Sukses

Pengertian Database adalah Kumpulan Data dalam Sistem Komputer, Simak Lebih Jauh

Peran utama database adalah memudahkan pengolahan data.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian database adalah berkaitan dengan data, informasi, pengolahan, dan sistem yang bekerja secata sistematis. Secara gamblang, pengertian database adalah sekumpulan data atau informasi yang tersimpan secara sistematis.

Fungsi dari pengertian database adalah menyimpan, mengelola, menghapus, atau mengambil data. Bila disederhanakan, fungsi berdasarkan pengertian database adalah memudahkan seseorang mencari informasi bila dibutuhkan. Fungsi dan peranan database adalah sangat berguna di elemen World Wide Web. 

Wujud dari pengertian database adalah tabel yang terdiri dari kolom (kolom) dan baris (record) di mana setiap kolom berisi atribut tertentu dan setiap baris menampilkan nilai tertentu untuk atribut yang sesuai. Jenis-jenis database adalah lebih kurang ada dua belas termasuk yang terbaru.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang pengertian database adalah kumpulan data dalam sistem komputer, peranan, fungsi, dan jenis-jenisnya dari berbagai sumber, Rabu (28/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian Database adalah Kumpulan Data dalam Sistem

Pengertian database adalah cukup populer di dunia komputerisasi. Secara gamblang, pengertian database adalah sekumpulan data atau informasi yang tersimpan secara sistematis. Nama lain database adalah basis data.

Bila disederhanakan, pengertian database adalah kumpulan data dalam sistem komputer. Melansir dari laman Osf.io, pengertian database adalah kumpulan informasi yang disimpan di komputer secara sistematik sehingga bisa diperiksa menggunakan suatu program komputer.

Dari pemeriksaan inilah nantinya akan diperoleh informasi dari basis data yang mendefinisikan pengertian database adalah kumpulan data tersebut. Wujud dari pengertian database adalah tabel yang terdiri dari kolom (kolom) dan baris (record) di mana setiap kolom berisi atribut tertentu dan setiap baris menampilkan nilai tertentu untuk atribut yang sesuai.

Jumlah kolom dalam satu tabel berdasarkan pengertian database adalah bergantung pada berapa banyak jenis atau kategori informasi yang perlu disimpan dalam database. Sementara jumlah baris yang mendefinisikan pengertian database adalah ditentukan jumlah objek yang harus diperkenalkan dengan record yang dikategorikan.

3 dari 7 halaman

Peranan dari Pengertian Database adalah Menyimpan, Mengelola, Menghapus, atau Mengambil Data

Pada dasarnya dipahami dari pengertian database adalah memiliki misi khusus untuk menyediakan mekanisme yang terorganisir dengan baik. Tidak mengherankan bila data dapat dimanipulasi atau diolah. Peran pengertian database adalah berada di antara elemen struktural terpenting dari World Wide Web

Dalam pengembangan situs web atau aplikasi sekarang, pendekatan dari pengertian database adalah dengan mengatur web dengan menawarkan cara yang cepat dan otomatis. Tujuannya agar informasi dapat disimpan, dikelola, dihapus atau diambil dengan lebih praktis dan aman.

Suatu pengelolaan sistem database adalah dalam dunia IT sering disebut Database Management System (DBMS). Hal ini dapat disederhanakan bahwa pengertian database adalah kumpulan tabel-tabel yang menyimpan data serta informasi.

4 dari 7 halaman

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Toni Fabbri

Pengertian database adalah sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

C.J. Date

Pengertian database adalah kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

Gordon C. Everest

Pengertian database adalah suatu koleksi atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol. Pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

Jogiyanto

Pengertian database adalah kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

Date

Pengertian database adalah sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi. Sistem database adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

S. Atte

Pengertian database adalah sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.

Fabbri dan Schwab

Pengertian database adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.

Chou

Pengertian database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.

5 dari 7 halaman

Fungsi Khusus dari Database

1. Fungsi dari pengertian database adalah menghindari data ganda yang tersimpan. Suatu software DBMS bisa di-setting agar mampu mengenali duplikasi data yang terjadi saat diinput. Hal ini karena sifat database dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna.

2. Fungsi dari pengertian database adalah mempermudah identifikasi data. Pengelompokkan data dapat dilakukan dengan beragam cara seperti membuat tabel yaitu dengan field yang berbeda-beda.

3. Fungsi dari pengertian database adalah mempermudah penggunaan hampir di semua sisi seperti memasukkan data baru, mengupdate, atau bahkan menghapus data yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Fungsi dari pengertian database adalah menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi. Hal ini karena keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer.

5. Fungsi dari pengertian database adalah keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer, database dapat menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi.

6 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Database adalah Ada Dua Belas

Database Relasional

Database relasional dominan dipakai pada 1980-an. Item dalam database relasional diatur sebagai sekumpulan tabel dengan kolom dan baris. Teknologi database relasional menyediakan cara yang paling efisien dan fleksibel untuk mengakses informasi terstruktur.

Database Berorientasi Objek

Informasi dalam pengertian database adalah berorientasi objek direpresentasikan dalam bentuk objek, seperti dalam pemrograman berorientasi objek.

Database Terdistribusi

Berdasarkan pengertian database adalah terdistribusi terdiri dari dua atau lebih file yang terletak di situs berbeda. Database dapat disimpan di beberapa komputer, yang terletak di lokasi fisik yang sama, atau tersebar di jaringan yang berbeda.

Gudang Data

Gudang pusat untuk data, gudang data adalah jenis database yang dirancang khusus untuk kueri dan analisis cepat.

Database NoSQL

NoSQL atau database nonrelasional adalah jenis yang memungkinkan data tidak terstruktur dan semistruktur untuk disimpan dan dimanipulasi. Database NoSQL menjadi populer karena aplikasi web menjadi lebih umum dan lebih kompleks.

Database Grafik

Database grafik menyimpan data dalam bentuk entitas dan hubungan antar entitas.

Database OLTP

Database OLTP adalah database analitik cepat yang dirancang untuk transaksi dalam jumlah besar yang dilakukan oleh banyak pengguna.

Open Source Database

Sistem database open source adalah sistem yang kode sumbernya adalah open source; database tersebut dapat berupa database SQL atau NoSQL.

Database Cloud

Database cloud adalah kumpulan data, baik terstruktur atau tidak terstruktur, yang berada pada platform komputasi cloud pribadi, publik, atau hybrid. Ada dua jenis model database cloud: tradisional dan database sebagai layanan (DBaaS).

Database Multimodel

Database multimodel menggabungkan berbagai jenis model database menjadi satu back end yang terintegrasi. Artinya mereka bisa menampung berbagai tipe data.

Database Dokumen/JSON

Didesain untuk menyimpan, mengambil, dan mengelola informasi berorientasi dokumen, database dokumen adalah cara modern untuk menyimpan data dalam format JSON daripada dalam bentuk baris dan kolom.

Database Self-Driving

Jenis database terbaru dan paling inovatif, database self-driving (juga dikenal sebagai database otonom) berbasis cloud dan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan penyetelan database, keamanan, backup, update, dan tugas manajemen rutin lainnya yang biasanya dilakukan oleh administrator database.

7 dari 7 halaman

Mengenal Istilah DBMS dan SQL

Mengenal DBMS

Komunikasi antara database dan program komputer yang bekerja, dijalankan melalui sistem manajemen database atau database management system (DBMS). Yang terakhir mewakili sekumpulan program perangkat lunak, yang menerima permintaan data dari program aplikasi dan menginstruksikan sistem operasi bagaimana menangani informasi yang diminta.

Proses ini dilakukan melalui berbagai operasi kontrol yang didukung oleh DBMS, seperti mengatur, menyimpan, menghapus, atau mengambil data dalam database. Semua tindakan ini dijalankan melalui perintah SQL tertentu.

Pengguna juga dapat dengan mudah menambahkan kategori atau atribut data baru ke dalam database tanpa menyebabkan gangguan sistem. Sistem manajemen database bekerja dengan semua model database dasar yang tersedia seperti model jaringan dan model relasional.

Karena peran mendasar database dalam menjalankan situs web dinamis, pendekatan database digunakan di hampir setiap situs web baru yang muncul di World Wide Web saat ini.

Di situs web komersial, misalnya, database digunakan untuk menyimpan dan mengelola berbagai data seperti informasi log-in pengunjung, detail pembelian, log pesanan, laporan perusahaan, skema harga, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya dikelola dengan bantuan Perusahaan DBMS yang dimaksudkan untuk menangani data dalam jumlah besar.

Penggunaan database di situs web pribadi juga sangat penting dalam berbagai kasus di mana pembaruan konten rutin diperlukan seperti dalam blogging, atau saat menyiapkan album foto, situs komunitas, dan lain-lain. Di sini, pengelolaan dilakukan melalui Personal DBMS.

Mengenal SQL

Database adalah kumpulan informasi terstruktur yang terorganisir, yang biasanya disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Database biasanya dikendalikan oleh sistem manajemen database (DBMS). Bersama-sama, data dan DBMS, dengan aplikasi yang terkait dengannya, disebut sebagai sistem database, yang sering kali juga disingkat menjadi database saja.

Data paling umum yang beroperasi saat ini dalam tipe database adalah biasanya digambarkan dengan baris dan kolom dalam rangkaian tabel untuk membuat pemrosesan dan kueri data menjadi efisien.

Data tersebut kemudian dapat dengan mudah diakses, dikelola, dimodifikasi, diperbarui, dikontrol, dan diatur. Sebagian besar database menggunakan bahasa kueri terstruktur atau structured query language (SQL) untuk menulis dan membuat kueri data.

SQL sendiri adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh hampir semua database relasional untuk melakukan kueri, memanipulasi, dan mendefinisikan data, serta untuk menyediakan kontrol akses.

SQL pertama kali dikembangkan di IBM pada tahun 1970-an dengan Oracle sebagai kontributor utama, yang menyebabkan penerapan standar SQL ANSI, SQL telah memacu banyak ekstensi dari perusahaan seperti IBM, Oracle, dan Microsoft. Meskipun SQL masih banyak digunakan saat ini, bahasa pemrograman baru juga mulai bermunculan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini