Sukses

Server adalah Penyedia Layanan pada Komputer, Ketahui Jenis dan Fungsinya

Server adalah istilah yang sering digunakan pada komputer.

Liputan6.com, Jakarta Server adalah istilah yang sering digunakan pada komputer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, server adalah komputer dalam jejaring yang berfungsi sebagai penyedia layanan ke komputer lain. Istilah komputer server sering kali disandingkan dengan komputer klien, sebagai penerima layanan dari server.

Komputer server adalah sebuah komputer yang menyediakan berbagai macam data, dokumen dan hal lainnya yang dibutuhkan komputer klien. Komputer klien membutuhkan komputer server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data yang terdapat pada server.

Komputer server merupakan tempat yang berisi berbagai data informasi, dan memiliki tugas utama untuk memberikan layanan bagi para klien yang terhubung dengannya. Fungsi server pada komputer juga berbeda-beda tergantung pada jenisnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021) tentang server adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Server adalah

Server adalah suatu sistem komputer yang menyimpan berbagai jenis data. Layanan khusus pada komputer server ini akan menyimpan berbagai jenis dokumen dan menyediakan informasi untuk pengguna. Server adalah komputer yang berperan penting dalam menyediakan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data yang tersedia pada server.

Bentuk fisik server adalah jaringan komputer yang berukuran besar. Isi di dalam server adalah komponen pendukung prosesor dan RAM dengan kapasitas yang sangat besar. Kamu perlu mengetahui berbagai jenis dan fungs server ini.

3 dari 5 halaman

Jenis Komputer Server

Proxy server. Proxy server adalah jaringan komputer yang berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server.

Telnet server. Telnet server berfungsi untuk mengatur komputer dengan melakukan log in dan log out pada komputer host.

Virtual server. Virtual server berfungsi membuat sejumlah server fisik seolah-olah seperti menjadi beberapa server.

Web server. Berfungsi menyimpan konten atau file pada website dan berkomunikasi menggunakan HTTP. Web server akan menerima kode dari browser, kemudian mengirimnya kembali dalam bentuk laman web.

FTP server. FTP server berfungsi untuk mengatur transfer data dalam sebuah jaringan. Adapun proses yang dilakukan FTP adalah dengan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfer.

Database Server. Database server adalah kumpulan data yang diperoleh untuk kemudian disimpan di dalam komputer. Adapun penggunaan database dalam komputer ini ditujukan untuk mempermudah pengguna dalam mengolah data. Sederhananya, database terdiri dari kumpulan tabel-tabel yang menyimpan data serta informasi.

4 dari 5 halaman

Jenis Komputer Server Lainnya

Aplikasi server. Aplikasi server berfungsi mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkan dengan database.

DHCP Server. DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) adalah jenis server yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Umumnya, sistem operasi seperti Windows 2000 server, Window Server 2003, dan GNU/linuk menggunakan layanan ini. Adapun fungsi DHCP sendiri yaitu untuk memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada komputer yang meminta.

Mail server. Fungsinya untuk menyimpan berbagai macam surat elektronik. Mail server sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu server surat masuk dan server surat keluar. Server surat masuk terdiri dari IMAP dan POP3. IMAP (Internet Message Access Protocol) akan menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server. Sementara itu, POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik untuk menyimpan pesan dikirim dan diterima PC Local Hard Drive.

News server. News server mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

File Server. Server ini merupakan jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk yang berisi gambar, musik, video, dokumen, dan lainnya. File server dirancang untuk pengguna memungkinkan dalam penyimpanan dan pengambilan data dengan perhitungan melalui workstation.

5 dari 5 halaman

Fungsi Server pada Komputer

Server pada komputer memiliki manfaat yang berbeda-beda pada masing-masing jenisnya. Namun, server memiliki fungsi umum yang biasanya dimiliki komputer server. Fungsi server adalah sebagai berikut:

- Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien

Komputer klien yang sudah terhubung dengan komputer server dapat mengakses data yang ada di komputer server sesuai izin dari komputer server. Mungkin tidak semua data bisa diakses komputer klien, karena untuk mengakses data ini juga perlu persetujuan dari komputer server.

- Pusat jaringan komputer

Komputer server berfungsi sebagai pusat sebuah jaringan komputer, yang mana komputer server yang sudah terhubung dengan komputer klien mampu mengirimkan dan menerima sebuah data yang dibutuhkan.

- Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data

Komputer server juga menjadi perangkat yang bertanggungjawab untuk mengatur lalu lintas jaringan. Fungsi ini memudahkan komputer klien untuk tetap terhubung ke internet lewat proxy server.

- Menjadi pusat data dan file dalam satu database

Fungsi server pada komputer juga akan menjadi sebuah pusat penyimpanan data base berupa file, dokumen, foto, vodeo, audio, hingga aplikasi, yang bisa diakses oleh komputer klien yang sudah terhubung.

- Mengatur hak akses jaringan komputer

Komputer server juga mengatur dan memberikan hak akses kepada komputer klien yang terhubung. Server bisa memutuskan akses, memberikan akses, membatasi akses, hingga menambah akses komputer klien untuk mengambil data yang disimpan di data base komputer server.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini