Sukses

5 Tips Makan Gorengan Agar Tak Terserang Radang Tenggorokan

Ini tips aman makan gorengan agar tak picu radang tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta Gorengan merupakan salah satu makanan ringan yang sangat disukai. Biasanya gorengan dijadikan salah satu menu camilan dalam berbagai kondisi. Namun, perlu diketahui, tak jarang orang yang suka mengonsumsi makanan yang digoreng kerap mengalami radang tenggorokan.

Ya, gorengan menjadi salah satu penyebab dari munculnya radang tenggorokan. Radang tenggorokan memang dapat datang kepan saja, terutama saat kamu makan terlalu banyak makanan yang berminyak seperti gorengan ini. Menggoreng di dalam minyak yang banyak atau deep fry merupakan metode memasak yang umum digunakan.

Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, setidaknya kamu bisa mencegah radang tenggorokan saat mengonsumsi gorengan. Namun, akan tetap lebih baik lagi jika kamu mampu untuk menahan diri dan mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang terbatas.

Nah, agar kamu tidak mudah terjangkit radang tenggorokan ini saat makan gorengan, ada tips aman makan gorengan yang bisa kamu terapkan. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari kanal Klikdokter terkait hal tersebut, Sabtu (1/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membuatnya Sendiri di Rumah

Memang, jajan gorengan di luar sangat menggiurkan. Selain murah dan praktis, jajan gorengan di luar memiliki sensasinya tersendiri. Tapi, alangkah baiknya mulai sekarang untuk membuat camilan favoritmu ini sendiri di rumah.

Ya, dengan membuatnya sendiri di rumah kamu bisa benar-benar memastikan bahwa minyak yang digunakan adalah yang berkualitas. Tentu saja, hal ini akan menghindarkan kamu dari risiko terkena penyakit akibat gorengan, yaitu radang tenggorokan.

Penggunaan minyak yang telah dipakai berkali-kali untuk menggoreng itu mengandung lemak jahat yang dapat dengan cepat menyebabkan radang tenggorokan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunaan minyak goreng untuk menggoreng gorengan ini minyak yang berkualitas, baik itu membelinya di luar atau membuatnya sendiri di rumah.

3 dari 6 halaman

Membuat Adonan Tepung yang Sehat

Kalau kamu sering menggunakan tepung serbaguna untuk menggoreng makanan, sebaiknya jangan lagi melakukannya. Tepung jenis ini memang banyak digunakan karena bisa lengket di makanan dengan sempurna.

Hanya saja pada tepung jenis ini memiliki kandungan gluten di dalamnya, sehingga bisa menyerap banyak minyak. Untuk itu, sebagai alternatifnya kamu bisa membuat adonan tepung dari tepung beras atau tepung jagung.

4 dari 6 halaman

Menambahkan Sayuran

Walupun diolah dengan digoreng, kamu tetap bisa menambahkan banyak sayuran ke dalamnya. Misalnya saja gorengan yang bisa kamu tambahkan dengan beragam sayuran adalah tahu isi dan bakwan. Sayuran yang bisa kamu gunakan adalah wortel, kecambah, kol, daun bawang, seledri, dan lain-lainnya.

5 dari 6 halaman

Gunakan Panas yang Pas

Ternyata, menggunakan temperatur minyak yang pas saat menggoreng makanan bisa membuat gorenganmu jadi lebih sehat. Minyak yang kurang panas bisa menyebabkan makanan menyerap lebih banyak minyak.

Sedangkan minyak yang terlalu panas, justru bisa membuat gorengan cepat hangus atau gosong dan bisa memicu timbulnya zat karsinogen pencetus kanker dan radang tenggorokan.

6 dari 6 halaman

Batasi Jumlah Konsumsi Gorengan

Buat kamu pecinta gorengan, ketahuilah kalau gorengan itu mengandung kolesterol, lemak, dan tinggi kalori. Oleh karena itu, bila kamu terlalu banyak dan sering mengonsumsinya, selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol tinggi, risiko radang tenggorokan juga dapat menimpa kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini