Sukses

5 Cara Mengatur Margin di Word 2010, Mudah Banget

Margin adalah jarak antara tepi kertas dan teks.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatur margin di Word 2010 tidaklah sulit. Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang banyak digunakan. Sejak awal kemunculannya pada 1983 silam, Microsoft Word sudah mengeluarkan banyak seri.

Seri Microsoft Word yang kini banyak digunakan adalah Microsoft Word 2007, 2010, dan 2019. Ketiganya punya tampilan yang berbeda. Biasanya, pengaturan di tiap seri Microsoft Word bisa berbeda satu sama lain. Ini termasuk cara mengatur margin di Word 2010.

Cara mengatur margin di Word 2010 punya perbedaan dari Word 2019 maupun 2007. Perbedaan cara mengatur margin di Word 2010 mungkin hanya sedikit dan cukup mudah dipahami. Cara mengatur margin di Word 2010 mungkin hanya memiliki antar muka yang berbeda dan adanya fitur tambahan dari seri terdahulunya.

Cara mengatur margin di Word 2010 dapat dengan mudah dipahami. Berikut cara mengatur margin di Word 2010 dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal margin

Margin adalah area kosong di sekitar tepi dokumen. Margin adalah jarak antara tepi kertas dan teks. Kamu dapat menyesuaikan margin kanan, kiri, atas, dan bawah dokumen.

Meskipun teks dan objek lain biasanya disisipkan ke dalam area yang dapat dicetak di dalam margin, beberapa item sebenarnya dapat ditempatkan di margin misalnya, nomor halaman, header, dan footer.

Secara default, Word mengatur semua margin kiri, kanan, atas, dan bawah menjadi 1 inci. Kamu dapat mengustomisasi atau memilih pengaturan margin yang sudah ditentukan sebelumnya. Cara mengatur margin di Word 2010 bisa dilakukan untuk menyetting halaman yang berhadapan, memungkinkan ruang margin ekstra, dan mengubah pengukuran margin.

Cara mengatur margin di Word 2010 yang paling dasar adalah klik Page Layout > Page Setup > Margins.

3 dari 7 halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 sesuai pengaturan yang sudah ada

1. Di tab Page Layout, dalam grup Page Setup, pilih Margin dan galeri Margin akan muncul.

2. Pilih tipe margin yang ingin kamu terapkan. Jika dokumen berisi beberapa bagian, tipe margin baru hanya akan diterapkan pada bagian saat ini. Untuk menerapkan tipe margin baru ke beberapa bagian, pastikan untuk memilihnya lagu.

3. Buat pengaturan margin barumu sebagai default untuk Templatmu. Setiap dokumen baru berdasarkan Templat tersebut akan secara otomatis menggunakan pengaturan margin baru.

Caranya Pilih Margin setelah memilih margin baru, kemudian pilih Custom Margins. Dalam kotak dialog Page Setup, pilih Set As Default.

4 dari 7 halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 dengan ukuran sendiri

1. Di tab Page Layout, dalam grup Page Setup, pilih Margin dan galeri Margin akan muncul.

2. Di bagian bawah galeri Margin, pilih Custom Margins.

3. Dalam kotak dialog Page Setup, masukkan ukuran baru untuk margin tersebut.

Ubah margin untuk bagian dokumen dengan memilih teks dan memasukkan margin baru dalam kotak dialog Page Setup. Dalam kotak Apply to, klik Selected text. Microsoft Word menyisipkan Hentian bagian sebelum dan sesudah teks dengan pengaturan margin baru secara otomatis.

Sebagian besar printer memerlukan lebar minimum untuk pengaturan margin. Jika pengaturan terlalu sempit, Microsoft Word menampilkan pesan berbunyi "One or more margins are set outside the printable area of the page". Klik Fix untuk secara otomatis menambah lebar margin. Jika kamu mengabaikan pesan tersebut, Word akan menampilkan pesan lain yang menanyakan apakah kamu ingin melanjutkan.

Pengaturan margin minimum untuk pencetakan tergantung pada printer, driver printer, dan ukuran kertas. Untuk mempelajari tentang pengaturan minimum, periksa panduan printermu.

5 dari 7 halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 untuk halaman berhadapan

Gunakan mirror margins untuk menyiapkan halaman berhadapan di dokumen dengan dua sisi, seperti buku atau majalah. Ketika memilih mirror margins, margin di halaman kiri merupakan cerminan dari halaman kanan. Margin di dalam adalah lebar yang sama, dan margin luar adalah lebar yang sama.

Cukup pergi ke Page Layout > Margins > Mirrored. Untuk mengubah lebar margin, klik Custom Margins di bagian bawah galeri Margin. Masukkan ukuran baru di kotak Inside dan Outside.

6 dari 7 halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 menambahkan gutter

Margin Gutter menambahkan spasi ekstra ke margin samping, margin atas, atau margin dalam dokumen yang ingin kamu ikat untuk membantu memastikan bahwa teks tidak dikaburkan dengan penjilidan.

Untuk mengatur margin gutter:

1. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Margins.

2. Klik Custom Margins.

3. Di kotak Gutter, masukkan lebar untuk margin gutter.

4. Di kotak Gutter position, klik Left atau Top.

Kotak PGutter position tidak tersedia ketika kamu menggunakan Margin cermin, Mirror margins, 2 pages per sheet, or Book fold pada Word. Untuk opsi-opsi di atas, posisi tepian ditentukan secara otomatis.

7 dari 7 halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 menampilkan margin halaman

Cara mengatur margin di Word 2010 selanjutnya adalah menampilkan margin halaman. Word dapat menampilkan garis di dokumen untuk mewakili batas teks. Berikut caranya:

1. Pada tab File, klik Options.

2. Klik Advanced, lalu pilih kotak centang Show text boundaries di bawah Show document content.

3. Margin halaman akan muncul di dokumen sebagai garis putus-putus.

Kamu dapat menampilkan margin halaman dalam tampilan Print Layout view atau tampilan Web Layout view, dan batas teks tidak akan muncul di halaman yang dicetak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini