Sukses

11 Jenis Makanan Seafood Sehat, Kaya Omega-3

Seafood sangat baik untuk jantung.

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan seafood punya ragam bentuk dan pilihan. Jenis makanan seafood bisa terdiri dari ikan, kerang, moluska, atau bahkan rumput laut. Anda bisa memilih jenis makanan seafood yang paling sehat.

Jenis makanan seafood ini sangat padat nutrisi dan baik untuk tubuh. Seafood atau makanan laut merupakan sumber asam lemak omega-3, protein, dan mineral penting lainnya. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan otak dan jantung. Omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi jenis makanan seafood dua kali seminggu. Ada banyak jenis makanan seafood yang bisa dikonsumsi. Jenis makanan ini bisa memenuhi nutrisi harian tubuh. Berikut jenis makanan seafood yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Ikan

Salmon

Salmon adalah salah satu ikan paling populer di dunia. Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Ikan ini juga mengandung senyawa astaxanthin. Astaxanthin bermanfaat bagi jantung, otak, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

Mengonsumsi salmon dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dengan meningkatkan kadar lemak omega-3, menurunkan kadar lemak omega-6 dan menurunkan trigliserida.

Sarden

Produk ikan sarden sangat mudah ditemukan dan termasuk dalam makanan siap saji yang kaya nutrisi. Ikan kecil ini dikemas dengan banyak mineral dan vitamin. Ikan ini dapat bermanfaat dalam pencegahan sejumlah penyakit seperti jantung dan kanker.

Asupan lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan sarden baik untuk jantung karena membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aterosklerosis.

3 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Kerang-kerangan

Tiram

Tiram dikemas dengan nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Mereka sangat tinggi vitamin B12, seng, dan tembaga. Tiram adalah sumber protein berkualitas tinggi dan lengkap yang sangat baik. Makanan tinggi protein dapat mendukung kualitas kesehatan yang lebih baik seperti menurunkan berat badan, kontrol gula darah, dan membentuk otot yang kuat.

Karena memiliki antioksidan yang kuat ditambah Vitamin C dan Vitamin E, tiram adalah makanan yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kehadiran selenium, tembaga, besi, seng, fosfor dan kalsium yang ditemukan dalam tiram juga mendukung kepadatan tulang yang lebih kuat.

Kerang Darah

Kerang ini akan berwarna merah jika dibuka cangkangnya. Kerang darah mempunyai dua buah cangkang yang dapat membuka dan menutup. Jenis kerang ini paling banyak ditemukan di pasaran. Kerang darah biasa diolah bersama saus tiram, saus padang, saus tomat atau cukup direbus.

4 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Krustasea

Udang

Udang merupakan makanan favorit banyak orang. Udang sangat rendah kalori, dengan hanya 84 kalori per porsi tiga ons. Ditambah lagi, mereka menyajikan 20 gram protein, zat besi dan seng dalam jumlah tinggi, dan 300 miligram omega-3. Udang mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin, yang telah dipelajari untuk perannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Kepiting

Kepiting rendah kalori dan tinggi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan. Terlalu sedikit lemak sehat ini dapat menyebabkan masalah kulit. Sebaliknya, konsumsi mereka dapat mengurangi laju penyakit kardiovaskular, neurologis, inflamasi dan mata.

5 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Moluska

Cumi-cumi

Cumi-cumi mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk Vitamin B-12, kalium, zat besi, fosfor dan tembaga. Nutrisi esensial ini membantu kinerja dan kesehatan sel darah, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

Cumi-cumi dapat menurunkan kolesterol tinggi, karena dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Setiap 100 gram cumi hanya memiliki kalori sekitar 75-85 kkal. Kandungan merkuri pada cumi-cumi juga termasuk rendah dan tidak berada pada tingkat yang membahayakan, menurut laporan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA).

Gurita

Gurita adalah salah satu jenis makanan laut tersehat. Daging gurita adalah sumber zat besi, kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang baik. Ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A serta beberapa vitamin B dan minyak esensial Omega 3. Gurita adalah bagian makanan yang berharga di negara-negara seperti Jepang, Korea, Singapura, dan beberapa negara Mediterania.

6 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Rumput laut

Nori

Nori merupakan jenis rumput laut yang paling terkenal. Nori berasal dari jenis rumput laut Porphyra yang dikeringkan menjadi bentuk lembaran. Lembaran kering yang sudah jadi dibuat oleh proses penghancuran dan pengeringan di rak yang menyerupai pembuatan kertas. Nori merupakan bahan makanan pokok di Jepang. Rumput laut ini biasa digunakan sebagai pembungkus sushi, onigiri, dan pendamping makanan lainnya.

Rumput Laut Jelly

Rumput laut jelly kerap ditemukan dalam campuran es buah dan es rumput laut. Rumput laut yang memiliki nama latin Eucheuma cottonii ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Rumput laut jelly biasanya berwarna coklat, merah, atau hijau. Bentuknya silindris atau pipih dengan cabang tidak beraturan.

 

 

7 dari 7 halaman

Jenis Makanan Seafood: Telur ikan

Telur ikan rendah kalori dan tinggi asam lemak sehat yang mendukung tubuh dan mengurangi peradangan. Telur ikan mengandung banyak mineral dan nutrisi yang menyehatkan, seperti magnesium, selenium, dan vitamin B-12, meskipun ini sedikit berbeda di antara jenis-jenisnya.

Telur ikan salmon, gurame, dan ikan mas berbentuk bulat dan kecil-kecil yang berkerumun menjadi sebuah kelompok besar. Pada sushi, biasanya telur ikan yang digunakan adalah telur salmon yang berwarna jingga. Telur ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh yang menyehatkan seperti omega-3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.