Sukses

28 Macam-Macam Kertas dan Fungsinya, Perhatikan Ukuran, Tekstur, dan Harganya

Pahami macam-macam kertas dan fungsinya sebelum membeli, sesuaikan dengan kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam kertas ada banyak sekali dan mempunyai fungsi berbeda-beda. Kertas adalah bentuk lembaran kering yang berasal dari serat tanaman. Jenis kertas yang paling populer adalah kertas percetakan.

Kertas percetakan cukup mendominasi pasar karena kegunaannya di kehidupan sehari-hari sangat penting. Fungsi macam-macam kertas percetakan yang paling utama adalah media tulis, seni, edukasi, dan informasi. Wujud nyata kertas adalah buku, majalah, koran, undangan, kartu nama, dan lain sebagainya. 

Lebih kurang ada dua puluh delapan macam-macam kertas yang perlu diketahui. Dari setiap jenis kertas ini, ukuran, tekstur, dan harganya berbeda-beda. Ada baiknya untuk memahami secara detail sebelum membeli agar tidak salah.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam kertas dan fungsinya dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Standar Internasional

Seri A

Seri A biasa digunakan untuk cetakan umum dan perkantoran serta penerbitan. Macam-macam kertas ukuran ini merupakan ukuran kertas internasional, ISO 216, berdasarkan standar Jerman DIN 476 standar.

Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi A1 adalah macam-macam kertas setengah dari A0 dan demikian seterusnya. Ukuran yang paling banyak digunakan adalah A4.

Seri B

Seri B besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran seri A, biasa digunakan untuk poster dan lukisan dinding. Ukuran macam-macam kertas kertas seri B kurang umum daripada seri A. Luas lembar seri B adalah rata-rata geometrik dari lembar seri A yang berurutan.

Meskipun kurang umum digunakan di kantor, macam-macam kertas Seri B digunakan untuk berbagai aplikasi khusus. Banyak poster menggunakan kertas seri-B atau perkiraan dekat, seperti 50 cm x 70 cm. B5 adalah pilihan yang relatif umum untuk buku.

Seri C

Seri C biasa digunakan untuk map, kartu pos dan amplop. Seri C didefinisikan dalam ISO 269, dan biasanya digunakan untuk amplop. Luas lembaran macam-macam kertas seri C adalah rata-rata geometris dari luas lembaran seri A dan B dengan nomor yang sama.

Misalnya, luas lembaran C4 adalah rata-rata geometrik dari luas lembaran A4 dan lembaran B4. Ini berarti bahwa C4 sedikit lebih besar dari A4, dan sedikit lebih kecil dari B4. Penggunaan praktis ini adalah bahwa surat yang ditulis pada kertas A4 pas di dalam amplop C4, dan kertas A4 dan C4 cocok di dalam amplop B4.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Percetakan

HVS

Jenis kertas HVS menjadi yang paling umum digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat, baik digunakan untuk kegiatan printing, fotokopi, membuat selebaran, dan lain sebagainya.

Biasanya macam-macam kertas ini tersedia di perkantoran. Ciri dari macam-macam kertas ini sudah pasti berwarna putih bersoh dan permukaannya kesat sedikit kasar. Jenis kertas ini di pasaran memiliki berat sebesar 80gsm hingga 100gsm.

Art Paper

Jenis kertas ini memiliki warna putih dan terlihat berkilau. Permukaannya halus dan licin. Sayangnya, macam-macam kertas ini tidak cocok untuk digunakan menulis. Malahan, macam-macam kertas ini banyak digunakan untuk flyer, katalog, serta voucher.

Art Carton

Jenis kertas ini serupa dengan art paper, akan tetapi macam-macam kertas ini lebih tebal. Bahkan karena ketebalannya, kertas ini cocok digunakan sebagai sampul majalah, katalog, dan buku-buku berkualitas tinggi.

Buram

Kertas ini sebenarnya merupakan jenis kertas daur ulang. Dari segi warna lebih redup dibandingkan macam-macam kertas HVS. Biasanya kertas ini memang tujuannya hanya digunakan sementara.

Anda bisa menemukan macam-macam kertas ini di surat kabar dan beberapa buku dengan harga murah. Selain itu, kertas buram biasa digunakan sebaga kertas untuk corat-coret perhitungan matematikan ketika sekolah.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Percetakan

Linen Jepang

Linen Jepang merupakan macam-macam kertas yang terlihat lebih redup dan memiliki permukaan kasar. Biasanya jenis kertas ini digunakan sebagai kertas untuk sertifikat dan kertas penting lainnya.

BW Carton

Kertas ini terlihat hampir sama dengan matt paper, akan tetapi macam-macam kertas ini berbeda dari ketebalannya. Kertas BW Carton biasa digunakan untuk kalender, kartu nama, poster.

Fancy

Kertas ini dapat dikatakan sebagai macam-macam kertas dengan harga yang cukup mahal. Kertas ini bisa digunakan sebagai kartu nama dan undangan yang membutuhkan nuansa mewah dan kualitas premium.

Concorde

Pada jenis kertas ini tekstur serat garisnya sedikit timbul tapi terlihat tidak beraturan. Biasanya, macam-macam kertas ini cocok jika dijadikan media melukis dengan pensil. Sebab kertas ini akan membantu memunculkan kesan artistik dari lukisan.

Doorslag

Jenis kertas ini sangat tipis dan cenderung sangat terlihat transparan. Macam-macam kertas doorslag umumnya digunakan sebagai nota, karena bisa dilapisi karbon agar tulisan dapat tembus ke bawahnya. Namun, macam-macam kertas ini sudah mulai ditinggalkan dan terganti dengan kertas NCR.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Undangan

Conrode

Macam-macam kertas undangan pertama adalah kertas conrode. Kertas conrode mempunyai ciri khas berupa serat garis yang tidak beraturan pada permukaan kertasnya.

Umumnya macam-macam kertas ini digunakan kop surat atau amplop (connrode jenis tipis) dan untuk kartu nama atau sertifikat (conrode jenis tebal). Serat garis yang terdapat pada permukaan kertasnya mampu memberikan kesan elegan dan menarik.

Jasmine

Jenis kertas yang satu ini memang paling umum dan sering digunakan untuk keperluan undangan. Macam-macam kertas ini memiliki ciri khas gliter berwarna pada permukaannya sehingga dapat memberikan kesan yang lebih mewah.

Meskipun begitu, macam-macam kertas ini mempunyai harga yang terbilang murah, sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri untuk mendapatkan undangan yang terlihat eksklusif namun harganya masih terjangkau.

Samson Kraft

Jenis kertas yang satu ini merupakan hasil daur ulang yang masih dapat dimanfaatkan dengan baik. Kertas Samson kraft biasanya mempunyai warna cokelat kusam dengan tekstur yang kasar. Tekstur kasar macam-macam kertas ini terasa seperti butiran pasir ketika diusap. Warnanya yang cokelat kusam dapat memberikan kesan klasik dan menarik.

Linen

Jenis kertas yang satu ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, foto, maupun sertifikat. Namun, kertas jenis linen ini cocok digunakan untuk undangan pernikahan. Macam-macam kertas linen mempunyai tekstur yang kasar, di mana permukaannya terdapat garis-garis halus yang timbul.

Aster

Kertas aster merupakan jenis kertas yang mahal. Sebanding dengan harganya yang tidak murah, kualitas kertas ini memang sangat baik dan cocok digunakan untuk undangan pernikahan.

Macam-macam kertas aster ini mempunyai tekstur permukaan yang halus dan terlihat eksklusif. Bagi Anda yang menginginkan konsep undangan berkelas, jenis kertas aster ini bisa menjadi pilihan.

Akasia

Jenis kertas yang satu ini mempunyai tekstur mirip dengan kain, yaitu berupa garis-garis halus seperti membentuk kain tenun. Biasanya macam-macam kertas ini digunakan untuk mencetak sertifikat, piagam, hingga foto. Namun dengan ciri khasnya yang menarik, kertas akasia ini juga sangat pas digunakan untuk mencetak undangan pernikahan yang terlihat elegan.

Art Paper

Jenis kertas ini mempunyai tekstur permukaan yang halus dengan efek mengkilap atau glossy. Biasanya macam-macam kertas ini digunakan untuk membuat cetakan kalender gantung. Namun jika digunakan untuk undangan pernikahan akan berbeda.

Di mana kertas art paper ini akan dijadikan lapisan luar atau hard cover maupun lapisan isi untuk tulisan undangan. Hasil undangan pun akan terlihat semakin mewah dengan tambahan laminasi doff, glossy, atau UV.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Percetakan

Buffalo

Tekstur dari macam-macam kertas ini sekilas mirip guratan kayu dan permukaannya cukup kasar. Jenis kertas ini sangat banyak menyediakan pilihan warna.

Kertas ini sangat populer digunakan sebagai sampul jilid buku, map, serta berbagai bahan yang akan dijadikan kerajinan dari kertas.

NCR

NCR memiliki fisik yang serupa dengan HVS, akan tetapi pilihan warnanya lebih lama. Macam-macam kertas ini biasa digunakan untuk kertas buku nota, bukti transaksi, atau kwitansi.

Asturo

Kertas astuor memiliki warna yang berbeda di kedua sisinya. Biasanya macam-macam kertas ini satu sisinya berwarna putih. Lalu, pada sisi satunya warnanya akan beragam. Jenis kertas asturo biasa digunakan sebagai jilid buku, bahan untuk membuat mading, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Yellow Board

Jenis kertas ini sangat baik digunakan sebagai hardcover jilid buku dan undangan pernikahan. Biasanya macam-macam kertas ini tidak dicetak, namun dipercantik degan cara dilapisi kertas lain yang sudah dicetak, misalnya dilapisi dengan art paper dan matt paper.

Matt Paper

Permukaan pada jenis kertas matt paper tidak berkilau dan terlihat redup. Kertas ini sangat baik untuk menyerap tinta. Biasanya, majalah-majalah menggunakan macam-macam kertas ini sebagai bagian isi dari majalah tersebut.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Kertas Lainnya

Ivory

Ciri kertas ini yaitu dengan kedua sisi yang berbeda warna, tidak seperti kertas lainnya. Pada macam-macam kertas ivory, satu sisi permukaannya memiliki tampilan mengkilap dan sisi lain lebih redup. Jenis kertas ivory biasanya digunakan sebagai paper bag, atau tas souvenir.

Kraft

Jenis kertas kraft memiliki warna coklat dan tampilan permukaan yang kasar serta cukup redup. Biasanya macam-macam kertas ini baik digunakan sebagai paper bag.

Corrugated

Jenis kertas ini memiliki warna cokelat dan bergelombang di bagian tengahnya. Anda bisa menemukan macam-macam kertas ini digunakan menjadi kardus dan semacamnya.

Manila

Secara karakteristik, jenis kertas ini sebenarnya serupa dengan BW carton. Fungsi dari macam-macam kertas manila ini sama saja dengan BW carton. Namun, kertas manila memiliki kelebihan yaitu banyak pilihan warna yang menarik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini