Sukses

10 Manfaat Tidur Siang, Sangat Baik untuk Menjaga Kondisi Tubuh

Walau dilakukan dengan waktu yang singkat, namun banyak sekali manfaat tidur siang yang bisa diperoleh tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh dapat optimal didapatkan apabila dilakukan secara rutin. Namun, tidur siang memang cukup sulit dilakukan terutama bagi orang dewasa yang biasa melakukan aktivitas di siang hari. Maka dari itu, ketika sedang di kantor atau sedang melakukan aktivitas lainnya, Anda bisa menggunakan jeda istirahat di siang hari untuk tidur siang kurang lebih 30 menit.

Tidur siang sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai hal yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Agar manfaat tidur siang tersebut dapat lebih dirasakan oleh tubuh, maka faktor lingkungan sekitar yang Anda gunakan sebagai lokasi untuk tidur siang juga perlu diperhatikan. Lokasi tidur siang yang baik sebenarnya ada di tempat yang minim cahaya dan tenang.

Namun jika itu tidak memungkinkan, terutama jika Anda sedang di tempat kerja, maka Anda bisa tidur di meja kerja dengan bantuan penutup mata dan alat sumpal telinga. Tapi jangan lupa memasang alarm getar ya, agar tidak terlewat jam istirahat siang Anda.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat tidur siang yang bisa didapatkan apabila Anda melakukannya dengan rutin, Selasa (2/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Tidur Siang

1. Mengganti Jam Tidur yang Hilang

Manfaat tidur siang yang pertama yaitu untuk mengganti jam tidur yang hilang pada saat malam hari. Hal ini dapat membantu Anda agar tidak lelah dan tidak mengantuk saat beraktivitas.

Mengingat, pada saat siang hari merupakan jam yang sangat rawan untuk tubuh mulai terasa lemas dan mengantuk. Dengan tidur siang, maka energi akan kembali dan tubuh akan lebih siap untuk beraktivitas kembali secara maksimal.

2. Jadi Lebih Waspada

Berdasarkan studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) pilot yang melakukan tidur siang selama 40 menit ternyata akan lebih waspada. Bahkan, selain menjadi lebih waspada, manfaat tidur siang tersebut yaitu dapat meningkatkan daya konsentrasi. Selain itu, di beberapa penelitian lainnya, menemukan jika tidur siang hari selama 20 menit lebih efektif dampaknya dibandingkan mengonsumsi 200 mg kafein.

3 dari 6 halaman

Manfaat Tidur Siang

3. Meningkatkan Mood

Salah satu zat yang penting dalam mengatur tidur, mengatur suasana hati, dan lain sebagainya, yaitu neurotransmitter serotonin. Zat tersebut juga mampu menimbulkan perasaan puas dan sejahtera. Oleh karena itu dengan melakukan tidur siang maka produksi neurotransmitter serotonin tersebut dapat semakin banyak diproduksi.

4. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat tidur siang yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Alasannya karena melakukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah dan juga memperbaiki sistem kardiovaskular. Ada dua hormon yang tetap menjaga tubuh agar denyut jantung tetap terangsang saat tidur siang, yaitu hormon adrenalin dan non adrenalin.

4 dari 6 halaman

Manfaat Tidur Siang

5. Cegah Diabetes

Saat tubuh terlalu lelah, maka berakibat dalam peningkatan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol tersebut dapat mengakibatkan pada peningkatan intoleransi glukosa dan lemak pada perut. Dan dengan begitu, maka akan ikut dalam melemahkan sistem imun dan juga otot. Oleh karena itu ada baiknya melakukan tidur siang agar hormon kortisol tersebut dapat terjaga dan pada akhirnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes secara berkala.

6. Cegah Penyakit Jantung

Pada studi yang dilakukan ke 23.000 orang Yunani dewasa, menurut The Washington Post, yang dikutip dari Huffington Post menyatakan jika mereka yang tidur siang ternyata memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung yang lebih kecil, di mana hanya sekitar 30 persen. Selain itu, Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute juga mengatakan kepada The Washington Post jika tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan aktivitas sehari-hari.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tidur Siang

7. Meningkatkan Kreativitas

Ternyata kreativitas seseorang dapat meningkat dengan melakukan tidur siang. Memang manfaat tidur siang ini sangat membantu dalam memberi fokus, kewaspadaan, dan juga memori yang baik.

Dampak tersebut secara bekelanjutan justru ikut meningkatkan kreativitas dan juga mampu memberi pola pikir yang baik dalam memecahkan suatu masalah yang membutuhkan pemecahan masalah cukup sulit. Jadi tidak heran apabila di Jepang dan Cina anak sekolah diberi waktu tidur siang ketika jeda istirahat, karena hal tersebut bagus untuk meningkatkan kecerdasan dan kretivitas otak.

8. Meningkatkan Daya Ingat

Umumnya para lansia sangat wajar jika mengalami penurunan kemampuan memori. Pada sebuah studi yang dilakukan Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa tidur siang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak yang berpengaruh pada ingatan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Tidur Siang

9. Meningkatkan Imunitas

Salah satu manfaat tidur siang yang juga baik bagi tubuh yaitu dapat memicu produksi protein antivirus yang dihasilkan sistem imunitas. Selain itu, tidur siang juga mampu mengembalikan kadar hormon serta protein yang dapat membantu melawan stres. Beberapa hal tersebut yang akan membantu tubuh secara otomatis meningkatkan sistem imunitasnya.

10. Meningkatkan Kesabaran

Terdengar sepele mungkin, namun seseorang yang tidak memiliki tingkat kesabaran yang baik akan berpotensi mengalami masalah kesehatan seperti darah tinggi. Sehingga dengan tidur siang, akan membantu seseorang dalam meningkatkan kesabarannya. Beberapa peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, telah melakukan riset pada beberapa orang terkait kesabaran. Ada beberapa orang yang diminta mengerjakan tugas yang memiliki tingkat kesulitan sangat menyebalkan, yaitu dengan menggambar desain geometris pada layar komputer.

Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa para peserta pengujian yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik, sedangkan para peserta yang tidak tidur siang yang hanya mampu bertahan 45 detik saja.

Mungkin waktu tidur siang tersebut cukup sebentar, namun berbagai manfaat tidur siang yang bisa didapatkan ternyata sangatlah banyak dan sayang jika dilewatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini