Sukses

Komunikasi Interpersonal Adalah Komunikasi yang Libatkan Dua Individu atau Lebih

Liputan6.com, Jakarta Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya tidak diatur secara formal. Proses komunikasi interpersonal ini menghasilkan umpan balik atau disebut dengan feedback.

Dalam komunikasi interpersonal, umpan balik atau feedback sangat mungkin terjadi. Sebab jenis komunikasi ini memungkinkan komunikator dan komunikan saling mengirimkan pesan serta menerima pesan secara bergantian.

Dengan demikian, komunikasi interpersonal disebut juga komunikasi antarpribadi. Komunikasi interpersonal ini terjalin antara dua orang atau lebih, baik dilakukan dalam bentuk verbal maupun nonverbal.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai pengertian komunikasi interpersonal menurut para ahli beserta fungsi, ciri-ciri, dan unsur-unsurnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat sejumlah pendapat lain mengenai pengertian komunikasi interpersonal menurut para ahli, antara lain:

Dean Barnlund

Komunikasi interpersonal adalah sebuah proses komunikasi yang menyangkut paut kan orang lain. Komunikasi interpersonal akan terjadi saat melakukan interaksi yang berfokus dengan isyarat verbal serta nonverbal dan saling berbalas. Bila tidak ada proses pertukaran verbal maupun nonverbal maka hal tersebut tidak bisa dikatakan sebagai proses komunikasi antarpribadi.

Joseph Devito

Komunikasi interpersonal adalah sebagai proses pengiriman serta penerimaan pesan pada dua orang, maupun kelompok kecil orang yang memberikan efek umpan balik.

Efendi

Komunikasi interpersonal adalah sebuah komunikasi yang bisa terjadi pada dua orang serta melakukan percakapan. Dalam kontak tersebut dapat bertatap muka maupun melalui telepon sehingga dapat menimbulkan timbal balik.

Wayne Pace

Komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi antara dua orang atau lebih secara tatap muka, yang memungkinkan komunikator menyampaikan pesan secara langsung, dan komunikan menanggapinya pada saat yang bersamaan.

Deddy Mulyana

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antarmanusia secara tatap muka, yang memungkinkan pesertanya menangkap reaksi orang lain dengan langsung, baik secara verbal maupun nonverbal.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Komunikasi Interpersonal

Terdapat beberapa ciri-ciri komunikasi interpersonal, antara lain:

1. Bahasa yang digunakan bisa formal dan informal.

2. Memakai media tertentu misal telepon, ponsel, dan e-mail.

3. Dilakukan dua orang atau lebih.

4. Bersifat terbuka dan komunikatif.

4 dari 5 halaman

Fungsi Komunikasi Interpersonal

Menurut Afi Parnawi, komunikasi interpersonal punya dua fungsi utama, yakni fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan. Berikut ini rinciannya:

1. Fungsi Sosial

Komunikasi interpersonal punya fungsi sosial karena proses komunikasinya terjadi dalam konteks sosial, yang mana antarindividu di dalamnya saling berinteraksi satu sama lain. Fungsi ini menekankan bahwa manusia berkomunikasi untuk memenuhi kewajiban sosial, mengembangkan hubungan timbal balik, meningkatkan dan merawat mutu diri, serta menangani atau menghindari konflik.

2. Fungsi Pengambilan Keputusan

Komunikasi interpersonal punya fungsi pengambilan keputusan karena manusia punya kemampuan untuk mengambil sebuah keputusan yang dianggapnya tepat. Fungsi ini menegaskan bahwa manusia berkomunikasi untuk berbagi informasi sebagai bahan pengambilan keputusan, serta memengaruhi orang lain. Karena melalui komunikasi, persetujuan dan kerja sama sangat menentukan pengambilan keputusan.

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Komunikasi Interpersonal

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur komunikasi inpersonal adalah:

1. Pemberi Pesan

Unsur-unsur komunikasi interpesonal yang pertama adalah pemberi pesan. Orang yang ingin menyampaikan pesan dengan maksud menyampaikan informasi dan ide kepada orang lain dikenal sebagai pengirim atau komunikator.

2. Pesan

Pesan merupakan ide-ide dan perasaan yang dibagi antara pengirim dan penerima. Inti dari sebuah peristiwa komunikasi adalah pesan, suatu maksud atau gagasan yang ingin disampaikan. Faktor yang mempengaruhi suatu pesan diterima adalah kejelasan, kesiapan penerima, kompleksitas, panjangnya pesan, dan informasi yang terorganisir. Ide-ide dan perasaan dikomunikasikan jika ide atau gagasan itu dipresentasikan dengan simbol-simbol. Simbol terdiri dari dua, yaitu simbol verbal dan nonverbal. Simbol verbal bersifat terbatas dan kompleks, sedangkan simbol nonverbal dapat berupa ekspresi wajah, gestikulasi, postur tubuh, tekanan suara, penampilan dan lain-lain.

3. Umpan balik

Unsur-unsur komunikasi interpersonal yang lainnya adalah umpan balik atau feedback. Umpan balik adalah proses untuk memastikan bahwa penerima telah menerima pesan dan memahami dalam pengertian yang sama seperti yang dimaksudkan pengirim.

4. Penerima

Unsur-unsur komunikasi interpersonal yang selanjutnya adalah penerima. Penerima adalah orang yang menerima pesan atau untuk siapa pesan tersebut dimaksudkan. Penerimalah yang mencoba memahami pesan dengan cara sebaik mungkin dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Saluran Komunikasi

Unsur-unsur komunikasi interpersonal yang selanjutnya adalah saluran komunikasi. Orang yang tertarik untuk berkomunikasi harus memilih saluran untuk mengirimkan informasi yang diperlukan, ide, dll. Informasi ini dikirimkan ke penerima melalui saluran tertentu yang dapat berupa formal atau informal.

6. Gangguan

Gangguan adalah segala sesuatu yang mengganggu komunikasi, termasuk sikap dan emosi penerima dan pemberi pesan. Stres, cemas, sikap-sikap negatif dan motivasi rendah merupakan faktor yang mempengaruhi gangguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.