Sukses

Biogas adalah Energi Terbarukan, Kenali Manfaatnya untuk Lingkungan

Biogas adalah alternatif energi ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Biogas adalah salah satu sumber energi ramah lingkungan. Saat ini banyak orang mulai mengembangkan biogas sebagai alternatif bahan bakar. Di negara-negara maju, biogas digunakan sebagai salah satu sumber penerangan dan listrik.

Biogas adalah alternatif yang digunakan untuk mengurangi konsumsi sumber energi berbasis batu bara yang berpotensi merusak lingkungan. Dalam energi terbarukan, biogas adalah energi yang jauh lebih aman bagi lingkungan. Pembangkit listrik tenaga biogas adalah salah satu proses pembangkitan listrik paling ekologis yang ada saat ini.

Energi yang dihasilkan biogas tidak menimbulkan polusi. Ini menjadikan biogas adalah pilihan tepat untuk mengurangi emisi rumah kaca. Meski belum banyak digunakan secara masif di Indonesia, biogas adalah solusi tepat pengganti energi fosil.

Penggunaan biogas adalah cara yang bagus untuk memerangi pemanasan global. Berikut pengertian tentang biogas, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal biogas

Biogas adalah gas yang mudah terbakar yang dihasilkan dari proses pembusukan bahan-bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerob atau bakteri yang hidup dalam kondisi tanpa oksigen yang ada dalam udara.

Prinsip pembuatan biogas adalah adanya dekomposisi bahan organik secara anaerobik (tertutup dari udara bebas) untuk menghasilkan gas yang sebagian besar berupa gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2).

Ketika bahan organik, seperti sisa makanan dan kotoran hewan, terurai dalam lingkungan anaerobik (lingkungan tanpa oksigen), mereka melepaskan campuran gas, terutama metana dan karbon dioksida.

Biogas berbeda dari gas alam karena merupakan sumber energi terbarukan yang diproduksi secara biologis melalui pencernaan anaerobik. Sementara gas alam berasal dari bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh proses geologi.

Sederhananya, biogas adalah hasil dari proses fermentasi yang memecah bahan organik, mengubah apa yang dulunya limbah menjadi sumber energi yang dapat digunakan untuk memanaskan, mendinginkan, memasak, atau untuk produksi listrik biasa, setelah dibakar.

3 dari 5 halaman

Sumber yang bisa dijadikan biogas

Biogas adalah energi yang dihasilkan dari bahan organik. Bahan organik adalah bahan-bahan yang dapat terurai kembali menjadi tanah. Menurut Pusat Kajian Pembangunan Peternakan Nasional Fakultas Peternakan UGM dalam bukunya Instalasi Biogas, bahan-bahan yang bisa dijadikan biogas adalah:

Limbah rumah tangga

Limbah rumah tangga yang bisa dijadikan bahan biogas adalah limbah organik. Limbah yang dipakai misalnya limbah kulit buah, kertas, sekam, daun, limbah sisa makanan, dan lain-lain.

Kotoran ternak

Kotoran ternak seperti sapi, kerbau, babi, kambing, dan unggas bisa menjadi bahan biogas.

Kotoran manusia

Kotoran manusia dapat menghasilkan gas bio. Namun sebelum digunakan untuk bahan baku biogas, cukup penting melakukan karakteristik awal beberapa sampel tinja.

Limbah organik

Limbah organik dapat berasal dari sisa tumbuh-tumbuhan, rumput-rumputan, atau sisa proses industri misalnya limbah organik cair yang berupa limbah industri tahu, tempe, industri tapioka, industri gula.

4 dari 5 halaman

Manfaat menggunakan biogas

Biogas memiliki keunggulan dibanding energi fosil. Keunggulan utama biogas adalah sifatnya yang terbarukan dan ramah lingkungan. Berikut manfaat menggunakan biogas:

Ramah lingkungan

Biogas adalah sumber energi yang terbarukan dan juga bersih. Gas yang dihasilkan melalui biodigesti tidak menimbulkan polusi. Ini dapat mengurangi emisi rumah kaca. Tidak ada pembakaran yang terjadi dalam proses pembuatan biogas, yang berarti tidak ada emisi gas rumah kaca ke atmosfer.

Pembangkitan biogas membantu mengurangi ketergantungan pada penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak dan batu bara. Selain itu, bahan baku yang digunakan dalam produksi biogas dapat diperbarui karena pohon dan tanaman akan terus tumbuh. Pupuk kandang, sisa makanan, dan sisa tanaman adalah bahan mentah yang akan selalu tersedia, yang menjadikannya pilihan yang sangat berkelanjutan.

Mengurangi polusi tanah dan air

Tempat pembuangan sampah yang melimpah tidak hanya menyebarkan bau busuk,tetapi juga memungkinkan cairan beracun mengalir ke sumber air bawah tanah. Penggunaan bahan seperti sampah organik dapat mengurangi jumlah sampah di lingkungan. Ini membuat produksi biogas dapat membantu meningkatkan kualitas air dan udara.

Selain itu, proses anaerobik menonaktifkan patogen dan parasit; dengan demikian, ini juga cukup efektif dalam mengurangi kejadian penyakit yang ditularkan melalui air. Hal ini, pada gilirannya, mengarah pada perbaikan lingkungan, sanitasi, dan kebersihan.

5 dari 5 halaman

Manfaat menggunakan biogas

Bantu kurangi limbah

Pembangkitan biogas memulihkan bahan limbah yang akan mencemari tempat pembuangan sampah. Teknologi biogas memungkinkan penggunaan yang efektif dari akumulasi limbah hewan dari produksi makanan dan limbah padat perkotaan dari urbanisasi. Pengubahan sampah organik menjadi biogas mengurangi produksi gas rumah kaca metana, karena pembakaran yang efisien menggantikan metana dengan karbon dioksida.

Hasilkan produk sampingan pupuk organik

Produk sampingan dari proses pembuatan biogas adalah pupuk organik yang diperkaya. Ini merupakan suplemen yang sempurna untuk, atau pengganti, pupuk kimia. Pembuangan pupuk dari digester dapat mempercepat pertumbuhan dan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Ekonomis

Teknologi yang digunakan untuk menghasilkan biogas cukup murah. Biogas disiapkan dan membutuhkan sedikit investasi saat dalam skala kecil. Biodigester kecil dapat digunakan langsung di rumah dengan memanfaatkan limbah dapur dan kotoran hewan. Gas yang dimanifestasikan dapat digunakan langsung untuk memasak dan pembangkit listrik. Hal inilah yang memungkinkan biaya produksi biogas menjadi relatif rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini