Sukses

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Sederhana

Cara membuat ruangan kedap suara yang sederhana bisa kamu terapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat ruangan kedap suara yang sederhana bisa kamu terapkan di rumah.  Tidak perlu menggunakan alat peredam suara yang bentuknya menyerupai bantalan busa dan bisa merusak estetika ruangan, kamu bisa mengakalinya dengan cara sederhana. 

Dalam penerapannya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal di ruanganmu, seperti pintu, jendela, lantai, dan tentunya dinding ruangan. Semuanya mungkin perlu kamu ubah atau tambahkan peralatan yang mendukung ruangan menjadi kedap suara.

Cara membuat ruangan kedap suara tidak begitu sulit dipraktikkan. Setidaknya, kamu bisa tenang dan tidak mengganggu orang lain saat ribut di dalam ruangan. Kamu juga bisa menyesuaikan ruangan dengan peralatan yang digunakan agar tetap terlihat enak dipandang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020) tentang cara membuat ruangan kedap suara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Sederhana

Pasang Tirai Suara atau Selimut Tebal

Cara membuat ruangan kedap suara yang pertama adalah dengan memasang tirai suara (sound curtain). Tirai suara yang tebal dapat menyerap suara sehingga tidak mengganggu ke luar ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menyerap sedikit suara dengan memasang selimut tebal di dinding. Jika dinding ruanganmu cukup tebal dan terisolasi, hal ini tentunya akan memberikan sedikit efek tambahan.

Manfaatkan Rak buku

Memanfaatkan rak buku sebagai cara membuat ruangan kedap suara juga bisa dilakukan. Kamu bisa membuat dinding menjadi lebih tebal dan lebih kedap suara hanya dengan menggunakan rak buku. Tutupi dinding dengan rak buku yang diisi buku untuk mendapatkan penghalang suara yang cukup efektif.

Selain itu, kamu tentunya juga akan memiliki perpustakaan yang cantik sebagai bonus tambahan. Kehadiran buku yang bertumpuk di rak buku bermanfaat untuk meredam suara bising di dalam rumah. Namun pastikan jumlah buku di rak tidak renggang, dan cukup padat untuk meredam suara.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Sederhana

Tambahkan Karpet

Cara membuat ruangan kedap suara selanjutnya adalah dengan menambahkan karpet. Memasang karpet tebal di lantai merupakan salah satu cara untuk meredam suara yang cukup efektif. Kamu bisa memasang karpet berjenis rug pad yang kualitas dan bahannya efektif untuk meredam suara. Cara ini juga bisa berguna untuk meredam suara dari dalam ruangan agar tak bocor ke luar.

Mengganti Pintu

Mengganti pintu juga akan sangat berguna sebagai cara membuat ruangan kedap suara yang sederhana. Pintu dengan desain solid lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir. Namun, biasanya harganya cukup mahal.

Kamu juga tetap bisa menggunakan pintu berongga yang normal, namun kemudian kamu harus membuatnya kedap suara dengan menggunakan selimut kedap suara. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa pin dan kenopnya dikencangkan dengan baik agar tidak berantakan dan membuat suara mudah menerobos masuk.

Pasang Door Sweep

Masih berkaitan dengan pintu, kamu bisa memasang door sweep atau bantalan karet seperti sapu yang dipasang di bawah pintu untuk meredam suara. Paku bantalan karet ini di bagian bawah pintu untuk menutup celah. Jika celahnya terlalu lebar untuk ditutup dengan sweep, pasang selembar kayu di bagian bawah pintu terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Sederhana

Perbaiki Jendela

Untuk memastikan suara bising tidak menyelinap melalui sela-sela jendela, kamu juga bisa menggunakan metode Weather stripping atau metode mengisi setiap celah yang ada di jendela atau pintu dengan menggunakan karet khusus.

Kamu juga bisa mengganti setiap jendela dengan kaca tiga panel untuk meredam suara dari luar ruangan.

Pasang Gorden Tebal

Gorden berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Namun, tidak hanya itu,  ternyata gorden juga berfungsi mengurangi suara bising yang hendak masuk ke dalam rumah. Terlebih jika kamu memilih bahan yang terbuat dari tenunan tebal seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol.

Untuk memastikan gorden berfungsi maksimal dalam mengurangi suara, pasang gorden mengelilingi dinding ruangan dan juga jendela.

Selain beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang sederhana tersebut, kamu juga bisa menggunakan cat peredam suara. Cat ini memang diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan sampai 30 persen. Meski masih terdengar langka, kamu juga bisa menggunakannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.