Sukses

6 Cara Menyembuhkan Mata Minus dan Mencegahnya Agar Tak Tambah Parah

Rabun jauh sangat umum tetapi bisa diobati.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan mata minus akan sangat berguna bagi penderita rabun jauh. Mata minus, miopia, atau rabun jauh merupakan kondisi yang membuat seseorang dapat melihat objek di sekitar dengan jelas, tetapi objek yang jauh tampak kabur. Rabun jauh sangat umum tetapi bisa diobati. 

Para peneliti di Brien Holden Vision Institute di Sydney, Australia menemukan perkiraan 1,4 miliar orang di seluruh dunia mengalami rabun jauh pada tahun 2000. Pada tahun 2050, para peneliti memperkirakan angka ini akan melonjak menjadi 4,8 miliar, mempengaruhi 49,8 persen populasi dunia. Ini membuat cara menyembuhkan mata minus penting diketahui.

Cara menyembuhkan mata minus sejak dini dapat mencegahnya bertambah parah. Cara menyembuhkan mata minus bisa dilakukan dengan terapi kacamata dan operasi bedah.

Selain cara menyembuhkan mata minus, penting juga mengetahui cara mencegahnya agar tidak bertambah parah. Berikut cara menyembuhkan mata minus, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(05/04/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kacamata

Mengenakan lensa korektif bisa menjadi cara menyembuhkan mata minus dengan melawan peningkatan kelengkungan kornea atau bertambahnya panjang mata. Ini adalah cara sederhana dan aman untuk mempertajam penglihatan yang disebabkan oleh rabun jauh. Variasi lensa kacamata lebar dan mencakup penglihatan tunggal, bifokal, trifokal, dan multifokal progresif.

Seorang dokter mata akan meresepkan lensa khusus yang memiliki resep yang tepat untuk orang tersebut.

3 dari 9 halaman

Lensa kontak

Lensa kontak adalah cakram bening yang berada di permukaan mata. Seperti kacamata, lensa kontak juga dapat disesuaikan untuk berbagai resep. Lensa ini dikenakan tepat di mata. Mereka tersedia dalam berbagai bahan dan desain, termasuk lunak dan kaku, permeabel gas dalam kombinasi dengan desain bola, toric, dan multifokal. Tanyakan kepada dokter mata tentang pro dan kontra lensa kontak dan apa yang terbaik.

Banyak orang yang tidak menyukai tampilan atau nuansa kacamata akan memilih untuk memiliki lensa kontak, karena ukurannya jauh lebih kecil dan lebih sulit untuk diperhatikan. Namun, lensa kontak perlu diganti dan dibersihkan secara teratur.

4 dari 9 halaman

Operasi LASIK

Laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK) merupakan cara menyembuhkan mata minus yang cukup dikenal. Dengan prosedur ini, ahli bedah mata membuat flap tipis berengsel ke dalam kornea. Dia kemudian menggunakan laser untuk menghilangkan lapisan dalam kornea untuk meratakan bentuk kubahnya. Pemulihan dari operasi LASIK biasanya lebih cepat dan menyebabkan ketidaknyamanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan operasi kornea lainnya.

5 dari 9 halaman

Operasi LASEK

LASEK atau Laser-assisted subepithelial keratectomy merupakan cara menyembuhkan mata minus lainnya. Keratektomi subepitel dengan bantuan laser (LASEK) adalah prosedur bedah laser untuk memperbaiki kesalahan refraksi.

Dokter bedah membuat flap ultra tipis hanya di penutup pelindung luar kornea (epitel). Dia kemudian menggunakan laser untuk membentuk kembali lapisan luar kornea, meratakan lekukannya, dan kemudian menggantikan epitel.

6 dari 9 halaman

Operasi PRK

Photorefractive keratectomy (PRK) mirip dengan LASEK kecuali ahli bedah mengangkat epitel seluruhnya, kemudian menggunakan laser untuk membentuk kembali kornea. Epitel tidak diganti, tetapi akan tumbuh kembali secara alami, mengikuti bentuk baru kornea.

Photorefractive keratectomy (PRK) terdiri dari penerapan energi rentang ultraviolet yang dihasilkan oleh laser excimer argon fluoride (ArF) ke stroma kornea anterior untuk mengubah kelengkungannya dan, dengan demikian, untuk memperbaiki kesalahan refraksi.

7 dari 9 halaman

Orthokeratology

Orang dengan bentuk miopia ringan dapat mengambil manfaat dari proses non-bedah yang disebut ortokeratologi, atau terapi refraksi kornea. Perawatan ini melibatkan penggunaan serangkaian lensa kontak yang kaku untuk membentuk kembali kornea. Lensa ini menekan kornea untuk meratakannya. Ini, pada gilirannya, mengubah cara fokus cahaya saat memasuki mata. Proses ini dapat membantu orang mengalami penglihatan yang jelas untuk sementara. Namun, itu juga membawa risiko infeksi mata.

Dalam prosedur ini, penderita miopia memakai lensa kontak kaku yang dapat menyerap gas selama beberapa jam sehari sampai kelengkungan mata rata. Kemudian ia akan lebih jarang memakai lensa untuk mempertahankan bentuk baru. Jika menghentikan perawatan ini, mata akan kembali ke bentuk semula. Ada bukti bahwa lensa ini memperlambat perpanjangan bola mata rabun jauh, yang mengurangi miopia.

8 dari 9 halaman

Perawatan untuk memperlambat mata minus

Tetes atropin

Tetes atropin topikal biasanya digunakan untuk melebarkan pupil mata, seringkali sebagai bagian dari pemeriksaan mata atau sebelum dan sesudah operasi mata. Tetes mata atropin dalam berbagai dosis juga dapat membantu memperlambat perkembangan rabun jauh. Mekanisme pasti untuk efek ini tidak diketahui.

Menghabiskan waktu di luar ruangan

Menghabiskan waktu di luar ruangan selama masa remaja dan masa dewasa awal dapat menurunkan risiko rabun jauh seumur hidup. Para peneliti berpikir paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dapat mengubah struktur molekul sklera dan kornea serta membantu mempertahankan bentuk normal.

9 dari 9 halaman

Cara mencegah mata minus

Aturan 20-20-20

Ketegangan mata bisa menjadi faktor penyebab mata minus bertambah buruk. Mata manusia tidak seharusnya terpaku pada satu objek untuk waktu yang lama. Jika bekerja di depan komputer sepanjang hari, aturan 20-20-20 dapat membantu mencegah ketegangan mata digital. Untuk menerapkan aturan ini, setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

Periksa mata rutin

Dapatkan pemeriksaan mata dilatasi yang komprehensif setiap beberapa tahun. Lakukan pemeriksaan bahkan jika tidak menyadari adanya masalah. Banyak penyakit mata yang serius tidak menunjukkan gejala yang nyata.

Lindungi mata dari sinar matahari

Kenakan kacamata hitam yang menghalangi radiasi ultraviolet (UV).

Makan makanan sehat

Cobalah makan banyak sayuran berdaun hijau, sayuran dan buah-buahan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa mata mendapat manfaat jika juga memasukkan ikan yang tinggi dalam asam lemak omega-3, seperti tuna dan salmon ke dalam makanan.

Gunakan lensa korektif yang tepat

Lensa yang tepat mengoptimalkan penglihatan. Melakukan tes secara teratur akan memastikan bahwa resep lensa benar. Ada bukti bahwa memakai resep yang terlalu lemah (undercorrecting) dapat meningkatkan perkembangan rabun jauh.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.