Sukses

8 Manfaat Serum untuk Wajah, Pahami Jenis dan Cara Tepat Menggunakannya

Manfaat serum untuk wajah juga terbukti bisa mencegah jerawat, mencerahkan kulit, dan banyak manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat serum untuk wajah yang paling utama adalah ahlinya menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam. Serum merupakan produk kecantikan yang sifatnya cair dengan kandungan antioksidan dan peptida. Manfaat serum untuk wajah tak perlu diragukan karena skincare ini mampu menembus ke dalam kulit dengan sempurna, inilah yang membedakan serum dengan produk lainnya. 

Dr Navin Taneja ketua dari National Skin Center melansir dari laman timesofindia.indiatimes.com mengatakan karena perawatan berkonsentrasi tinggi ini mengandung bahan bernutrisi tinggi, semuanya dapat membantu mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit. Tidak hanya itu manfaat serum untuk wajah juga terbukti bisa mencegah jerawat, mencerahkan kulit, dan banyak manfaat lain.

 

Salah satu serum untuk membuat kulit glowing yang dapat digunakan semua jenis kulit adalah Vit. C & Peptides Brightening Serum dari ERHA TRUWHITE. The First Serum for Multi Glowing Skin ini merupakan serum lokal pertama mengandung formula anti-breakout dengan campuran Vitamin C & Salicylic Acid sehingga dapat digunakan untuk acne prone skin.

Vit. C & Peptides Brightening Serum dari ERHA TRUWHITE juga dapat mengurangi flek hitam pada wajah, memiliki 10% Vitamin C stabil dan optimal yang dapat membantu kulit wajah menjadi glowing dan menjaga elastisitas kulit. 

Selain itu, dengan New Advance technology active brightening ingredients, kandungan tersebut dapat mencerahkan kulit lebih efektif, keratolytic dan comedolytic salicylic acid di dalamnya juga berperan sebagai sebum control serta anti inflamasi dan anti bacterial.

Moisturizer yang terdapat di dalamnya juga dapat menjaga kulit dari dehidrasi, menghidrasi kulit, menjaga elastisitas kulit, memberikan efek halus pada kulit, melembapkan kulit dengan cara mempertahankan kadar air dalam kulit hingga 1000 kali, dan sebagai anti-inflamasi serta memberikan efek menenangkan pada kulit.

Last but not least, kandungan soothing agent-nya juga dapat mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh inflamasi, melindungi kulit dari radikal bebas, dan efektif menenangkan kulit iritasi ringan dari paparan sinar matahari atau kulit yang sensitif.

Dengan semua kandungan yang ada pada Vit. C & Peptides Brightening Serum dari ERHA TRUWHITE yang multifungsi, kamu bisa mendapatkan kulit yang MULTI-GLOWING dan efektif dalam mencerahkan kulit secara merata, mengurangi flek hitam, menjaga pori-pori agar tetap bersih, sekaligus menghidrasi kulit dengan hasil yang instan karena sudah teruji klinis mencerahkan kulit wajah dalam 7 hari.

Penasaran dengan cara menerapkan serum ke wajah? Pahami penggunaan produk kecantikan seperti serum adalah termasuk bagian dari langkah kelima dalam rutinitas perawatan kulit. Tepatnya setelah pembersihan, toner, ekfoliasi, dan essence. Saat menggunakan produk perawatan kulit, yang harus diingat adalah di mulai dari formula yang paling ringan ke yang paling tebal.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat serum untuk wajah dan cara tepat menggunakannya dari berbagai sumber, Jumat (25/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Serum

Serum adalah cairan yang diperkaya bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang mampu menembus ke dalam kulit untuk memelihara dan meremajakannya. Produk serum yang ringan dengan satu atau dua pompa cukup untuk diaplikasikan ke seluruh wajah.

Tekstur yang ringan menjadikan serum sangat efisien diserap kulit. Tingkat resapannya jelas lebih baik daripada produk perawatan kulit dengan konsistensi pekat seperti krim pelembap. Kualitas serum juga menjadikannya produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

Ada banyak jenis serum di pasaran untuk berbagai masalah kulit. Serum awalnya berbahan dasar air, tetapi saat ini juga ada yang berbasis minyak. Hal ini berarti serum tidak hanya untuk pemilik kulit kering, namun juga berminyak.

3 dari 5 halaman

Manfaat Serum untuk Wajah

1. Menghidrasi

Manfaat serum untuk wajah adalah untuk membantu menghidrasi kulit. Hidrasi adalah salah satu komponen kunci dalam hal menjaga kecantikan kulit. Kandungan seperti vitamin E, vitamin C, dan hyaluronic acid dalam serum dapat memberikan manfaat serum untuk wajah seperti kelembapan yang signifikan, membantu kulit tetap segar, tampak muda, dan sehat.

2. Menyamarkan Garis Halus

Manfaat serum untuk wajah mampu membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Seiring bertambahnya usia, kulit secara normal akan mulai terlihat rusak atau menurun kinerjanya. Tak hanya bagi wanita berkepala tiga, tetapi manfaat serum untuk wajah ini baik bagi anak muda juga. Bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid dapat membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan dan membuat manfaat serum untuk wajah dapat diandalan.

3. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat serum untuk wajah bisa membantu menghaluskan dan meratakan tekstur yang terdapat pada kulit. Bahan-bahan seperti hyaluronic acid, vitamin C, dan peptidalah yang membuat manfaat serum untuk wajah dapat membantu menghaluskan dan meratakan tekstur pada kulit wajah. Manfaat serum untuk wajah ini cocok bagi yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat.

4. Memberikan Perlindungan Antioksidan

Manfaat serum untuk wajah bisa membantu memberikan perlindungan antioksidan. Antioksidan melawan stres lingkungan yang sebenarnya dapat mempercepat proses penuaan. Manfaat serum untuk wajah dengan perlindungan antioksidan bisa ditemukan dalam vitamin E, vitamin C, retinol, hyaluronic acid, dan peptida yang semuanya dapat membantu memberikan perlindungan jangka panjang untuk wajah cantik Anda.

5. Kulit Awet Muda

Manfaat serum untuk wajah dapat membantu memberikan tampilan yang awet muda. Saat kulit mampu mempertahankan kelembapannya, manfaat serum untuk wajah akan membuat kulit terlihat plumpy dan awet muda alami. Untuk mempertahankan manfaat serum untuk wajah dalam jangka panjang, vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid dapat membantu.

6. Meminimalkan Flek Hitam

Manfaat serum untuk wajah dapat membantu meminimalkan kemunculan flek hitam. Flek hitam memang dapat mengganggu tampilan kulit secara keseluruhan. Namun tak perlu khawatir, karena manfaat serum untuk wajah dengan bahan-bahan seperti vitamin E, vitamin C, dan retinol dapat membantu memudarkan tampilan flek hitam dan meratakan warna kulit.

7. Melindungi dari Sinar Matahari dan Polusi

Manfaat serum untuk wajah pun baik melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Keduanya adalah sumber masalah bagi kulit bukan? Nah, manfaat serum untuk wajah mampu diandalkan mencegah pigmentasi kulit dan aneka macam alergi akibat paparan sinar matahari. Tak cuma itu, manfaat serum untuk wajah ini cocok digunakan bagi wanita yang mayoritas aktivitasnya di luar ruangan karena paparan polusi udara tak akan mengganggu kesehatan kulitmu!

8. Mengurangi Minyak Berlebih

Manfaat serum untuk wajah yang terakhir bisa mengontrol minyak berlebih loh. Ini cocok banget buat pemilik kulit wajah berminyak, makeup jadi enggak mudah luntur! Kabar baiknya lagi, manfaat serum untuk wajah dengan mengontrol produksi minyak berlebih ini sekaligus mampu mencegah masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Serum

Penggunaan serum secara tepat tak mustahil akan memberikan hasil yang mengesankan pada kulit. Berikut cara menggunakan serum yang benar untuk memperoleh kulit sehat dan terawat.

1. Cuci wajah menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

2. Pastikan tak ada bekas make up atau noda yang masih menempel pada wajah.

3. Gosok secara perlahan hingga wajah terasa bersih.

4. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air dan handuk bersih hingga kering kembali.

5. Langkah selanjutnya yakni menggunakan serum.

6. Pastikan telapak tangan dalam keadaan bersih dan steril sehingga tak mengundang bakteri penyebab kerusakan kulit dan lain sebagainya.

7. Ambil sedikit serum dan letakkan pada telapak tangan.

8. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh wajah secara merata.

9. Gosokkan serum secara perlahan pada wajah sembari sedikit dipijat agar terserap maksimal hingga pori-pori kulit.

10. Gerakan memijat tersebut dapat berupa memutar menggunakan ujung jari telunjuk dan tengah dengan lembut.

11. Setelah selesai, tepuk-tepuk secara perlahan kulit wajah yang telah diberi serum agar meresap ke dalam pori-pori dengan cepat.

12. Langkah terakhir, aplikasikan produk perawatan wajah lainnya.

Pengguna dapat mengaplikasikan produk seperti essence, pelembap, sunblock, make up, dan lain sebagainya setelah menggunakan serum secara merata pada wajah.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Serum

Secara umum, serum memiliki dua jenis yang berbeda. Hal ini tak lain dibedakan berdasarkan komposisi bahan utamanya yang diracik di dalam serum.

Pertama, serum memiliki kandungan utama berupa air. Jenis serum yang satu ini merupakan produk utama sejak hingga dikenal luas oleh para pengguna setianya. Serum berbahan dasar air dikenal ampuh untuk merawat kulit yang bersifat kering.

Tak hanya berbahan dasar air, kini serum semakin diinovasikan dengan bahan utama lainnya yaitu berupa minyak. Secara umum, serum berbasis minyak tersebut digunakan untuk para penggunanya yang memiliki masalah kulit berminyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.