Sukses

9 Tips agar Gorengan Renyah, Mudah Dilakukan

Ada beberapa tips agar gorengan renyah yang bisa dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Gorengan adalah salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Tekstur renyah ketika digigit, memang menambah nikmat rasanya. Apalagi jika gorengan tersebut disajikan dalam kondisi masih panas, tentu semakin membuat nikmat.

Tapi, mungkin beda cerita ketika membuat gorengan sendiri di rumah. Saat mencoba buat gorengan sendiri di rumah, mungkin sering dialami gorengan justru tidak renyah. Nah, mungkin karena belum tahu tips agar gorengan renyah.

Ada beberapa tips agar gorengan renyah yang bisa dicoba. Tenang, tips agar gorengan renyah tidak sulit dipraktikkan. Hal paling penting agar tips agar gorengan renyah ini berhasil, yaitu ada pada proses serta butuh kesabaran. Tentunya hasil yang maksimal tercipta dari proses yang penuh kesabaran.

Supaya tidak bingung lagi, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai tips agar gorengan renyah yang bisa dicoba, Jumat (29/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips agar Gorengan Renyah

1. Perhatikan jenis tepung

Tips agar gorengan renyah yang pertama dimulai dari jenis tepung yang digunakan. Umumnya, tepung yang digunakan adalah tepung terigu. Meski begitu, ada banyak pilihan jenis tepung lain yang bisa jadi lebih tepat digunakan pada gorengan Anda. Seperti, tepung panir yang cocok untuk gorengan chicken katsu dan ebi furai. Sedangkan untuk gorengan lain, bisa campur tepung beras ke dalam tepung terigu agar gorengan renyah lebih lama.

 

2. Campur tepung dengan baking soda

Penggunaan baking soda jadi salah satu tips agar gorengan renyah yang bisa dicoba. Cukup campur baking soda ke adonan tepung kering. Kemudian bumbui dengan garam dan bumbu lainnya. Tapi perlu diperhatikan, ketika akan mencampur adonan, pakai air es atau air suhu normal. Selain itu, jangan aduk adonan terlalu lama karena bisa merusak fungsi baking soda.

 

3. Pastikan adonan bersuhu dingin

Memastikan suhu adonan agar tetap dingin tentu bukan tanpa alasan. Dengan menjaga adonan tetap dingin, salah satunya dengan menuangkan air es atau minimal air dengan suhu ruangan, bisa membuat gorengan semakin renyah.

Ingat, jangan pernah menggunakan air hangat atau panas. Pasalnya, jika nekat menggunakan air hangat atau bahkan panas untuk mencampur adonan tepung, justru bisa membuat hasil gorengan jadi cepat lembek dan kurang menarik.

3 dari 4 halaman

Tips agar Gorengan Renyah

4. Usahakan bahan diiris tipis

Mungkin tips agar gorengan renyah ini jarang disadari, padahal tahap ini bisa memberi pengaruh besar pada hasil dari gorengan yang dibuat. Saat ukuran bahan makanan yang akan diberi tepung memiliki ukuran yang tipis, maka bisa berpengaruh pada kerenyahannya.

Itulah mengapa, jika ingin menggoreng tempe atau tahu, coba untuk mengiris bahan tersebut lebih tipis. Hal ini bisa membuat tekstur dari gorengan yang dibuat semakin renyah.

 

5. Lakukan dua kali penepungan

Mengapa hanya dua kali penepungan? Hal ini untuk mencegah tepung lapisan pertama dan bahan makanan justru basah karena diselimuti tepung yang terlalu tebal. Maka dari itu, cukup lakukan dua kali penepungan saja agar gorengan renyah.

 

6. Langsung digoreng

Selanjutnya, tips agar gorengan renyah yaitu dengan langsung digoreng setelah diberi tepung. Tujuannya tidak lain agar tepung yang telah melapisi bahan makanan tidak menggumpal. Sebab, adanya adonan tepung menggumpal tersebut yang akan membuat gorengan jadi kelewat tebal, jadi lama matangnya, bahkan hal ini yang bisa membuat minyak terserap lebih banyak serta tidak renyah.

4 dari 4 halaman

Tips agar Gorengan Renyah

7. Goreng dengan metode deep-frying

Metode deep-frying mengharuskan jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng dalam jumlah banyak. Metode ini sering digunakan untuk menggoreng kentang di restoran cepat saji. Dengan menggunakan metode ini, bisa dipastikan gorengan yang dibuat jadi semakin renyah dan nikmat.

 

8. Goreng pada suhu minyak ideal

Salah satu tips agar gorengan renyah, yaitu dengan menggoreng di suhu minyak yang ideal. Suhu ideal untuk menggoreng kurang lebih sekitar 170°C. Apabila kondisi minyak terlalu panas hanya akan menyebabkan adonan tepung berisiko cepet gosong, padahal bahan makanan bisa saja belum matang.

Begitu juga dnegan sebaliknya, minyak yang belum panas juga berpotensi membuat hasil dari gorengan menyerap lebih banyak minyak serta terlampau lama matangnya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui suhu sudah cukup ideal? Cukup celupkan sendok atau alat masak dari kayu ke dalam minyak. Apabila terlihat muncul gelembung di sekitar alat kayu tersebut, maka bisa dipastikan jika suhu minyak cukup panas untuk digunakan menggoreng.

 

9. Tiriskan minyak

Jika proses menggoreng sudah selesai maka jangan lupa untuk meniriskannya terlebih dahulu. Pasalnya, jika minyak yang digunakan menggoreng masih banyak, bisa membuat gorengan pada akhirnya cepat lembek dan terlalu berminyak.

Kemudian, agar rasa renyah bisa dirasakan dengan maksimal, ada baiknya untuk langsung disantap selagi hangat. Bukan tanpa sebab, karena paparan udara bisa membuat gorengan jadi cepat lembek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.