Sukses

6 Cara Membersihkan Cincin Emas, Mudah Dilakukan

Beberapa cara membersihkan cincin emas ini ada baiknya dilakukan, agar cincin emas selalu terjaga kilaunya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan cincin emas sebenarnya cukup mudah, namun perlu kehati-hatian. Sebab, beberapa cara membersihkan cincin emas ini menggunakan bahan yang mungkin kurang cocok bagi kulit Anda. Maka dari itu, pastikan sebelum mempraktikkan cara membersihkan cincin emas ini Anda mengetahui apakah memiliki alergi terhadap bahan pembersih tersebut. 

Meski mudah dilakukan namun cara membersihkan cincin emas ini cukup jarang dipandang penting. Sebab beberapa orang merasa jika cincin emas yang sering digunakan tersebut sudah cukup bersih karena adanya aktivitas sehari-hari seperti cuci tangan dan mandi. Padahal, hal tersebut tidaklah benar-benar efektif dalam menjaga kebersihannya, dan bisa saja tampilan cincin emas terlanjur kusam.

Ketika cincin sudah kusam dan timbul bercak-bercak, maka akan mengganggu tempilan cincin emas ketika Anda gunakan. Yang pastinya, membuat tingkat percaya diri Anda bisa saja menurun. Tentu Anda tidak mau bukan? Padahal cara membersihkan cincin emas cukup di rumah saja dan tidak perlu sering-sering ke toko emas untuk menggunakan jasa pembersihan emas yang memang membutuhkan biaya lebih.

Bahan yang diperlukan untuk menunjang cara membersihkan cincin emas ini cukup mudah didapatkan, bahkan beberapa di antaranya merupakan bahan yang sudah biasa Anda gunakan sehari-hari. Sebut saja sabun cuci piring. Tentu barang ini sangat dekat dan bahkan selalu Anda gunakan sehari-hari. Namun apakah Anda pernah berpikir jika sabun cuci piring tersebut mampu membersihkan cincin emas?

Selain dengan sabun cuci piring, ada juga beberapa cara membersihkan cincin emas dengan bahan lainnya yang pasti mudah dan murah untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara membersihkan cincin emas tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara membersihkan cincin emas yang mudah dan efektif untuk Anda coba di rumah, Selasa (23/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sabun Cuci Piring dan Air Hangat

Cara membersihkan cincin emas yang pertama sempat disinggung di awal tadi, bahwa bisa dengan menggunakan sabun cuci piring. Cara ini mungkin yang paling mudah dan sangat mungkin untuk dilakukan. Dilansir dari laman sahabatpegadaian cara membersihkan dengan sabun cuci piring ini bisa dengan menuangkan sedikit sabun cuci piring dan air, aduk merata, dan rendam perhiasan Anda selama 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Bilas dengan air dan keringkan.

Dan, agar semakin baik hasilnya, Anda bisa menggunakan tambahan air hangat sebagai campuran dari sabun cuci piring tersebut. Sebab, membersihkan dengan cara merendam emas dengan air hangat dan sabun dapat membantu melepaskan debu dan kotoran yang hinggap di cincin terutama pada bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.

Ingat, air hangat jangan air panas mendidih, karena membersihkan perhiasan dengan air mendidih bisa merusak perhiasan emas, mulai dari membuat logam memuai, melunturkan lem pada perhiasan, hingga membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bahkan, ada beberapa jenis batu permata yang bisa patah dan terbelah.

3 dari 7 halaman

2. Baking Soda dan Cuka

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan emas. Caranya, cukup dengan menyiapkan satu gelas air hangat, lalu masukkan baking soda. Lalu, rendam cincin emas pada larutan baking soda selama dua menit, lalu angkat, dan keringkan. Ketika proses perendaman dengan baking soda sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa menggunakan cuka beberapa tetes lalu gosokkan ke cincin emas. Tapi, jangan lupa untuk membilasnya dengan air biasa ya.

Yang perlu diperhatikan yaitu, jika cincin emas memiliki mata berupa batu permata atau mutiara. Sebab, menggunakan baking soda dan cuka untuk memolesnya jusrtu akan merusak permukaan batu permata dan mutiara serta akan melonggarkan lem.

4 dari 7 halaman

3. Alkohol

Alkohol sangat efektif dalam menghilangkan bekas lemak yang tertinggal pada cincin emas. Biasanya, lemak ini dapat muncul karena kebiasaan tidak melepasa cincin emas ketika sedang makan menggunakan tangan. Sehingga lemak dari makanan yang dikonsumsi menempel pada cincin. Bahkan, lemak tersebut dapat menempel berhari-hari dan sangat sulit untuk dibersihkan dengan air biasa.

Meski sangat efektif dalam membersihkan emas dengan menggunakan alkohol, namun Anda harus berhati-hati, sebabnya terdapat emas yang terkadang diberi hiasan dengan bahan selain emas, yang mungkin berisiko jika terkena alkohol.

Apabila cincin tersebut memang diyakini terbuat dari bahan emass saja, maka Anda bisa langsung merendamnya dalam larutan alkohol selama dua menit lalu sikat perlahan. Namun, apabila terdapat bahan yang lain pada emas tersebut, seperti batu permata, maka lebih baik Anda gunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol, dan gosok perlahan pada cincin emas.

5 dari 7 halaman

4. Detergen dan Soda

Cara membersihkan cincin emas selanjutnya, Anda bisa menggunakan bahan campuran detergen dan air soda. Dilansir dari sahabatpegadaian.com caranya dengan mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah, lalu aduk rata. Selanjutnya masukkan perhiasan dalam larutan tersebut.

Tunggu sekitar 10-20 menit, lalu angkat dan sikat perlahan dengan sikat yang memiliki bulu lembut hingga tidak ada kotoran yang menempel. Dan yang terakhir, cuci dengan air dan keringkan menggunakan kain lembut.

6 dari 7 halaman

5. Pinset

Jika dengan mempraktikkan beberapa cara membersihkan cincin emas di atas namun masih ditemui kotoran yang membandel, terutama di sela-sela cincin, maka Anda bisa menggunakan bantuan pinset untuk membersihkannya. Cara ini juga sangat efektif untuk digunakan pada jenis cincin yang memiliki motif cukup rumit dan memiliki sela-sela banyak. Dan jika Anda tidak memiliki pinset, maka Anda bisa menggunakan benda kecil dan tajam lainnya, seperti jarum.

7 dari 7 halaman

6. Amonia

Cara membersihkan cincin emas yang terakhir ini mungkin menjadi cara yang memang paling efektif, namun sangat diperlukan kehati-hatian. Sebab, amonia merupakan senyawa kimia yang memiliki aroma sangat tajam. Bahkan saking tajamnya aroma dari amonia ini, ketika terhirup dapat menimbulkan rasa perih pada mata hingga mengeluarkan air mata.

Untuk membersihkan emas dengan amonia caranya dengan mengambil segelas air lalu dicampurkan dengan sedikit cairan amonia. Setelah itu, Anda bisa mencelupkannya dan diamkan selama satu menit. Setelah satu menit, angkat cincin emas dengan menggunakan alat bantu, namun jangan gunakan tangan langsung, lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan cincin emas dengan kain yang lembut.

Meski cara membersihkan cincin emas dengan amonia sangat efektif, namun jangan merendam cincin emas dengan cairan amonia terlalu lama. Sebab, cairan amonia memiliki sifat korosif dan dapat menimbulkan karat pada cincin emas apabila direndam terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini