Sukses

6 Penyebab Indikator Airbag Menyala, Jangan Perbaiki Sendiri

Simak berbagai penyebab indikator airbag menyala berikut ini, tapi ingat jangan diperbaiki sendiri agar tidak malfungsi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab indikator airbag menyala bisa dikarenakan berbagai gangguan teknis. Mungkin nyalanya indikator airbag cukup jarang terjadi. Pasalnya, lampu indikator yang paling sering menyala ada pada indikator sabuk pengaman. Indikator sabuk pengaman akan nyala dan mengingatkan pengendara mobil maupun penumpang yang belum mengenakan sabuk pengaman dengan benar.

Namun, ketika lampu indikator airbag yang menyala, sebenarnya perlu diwaspadai. Mengingat airbag memang hanya digunakan dalam keadaan darurat saja yaitu saat terjadinya kecelakaan parah dalam kecepatan tinggi. Jika sistem airbag mengalami eror, tentu akan mengurangi jaminan selamat ketika berkendara. Itulah mengapa, sangat penting untuk tahu apa saja penyebab indikator airbag menyala.

Lampu indikator yang menyala, sebenarnya mewakili SRS (Supplemental Restraint System) yang merupakan sistem pengamanan tambahan. SRS umum digunakan untuk menyebut sebuah perangkat keselamatan pada mobil seperti airbag dan sabuk pengaman.

Agar dapat segera dilakukan pengecekan lebih lanjut ke bengkel, maka perlu untuk diketahui apa saja penyebab indikator airbag menyala tersebut. Berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Sabtu (12/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Masalah pada Sistem Keamanan Mobil

Penyebab indikator airbag menyala bisa dikarenakan ada gangguan pada sistem kemanan mobil. Walau kasusnya tidak banyak, tapi penting untuk diperhatikan karena masih terdapat peluang terjadi kapan saja dan di mana saja.

Seperti yang sempat disinggung pada awal artikel, jika lampu indikator airbag yang menyala, merupakan wakil dari Supplemental Restraint System (SRS) yang merupakan sistem pengaman tambahan pada kendaraan.

3 dari 7 halaman

2. Gangguan pada Saklar Sabuk Pengaman

Kemudian, penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba bisa berasal dari sistem sabuk pengaman. Tepatnya pada saklar sabuk pengaman yang mungkin saja mengalami gangguan. Padahal, fungsi dari saklar sabuk pengaman ini untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman sudah terpasang atau belum. Apabila saklar sabuk pengaman terganggu, bukan tidak mungkin jadi penyebab indikator airbag menyala.

Penyebab dari gangguan pada saklar sabuk pengaman ini bisa berupa benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman. Maka, jika diketahui indikator dari airbag menyala, coba perhatikan di bagian sabuk pengaman. Pastikan ada atau tidak kotoran maupun benda asing lainnya yang mengganjal.

4 dari 7 halaman

3. Clock Spring Bermasalah

Penyebab indikator airbag menyala selanjutnya bisa dikarenakan clock spring bermasalah. Tapi, apa sebenarnya clock spring yang dimaksud? Clock spring adalah komponen menghubungkan antara driver module dengan unit pengaturan airbag. Di mana driver module ada pada bagian kemudi mobil. Letaknya tepat dipasang pada bagian belakang roda kemudi mobil.

Itulah mengapa, jika kabel clock spring terjadi gangguan bisa menimbulkan masalah. Pasalnya, terjadinya hal tersebut bisa dikarenakan saat pembongkaran dan pemasangan yang kurang tepat. Mau tidak mau, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembongkaran kembali serta memasang kabel ini dengan benar seperti sediakala.

5 dari 7 halaman

4. Kode Komputer Bermasalah

Kemudian, penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba bisa dikarenakan sistem keamanan mobil itu sendiri. Pasalnya, zaman sekarang mobil tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, namun juga beragam sistem komputer yang terdiri dari kode-kode rumit.

Begitu juga dengan sistem SRS, di mana turut disusun dari kode-kode rumit komputer tersebut. Apabila lampu air bag menyala, bisa jadi ada kode komputer yang tidak sesuai, eror, atau bahkan tidak berfungsi.

Maka akan lebih bijak jika langsung membawa mobl ke bengkel terdekat. Tujuannya untuk dilakukan deteksi dengan alat khusus.

6 dari 7 halaman

5. Riwayat Kecelakaan

Penyebab indikator airbag menyala yang terakhir, bisa dikarenakan riwayat kecelakaan yang terjadi. Meski tidak sampai merusak keseluruhan bagian mobil, namun kecelakaan dalam kecepatan tertentu bisa berpeluang menyebabkan indikator airbag menyala.

7 dari 7 halaman

Apa yang Perlu Dilakukan?

Jika memang dirasa ada salah satu penyebab indikator airbag menyala seperti di atas, maka ada baiknya untuk langsung hubungi mekanik bengkel resmi agar dibantu memperbaiki. Jika memang dalam perjalan, ada baiknya untuk kemudikan mobil hati-hati. Baru kemudian arahkan mobil menuju bengkel resmi terdekat.

Mengapa harus ke bengkel? Sebab, penanganan fitur keselamatan ini tidak bisa main-main dan sembarangan. Dibutuhkan sebuah alat khusus guna mendeteksi kerusakan dari sistem keamanan ini. Para mekanik bengkel resmi umumnya sudah dilatih untuk menggunakan alat pendeteksi kerusakan tersebut.

Selain itu, penyebab indikator airbag menyala bisa juga karena sekring putus, penggantian aki yang tidak tepat, modifikasi, penggantian kemudi atau kursi, atau mungkin juga karena tegangan listrik pada mobil terlalu rendah. Segala hal tersebut bisa terdeteksi lewat alat yang ada dibengkel tersebut.

Yang penting dan perlu digaris bawahi, jangan mencoba perbaiki masalah yang berhubungan dengan airbag sendiri di rumah. Sebab sistem kelistrikan pada mobil dengan sistem airbag tidak mudah diakses. Salah-salah justru berisiko menyebabkan malfungsi pada airbag, hingga timbul masalah baru lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.