Sukses

Gagasan Utama adalah Bentuk Pikiran Utama, Begini Cara Menemukannya

Gagasan utama adalah bentuk pikiran utama yang memuat fakta, ide, informasi, dan pendukung lain.

Liputan6.com, Jakarta Gagasan utama adalah fondasi terpenting dalam sebuah kalimat atau pernyataan. Gagasan utama adalah bentuk pikiran utama yang memuat fakta, ide, informasi, dan pendukung lain, yang menjadi pokok bahasan.

Letak gagasan utama sangat dipengaruhi oleh keberadaan kalimat utama dalam sebuah paragraf. Umumnya gagasan utama adalah di awal kalimat, tetapi tidak menutup kemungkinan gagasan utama ada di tengah atau di akhir kalimat dalam sebuah paragraf.

Tanda dari gagasan utama yang paling kentara adalah pengulangan dalam sebuah paragraf. Gagasan utama memiliki arti yang jelas dan bisa berdiri sendiri dalam kalimat utuh. Mengandung permasalah dan dibentuk tanpa ada kata sambung.

Berikut Liputan6.com ulas gagasan utama adalah bentuk pikiran utama dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian Gagasan

Gagasan adalah hasil pemikiran. Istilah gagasan dapat diartikan sebagai ide dalam sebuah kalimat. Gagasan pun bisa dijelaskan sebagai pemikiran atau usulan yang disampaikan dalam sebuah pernyataan.

Hal ini yang menjadikan gagasan utama adalah bagian dari ide bila merujuk pada kata gagasan. Berdasarkan ungkapan dari Suyono (2004) gagasan merupakan segala yang dilengkapi data, fakta, informasi, dan pendukung lain yang diharapkan bisa memperjeklas dan sekaligus meyakinkan pembaca.

Gagasan memuat banyak hal. Biasanya sebuah gagasan memiliki ide pokok atau pikiran utama dalam sebuah pernyataan. Gagasan utama adalah ide yang dimaksudkan dalam sebuah kalimat, pernyataan, informasi, data, fakta, dan pendukung lainnya.

 

3 dari 7 halaman

Gagasan Utama adalah Bentuk Pikiran Utama

Bila sudah memahami tentang pengertian gagasan, pahami lebih jauh tentang gagasan utama. Gagasan uatama adalah bentuk pikiran utama dalam sebuah pernyataan, kalimat, informasi, data, fakta, dan pendukung lainnya.

Gagasan terdiri dari banyak informasi dan pernyataan. Akan tetapi gagasan utama adalah poin yang paling penting, lalu gagasan yang lain merupakan bentuk penjelas dari gagasan utama dalam sebuah kalimat atau pernyataan.

Peranan gagasan utama adalah memudahkan pembaca memahami sebuah pernyataan, terutama bila pernyataan atau pembahasan itu panjang. Dapat dikatakan bahwa gagasan utama adalah pondasi dalam sebuah kalimat atau paragraf.

4 dari 7 halaman

Letak Gagasan Utama

Gagasan utama adalah umumnya terletak di awal kalimat. Lalu kalimat yang lain berperan sebagai penjelas gagasan utama tersebut. Namun, sebetulnya tidak menutup kemungkinan bila gagasan utama berada di tengah atau akhir kalimat.

Mengetahui letak gagasan utama memang terlihat cukup sepele, seolah semua orang bisa dengan muda menemukannya. Padahal tidak demikian, banyak orang justru merasa kesulitan saat diminta untuk mencari gagasan utama dalam sebuah kalimat atau pernyataan.

Untuk mempermudah menemukan gagasan utama, biasanya pembaca diminta untuk menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu. Kalimat utama secara umum menjadi letak gagasan utama berada.

5 dari 7 halaman

Wujud Kalimat Utama

Ada banyak sekali wujud dari kalimat utama ini. Wujud kalimat utama adalah deduktif, induktif, dan campuran. Berbagai wujud ini pula yang membuat gagasan utama sering kali sulit ditentukan. Untuk memudahkan, ciri-ciri gagasan utama perlu dipelajari juga.

Berikut ciri-ciri gagasan utama:

1. Berupa satu kalimat lengkap dan utuh berdiri sendiri.

2. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.

