Sukses

Modernisasi adalah Perubahan Menjadi Lebih Maju, Kenali Syarat dan Dampaknya

Modernisasi adalah hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

Liputan6.com, Jakarta Modernisasi adalah istilah yang sengat relevan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini di seluruh dunia. Hal ini merujuk pada suatu perubahan dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.

Modernisasi adalah hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Modernisasi ini dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari yang tinggal di kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

Modernisasi adalah proses perubahan yang terjadi di masyarakat, yang menyebabkan kehidupan masyarakat bertambah maju. Modernisasi dapat memengaruhi setiap elemen yang ada di masyarakat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021) tentang modernisasi adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Modernisasi adalah

Modernisasi adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu “modernus”. Istilah “modernus” ini berasal dari kata ‘modo’ yaitu cara serta ‘ermus’ yang menunjukan pada periode waktu di masa kini.

Jadi, modernisasi adalah proses perubahan dari suatu hal yang belum maju menjadi lebih maju. Modernisasi adalah proses transformasi menuju kemajuan atau peningkatan dalam berbagai aspek kehidupan yang ada di masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini. Istilah ini diambil dari kata modern, yang berarti sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai tuntutan zaman.

Pengertian modernisasi menurut para ahli

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Sementara itu, Wilbert E Moore \ menyebutkan modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Selanjutnya, menurut J W School, modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya.

3 dari 5 halaman

Syarat Modernisasi

Menurut Soerjono Soekanto ada beberapa syarat-syarat tertentu modernisasi, yaitu:

- Cara berpikir ilmiah (scientific thinking) yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas.

- Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.

- Sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.

- Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.

- Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri.

- Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial (social planning) yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.

4 dari 5 halaman

Dampak Positif Modernisasi

Dampak positif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:

- Perubahan tata nilai dan sikap. Adanya modernisasi di zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.

- Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat masyarakat menjadi lebih mudah beraktivitas. Hal ini juga mendorong untuk berpikir lebih maju. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk masa modernisasi yang terus kian berkembang dan maju di waktu sekarang ini.

- Tingkat kehidupan yang lebih baik. Dibukanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan nilai dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, dan juga merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu perkembangan modernisasi.

5 dari 5 halaman

Dampak Negatif Modernisasi

Dampak negatif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:

- Pola hidup konsumtif. Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

- Sikap Individualis. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

- Gaya hidup kebarat-baratan. Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli tentunya harus diantisipasi.

- Kesenjangan Sosial. Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya. Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan zaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses modernisasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualis.

- Kriminalitas. Hal ini sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi, dan pola hidup yang konsumtif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini