo di indomart . Keknya bocil”nya pada gamau beli abang abang deh," tulis @Cottonpelet

"Ngewri , aku dulu paling jauh Bali cah," tulis akun @sinsanss.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.