3. Mengandung topik permasalahan.

4. Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi.

5. Pada paragraph induktif, gagasan pokok ditandai dengan kata-kata kunci seperti, sebagai kesimpulan, yang penting, oleh karena itu, dengan demikian, dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

Cara Menemukan Gagasan Utama

Pada Kalimat Pertama dan Terakhir

Penulis sering kali meletakkan gagasan utama di dalam atau di dekat kalimat pertama atau terakhir paragraf atau artikel. Jadi pisahkan kalimat-kalimat tersebut untuk melihat apakah kalimat tersebut masuk akal sebagai tema keseluruhan dari bagian tersebut.

Hati-hati terkadang penulis akan menggunakan kata-kata seperti tapi, sebaliknya, bagaimanapun, dan lainnya. Ini bisa menunjukkan bahwa kalimat kedua sebenarnya adalah gagasan utama. Jika kamu melihat salah satu dari kata-kata ini yang meniadakan atau memenuhi kalimat pertama, itu adalah petunjuk bahwa kalimat kedua adalah gagasan utamanya.

Identifikasi Topik

Bacalah seluruh bagiannya, kemudian cobalah untuk mengidentifikasi topiknya. Tentang siapa atau apa paragraf itu dibuat.

Rangkum Bacaan

Rangkumlah dengan kata-kata sendiri dalam satu kalimat. Anggaplah hanya memiliki sepuluh hingga dua belas kata untuk memberi tahu seseorang tentang maksud dari paragraf tersebut.

Perhatikan Pengulangan Kata atau Kalimat

Ketika membaca seluruh paragraf dan tidak tahu cara merangkumnya karena terdapat begitu banyak informasi, mulailah mencari kata, frasa, atau ide terkait yang berulang.

Sebuah kata, frasa, atau kalimat yang disebutkan berulang dan sering bisa menjadi gagasan utama atau ide pokok. Selain itu, bacalah kalimat demi kalimat dalam paragraf tersebut dengan cermat. Kemudian pahami inti yang sedang dibahas dalam teks.

Pahami juga kalimat pokoknya, seringkali gagasan utama terletak pada kalimat utama atau kalimat pokok. Jika kalimat utama sudah ketemu, lanjut carilah inti kalimat utama tersebut dengan mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkan gagasan-gagasan utamanya.

7 dari 7 halaman

Contoh Gagasan Utama

Contoh 1:

Jambu biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C.

Dari paragraf di atas, frasa jambu biji lebih sering diulang dan disebutkan. Jadi, gagasan utama dari paragraf di atas adalah tentang jambu biji.

Contoh 2:

Manfaat sawi sangat baik bagi tubuh. Sama seperti semua sayuran hijau, sawi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Mereka juga merupakan sumber serat yang bagus, yang membantu mengatur saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sawi secara historis dikaitkan dengan pencegahan radang sendi, osteoporosis, asma, penyakit paru-paru dan banyak lagi.

Dalam paragraf ini, kalimat pokok atau utama terletak pada awal paragraf. Kalimat utama inilah yang menjadi gagasan utama dalam paragraf tersebut. Paragraf di atas memiliki gagasan utama manfaat sawi. Kalimat-kalimat penjelas diletakkan setelah kalimat utama dalam paragraf ini.

Contoh 3:

Jenderal Khalid bin Walid adalah panglima yang tak pernah kalah sepanjang sejarahnya memimpin prajurit di medan perang. Dia bergelar “ Pedang Allah yang terhunus”. Dalam suatu peperangan ia pernah mengalahkan pasukan tantara Byzantium dengan jumlah pasukan 240.000. Padahal pasukan muslim yang dipimpinnya saat itu hanya berjumlah 46.000 orang. Namun dengan kejeliannya mengatur strategi, pertempuran itu bisa dimenangkannya dengan mudah. Pasukan musuh lari terbirit-birit.

Dari paragraf di atas, termasuk jenis paragraf induktif. Dapat ditarik kesimpulan, gagasan utamanya ada pada awal kalimat. Itu berarti gagasan utamanya adalah Jenderal Khalid bin Walid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.